5 Penyebab ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan: Keterangan Error & Solusi

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kartu ATM merupakan fasilitas pelengkap bagi kalian membuka rekening di suatu Bank, begitupun juga jika kalian membuka rekening di Bank Mandiri.

Tentunya kehadiran Kartu ATM Mandiri bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi secara online melalui ATM center Bank Mandiri dan Bank lain di seluruh Indonesia.

Namun di saat-saat tertentu kartu ATM Mandiri malah tidak dapat digunakan, kira-kira apa penyebabnya?.

Nah, untuk itu ulasan ini mencoba menjelaskan tentang penyebab, Keterangan Error yang di tampilkan di layar ATM serta solusi yang dari Error tersebut dan dilengkapi juga biaya pergantian kartu ATM yang tidak dapat digunakan. Berikut ulasannya:

1. ATM MANDIRI GANGGUAN

Bank Mandiri

Penyebab pertama ATM Mandir tidak bisa digunakan adalah karena Jaringan ATM Mandiri sedang gangguan, terkait gangguan ini, banyak sekali pencarian di google dengan kata kunci ATM mandiri gangguan hari ini, ATM Mandiri gangguan hari ini 2021, ATM Mandiri gangguan sampai kapan, ATM mandiri error hari ini, ATM Mandiri error hari ini 2021 dan ATM Mandiri error sampai kapan.

Apabila jaringan ATM gangguan atau error biasanya layar ATM Mandiri menampilkan keterangan error 'Transaksi Tidak Dapat Diproses".

Nah, solusi untuk ATM Mandiri gangguan, kalian dapat mencoba transaksi di ATM Bank lain yang menggunakan jaringan yang berbeda dengan jaringan ATM Mandiri dan untuk memastikan bahwa jaringan ATM Mandiri benar-benar gangguan kalian dapat mengubungi Bank Mandiri di Call Center 14000 atau mengunjungi Bank Mandiri terdekat.

2. ATM MANDIRI RUSAK

Penyebab kedua ATM Mandiri tidak dapat digunakan untuk bertransaksi adalah kerena faktor Mesin ATM rusak atau Kartu ATMnya.

Dari sisi mesin ATM rusak biasanya terdapat pengumuman di pintu mesin ATM bahwa mesin ATM sedang offline. Sedangkan dari sisi kartu disebabkan kerena kartu ATM Mandiri patah, pita magnetic tergores, Chip rusak dan kartu ATM bengkong.

Sama halnya dengan jaringan ATM Mandiri gangguan, jika kartu ATM Mandiri rusak maka layar ATM menampilkan 'Transaksi Tidak Dapat Diproses".

Solusi untuk kartu ATM Mandiri rusak, kalian harus menggantinya dengan kartu ATM yang baru, dengan cara mengunjungi kartu ATM Mandiri rusak, Buku Tabungan E KTP dan biaya pergantian kartu ATM Mandiri rusak sekitar RP. 15.000.

3. KARTU ATM MANDIRI KADALUARSA

Kartu debit Mandiri kadaluarsa merupakan penyebab ketiga dari ATM Mandiri tidak bisa digunakan, jika kartu ATM Mandiri rusak maka tidak bisa digunakan untuk transfer, tarik tunai, cek saldo dan transaksi lainnya dan biasanya layar ATM Mandiri menampilkan keterangan error 'Transaksi Tidak Dapat Diproses".

Solusi untuk kartu ATM Mandiri kadaluarsa adalah kalian harus menggantinya dengan kartu debit Mandiri yang baru, silahkan kunjungi kantor Bank Mandiri dan jangan lupa   membawa kartu ATM Kadaluarsa, Buku rekening, E KTP dan biaya ganti kartu ATM Mandiri sekitar Rp. 15.000, namun jika kalian menggantinya sebelum tanggal kadaluarsa tidak dikenakan biaya pergantian kartu.

4. REKENING MANDIRI PASIF/TIDAK AKTIF

Apabila rekening Mandiri kalian telah berstatus pasif maupun tidak aktif, maka seluruh layanan E Channel Mandiri tidak dapat digunakan termasuk kartu debit Mandiri.

Untuk diketahui gejala ini bukan dari sisi kartu ATMnya tapi dari sisi rekening. rekening tidak aktif ditandai dengan tampilan error dilayar ATM dengan keterangan 'ATM Tidak Di Izinkan'.

Penyebab rekening tidak aktif bermula dari rekening mandiri pasif terlebih dahulu, karena tidak pernah di isi atau bertransaksi maka rekening Mandiri terblokir secara sistem.

Apakah rekening Mandiri terblokir/tidak aktif masih menerima transfer?, tentu saja tidak bisa, karena rekening terblokir/tidak aktif tidak menerima transfer sebelum kalian mengaktifkan kembali di CS cabang Mandiri.

5. KARTU ATM MANDIRI TERBLOKIR

Kartu ATM terblokir merupakan penyebab juga kartu ATM Mandiri tidak dapat digunakan, umumnya kartu ATM terblokir terjadi karena 2 hal yaitu kesalahan dari pengguna itu sendiri dan di blokir oleh sistem Bank Mandiri.

Di Blokir karena kesalahan pengguna sendiri disebabkan karena salah memasukkan PIN kartu ATM Mandiri 3 kali berturut-turut ataukah sengaja di blokir karena kartu ATM hilang atau PIN terindikasi diketahui oleh orang lain.

Nah, apabila kartu ATM Mandiri terblokir, apakah bisa menerima transferan?, tentunya masih bisa menerima, seandainya rekeningnya yang terblokir itu baru tidak bisa menerima transferan.

Gejalanya jika kartu ATM Mandiri terblokir adalah saat dimasukkan di mesin ATM, kartu ATM Mandiri langsung keluar sendiri.

Solusi untuk Kartu ATM Mandiri terblokir, kalian dapat melakukan pergantian kartu ATM di cabang Bank Mandiri dengan membawa membawa Kartu (jika terblokir oleh sistem Bank Mandiri, Buku Tabungan, E KTP, jika kartu ATM terblokir karena hilang, kalian di wajibkan untuk menyiapkan Surat Keterangan Hilang dari kepolisian. Untuk biaya pergantian kartu ATM Mandiri terblokir, kalian sipakan saja dana sekitar Rp. 15.000

Demikianlah ulasan terkait penyebab kartu ATM mandiri tidak bisa digunakan, jika dalam ulasan belum menyajikan informasi yang kalian cari, Silahkan kunjungi Bank Mandiri terdekat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Artikel Membantu Lainnya:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel