ATM BRI Saldo Minus, Ini Penyebab dan Solusinya

ATM BRI Saldo Minus, Ini Penyebab dan Solusinya | Layar ATM menampilkan Saldo Minus, jangan panik, itu terjadi karena berbagai sebab di antaranya Sobat Ilmu memanfaatkan fitur transfer terjadwal, fitur pembayaran autodebet dan karena adanya penarikan data harian oleh Bank BRI.

Saldo minus tidak menyebabkan saldo rekening Sobat Ilmu berkurang, hanya saja tampilnya Saldo Minus sebagai pengingat bahwa Sobat Ilmu memiliki kewajiban yang belum dipenuhi.

Agar tidak mengalami kebingungan yang berkepanjangan, alangkah lebih baiknya Sobat Ilmu membaca artikel ini hingga tuntas, karena artikel ini akan mengulas secara detail terkait penyebab dan solusi untuk mengatasi Rekening Saldo Minus. Berikut ulasannya:

Saldo Minus Di Sebabkan Autodebet Kredit BRI

Saldo Minus

Biasanya Saldo Minus disebabkan karena adanya fasilitas pembiayaan Sobat Ilmu di Bank BRI yang pembayaran angsuranya menggunakan sistem Autodebet.

Istilah lain Autodebet adalah pendebetan otomatis, yang dimana saldo yang tersedia di Rekenig akaann terpotong otomatis oleh sistem Bank BRI sesuai tanggal jatuh tempo angsuran.

Jadi, ketika dana yang tersedia di Rekening Sobat Ilmu tidak tersedia sesuai dengan jumlah angsuran, maka saldo anda akan minus.

Saldo Minus Di Sebabkan Autodebet Pinjaman Online

Industri jasa keuangan merupakan salah satu industri yang memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan bisnisnya, diantaranya adalah menghadirkan aplikasi pinjaman online.

Hadirnya aplikasi pinjaman online di anggap sebagai alternatif baru bagi Sobat Ilmu yang ingin mendapatkan pinjaman, sebab hanya melalui HP Sobat Ilmu dapat memperoleh dana pinjaman dengan mudah tanpa mengunjungi lagi kantor cabang pemberi pinjaman.

Keren nya lagi, pinjaman online atau yang biasa disebut pinjol ini kebanyakan tidak mewajibkan pemohon untuk memberikan Agunan sebagai objek jaminan.

Nah, untuk meminimalisir nasabah gagal bayar, maka pihak pinjol menerapkan sistem Autodebet dalam pembayaran angsuran.

Pembayaran angsuran akan didebet secara otomatis pada rekening Bank yang terdaftar di sistem pinjol sesuai tanggal jatuh tempo angsuran pinjaman.

Oleh karena itu, disarankan Sobat Ilmu untuk memastikan ketersediaan saldo di Rekening, jika tidak maka akan menyebabkan saldo rekening anda menjadi minus.

Saldo Minus Di Sebabkan Autodebet Premi Asuransi

Beragam manfaat yang diperoleh jika Sobat ilmu ikut menjadi peserta asuransi, secara garis besar asuransi terdiri dari asuransi jiwa, asuransi kebakaran, asuransi penjaminan dan asuransi kerusakan.

Asuransi jiwa mengcover ketika Sobat Ilmu meninggal dunia, asuransi kebakaran mengcover bangunan yang mengalami kebakaran, asuransi penjaminan, menjamin penjaminan untuk sementara waktu terhadap pembiayaan yang telah berstatus kolektibilitas, dan asuransi kerusakan biasa mengcover kerusakan kendaraan.

Dari beberapa jenis asuransi di atas, ada yang menerapkan pembayaran premi lunas di awal  dan ada juga di bayar perbulan, pembayaran perbulan di bagi dua yaitu sistem autodebet dan tidak.

Jika Sobat ilmu memilih pembayaran premi dengan sistem autodebet dari rekening, maka sobat ilmu harus menyiapkan saldo di Rekening sesuai dengan nominal pembayaran premi, jika tidak maka saldo rekening anda akan mengalami Saldo Minus.

Saldo Minus Di Sebabkan Transfer Terjadwal

Transfer terjadwal merupakan fitur yang tersedia di internet banking dan mobile banking Bank BRI, dengan fitur ini Sobat Ilmu dapat mentransfer sejumlah uang ke satu rekening atau lebih sesuai nominal dan tanggal yang telah di atur.

Tentunya transfer terjadwal menerapkan sistem autodebet, oleh karenanya Sobat Ilmu harus memastikan dana direkening sumber pendebetan harus tersedia, jika tidak bisa menyebabkan saldo rekening menjadi minus.

Saldo Minus Di Sebabkan Adanya Penarikan Data Harian

Selain yang disebabkan oleh pendebetan otomatis angsuran pinjaman, pinjaman online, pembayaran premi asuransi dan transfer terjadwal, penyebab lainnya adalah karena adanya penarikan data harian oleh Bank BRI.

Proses penarikan ini memungkinkan saldo rekening Sobat ilmu menjadi minus, kejadian ini tidak berlangsung lama dan tidak menyebabkan saldo rekening Sobat Ilmu berkurang, Silahkan lakukan transaksi kembali secara berkala 3 jam kedepan.

Solusi Saldo Minus ATM BRI

Apabila Sobat Ilmu mengalami pengalaman Saldo Rekeningnya Minus, yang harus dilakukan adalah memastikan kembali apakah Sobat Ilmu memiliki fasilitas pinjaman Autodebet asuransi Autodebet atau transfer terjadwal.

Jika ia, maka Sobat Ilmu harus melakukan penyetoran pada rekening sesuai nominal Saldo Minus dan di tambah dengan saldo mengendap, besaran Saldo mengendap tergantung dari jenis Rekening yang Sobat Ilmu miliki.

Jika tidak, kemungkinan pada saat Sobat Ilmu melakukan transaksi di ATM, Bank BRI sedang melakukan penarikan data harian, biasanya proses penarikan data akan berlangsung selama 3 jam kedepan, silahkan melakukan transaksi secara berkala.

Baca Juga: Ini Arti Saldo Tidak Mencukupi Di ATM BRI, Padahal Saldo Tersedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel