Cara Mengurus Kartu ATM Mandiri kadaluarsa

Kartu ATM Mandiri terdiri dari 2 jenis yaitu berbasis Magnetic Stripe dan berbasis Chip, kedua jenis kartu ini tentunya memiliki masa kadaluarsa.

Sesuai surat edaran dari Bank Indonesia pertanggal 30 Desember 2015  dengan No.17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip kartu yang diterbitkan di Indonesia.

Maka kartu ATM mandiri berbasis Magnetic Stripe harus di ganti ke kartu ATM Mandiri chip, jadwal pergantian kartu ATM Mandiri Magnetic Stripe terjadwal sesuai dengan masa kadaluarsa dari kartu ATM Mandiri Magnetic Stripe.

Seperti yang dirilis oleh situs resmi bankmandiri.co.id bahwa jadwal pemblokiran kartu ATM Mandiri Stripe dibagi menjadi 3 tahap yaitu:

Tahap 1: Untuk kartu ATM Mandiri Magnetic Stripe yang memiliki masa aktif dari Tahun 2021 - 2022 akan diblokir otomatis pada tanggal 1 April 2021.

Tahap 2: Untuk kartu ATM Mandiri Magnetic Stripe yang memiliki masa aktif dari Tahun 2023 - 2025 akan diblokir otomatis pada tanggal 1 Juni 2021.

Tahap 3: Untuk kartu ATM Mandiri Magnetic Stripe yang memiliki masa aktif dari Tahun 2026 - 2030 akan diblokir otomatis pada tanggal 1 Juli 2021.

Nah, bagi kalian yang belum melakukan pergantian KARTU ATM MANDIRI MAGNETIC STRIPE KE KARTU ATM MANDIRI CHIP segera lakukan pergantian, jika tidak maka KARTU ATM MANDIRI TIDAK BISA DIGUNAKAN lagi.

Oleh karena kartu ATM Mandiri Magnetic Stripe kedepannya tidak digunakan lagi, maka yang kita bahas pada ulasan ini adalah Kartu ATM Mandiri chip kadaluarsa, berikut ulasannya:

PENYEBAB KARTU ATM MANDIRI KADALUARSA

Bank Mandiri

Penyebabnya tiada lain dan tiada bukan karena masa berlakunya telah habis.

MASA BERLAKU KARTU ATM MANDIRI

Sama seperti kartu ATM pada umumnya, masa berlaku kartu ATM Mandiri selama 5 tahun.

CARA MENGETAHUI TANGGAL KADALUARSA KARTU ATM MANDIRI

Untuk mengetahui tanggal kadaluarsa kartu ATM Mandiri, kalian dapat melihatnya langsung di fisik kartu ATM Mandiri, namun yang tertera hanya Bulan dan Tahun saja dengan keterangan VALID THRU 04/23. perhatikan lingkaran pada contoh gambar kartu ATM Mandiri

Bank mandiri

Karena kartu ATM Mandiri diatas telah berjenis chip maka tidak perlu di ganti lagi seperti yang dibahas di awal.

Ciri-ciri kartu ATM Mandiri berjenis Chip di fisiknya terdapat gambar berbentuk chip, seperti yang dilingkari pada gambar di bawah ini:

Bank mandiri

SYARAT GANTI KARTU ATM MANDIRI KADALUARSA

Persyaratan untuk mengurus kartu ATM Mandiri kadaluarsa adalah kalian harus menyiapkan Buku Rekening, Kartu ATM yang kadaluarsa dan E KTP.

BIAYA GANTI KARTU ATM MANDIRI KADALUARSA

Jika kalian ganti setelah Bulan dan Tahun Kadaluarsa kartu ATM Mandiri maka dikenakan biaya admin ganti kartu sekitar Rp. 15.000, itupun tergantung dari jenis kartu yang kalian miliki, jika di ganti sebelum Bulan dan Tahun kadaluarsa, maka tidak dikenakan biaya pergantian alias gratis.

CARA MENGURUS KARTU ATM MANDIRI KADALUARSA

Silakan berkunjung di Cabang Bank Mandiri, Baiknya di Cabang pembukaan awal rekening di jam dan hari kerja Bank Mandiri dengan membawa kartu ATM Mandiri kadaluarsa, Buku Tabungan (jika saat pembukaan awal rekening dilengkapi dengan buku tabungan), E KTP dan dana biaya pergantian kartu ATM kadaluarsa sekitar Rp.15.000.

Sampaikan ke Security-nya bahwa kalian ingin mengganti kartu ATM kadaluarsa dan securty mengarahkan kalian untuk ambil nomor antrian Costumer Service.

Silahkan sabar menunggu jika terdapat antrian di Costumer Service dan jika antrian kosong langsung saja ke Costumer Service.

Sampaikan ke Costumer Service bahwa kalian ingin mengganti kartu ATM mandiri Kadaluarsa dan serahkan semua syarat yang kalian siapkan.

Costumer Service akan melakukan verifikasi identitas diri kalian, jika sesuai yang tercatat dengan di sistem Bank Mandiri, maka Costumer Service akan menerbitkan kartu ATM Mandiri baru dengan masa aktif Tahun kedepan.

Kalian mendapatkan kartu ATM dan segera lakukan pergantian PIN di ATM atau EDC, jika belum paham untuk mengganti PIN, kalian dapat meminta bantuan kepada securty.

Harap pada saat ganti PIN baru tidak diketahui oleh orang lain, termasuk securty yang membantu kalian, disarankan untuk membuat kombinasi PIN dengan angka yang susah ditebak oleh orang lain, seperti sederajat angka yang sama, yang mengandung tanggal lahir dan yang mengandung nomor telepon.

Setelah PIN kartu ATM Mandiri telah berhasil di ganti, harap di hafal dan tidak disarankan untuk di catatan di HP atau media lain yang mudah diketahui oleh orang lain.

Artikel Membantu Lainnya:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel