Iklan Dibawah Header Navigasi Horizontal

Buku Tabungan Rusak, Begini Cara Mengatasinya


Buku Tabungan Rusak, Begini Cara Mengatasinya | Bagi sahabat ilmu yang melakukan pembukaan rekening di Bank, pasti di berikan buku tabungan sebagai tanda bahwa sahabat ilmu adalah nasabah penabung pada Bank tersebut.

Pada bagian sampul, bagian dalam buku tabungan tertera nomor rekening, nama, alamat, nomor identitas, dan Customer information file (CIF).

Nomor rekening sebagai nomor transaksi yang di gunakan pada saat transfer dan menabung.
Tabungan rusak
Nama merupakan nama pemilik dari tabungan.

Alamat merupakan alamat korespondensi pemilik tabungan.

Nomor identitas merupakan nomor KTP pemilik buku tabungan.

Costumer information file (CIF) merupakan nomor data diri pada Bank yang hanya di miliki oleh satu nasabah satu nomor CIF, walaupun sahabat ilmu memiliki beberapa rekening pada Bank tersebut.

Pada lembar pertama dan seterusnya tertera informasi nominal mutasi transaksi baik debit maupun kredit.

Oleh karena memuat informasi saldo dan data diri pemilik nya, maka buku rekening tidak dapat di pindah tangan kan, bahkan pada saat melakukan transaksi di kantor Bank sekalipun tidak dapat di wakili oleh siapapun.

Penggunaan buku tabungan tidak terkalahkan oleh adanya digitalisasi perbankan, meskipun telah tersedia Rekening koran online pada internet banking dan mobile banking nasabah tetap menggunakan buku tabungan sebagai media transaksi perbankan.

Buku tabungan dapat memudahkan pemilik nya untuk melihat mutasi transaksi sehingga memudahkan dalam melakukan pencatatan keuangan.

Biasanya buku rekening sebagai dokumen pelengkap ketika sahabat ilmu ingin mengajukan pembiyaan di bank maupun leasing, buku tabungan tersebut sebagai data pendukung pihak Bank maupun leasing dalam melakukan analisa pembiyaan.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan Buku tabungan rusak di antaranya, sering di simpan di saku celana, terkena cairan dan hal-hal lain yang membuat buku tabungan rusak.

Lalu bagaimana mengatasi buku tabungan rusak?, bagaimana cara mengganti nya?, Mengganti dapat di wakili atau tidak?, Berapa biaya pergantian nya?.

Rentetan pertanyaan di atas sering sekali di tanyakan oleh pemilik buku tabungan yang mengalami buku tabungan nya rusak, oleh sebab itu dalam ulasan ini akan di bahas cara mengatasinya.

Perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi buku rekening rusak.

✓ Jika sahabat ilmu mengalami buku tabungan rusak, jangan panik, sahabat ilmu dapat menggantinya dengan buku tabungan yang baru.

✓ Sebelum berkunjung ke kantor Bank, sahabat ilmu terlebih dahulu menyiapkan buku tabungan, KTP dan uang sebesar 5 ribu sampai 15 ribu sebagai biaya pergantian buku rekening.

✓ Berkunjung lah di kantor Bank terkait yang tidak jauh dengan tempat domisili sahabat ilmu.

✓ Sampaikan ke securty bahwa sahabat ilmu ingin melakukan pergantian Buku tabungan yang telah rusak, securty akan menyarankan anda untuk mengambil nomor antrian menuju costumer service Bank terkait.

✓ Harap menunggu nomor antrian sahabat ilmu di panggil oleh customer service, jika tidak terdapat nomor antrian sebelum anda, maka sahabat ilmu di persilahkan langsung menuju counter customer service.

✓ Sampaikan ke costumer service bahwa sahabat ilmu ingin melakukan pergantian Buku Rekening yang telah rusak, sambil memberikan buku rekening tersebut ke costumer Service.

✓ Costumer service akan meminta KTP dan menyodorkan form pergantian Buku rekening ke anda untuk anda isi, silahkan form tersebut di isi lalu di tandatangani.

✓ Oleh karena Buku tabungan rusak atas kesalahan nasabah sendiri, maka sahabat ilmu akan dimintai biaya pergantian buku tabungan sekitar 5 sampai 15 ribu, tergantung dari kebijakan masing-masing Bank.

✓ Apabila semua proses pergantian Buku tabungan telah dilakukan oleh costumer service, maka costumer service akan menyerahkan buku tabungan baru anda.

✓ Sahabat ilmu boleh meminta costumer service untuk melakukan print ulang mutasi rekening anda, jika sahabat ilmu tidak menginginkan nya, maka tidak perlu dilakukan print mutasi.

Kini sahabat ilmu telah mendapatkan buku rekening baru, jika sahabat ilmu mengalami permasalahan lain seperti Buku tabungan hilang, cara mengatasi nya hampir sama dengan cara mengatasi buku rekening rusak, namun untuk mengatasi buku rekening hilang di butuhkan surat keterangan hilang dari kantor kepolisian. Demikian lah cara mengatasi buku rekening yang rusak, semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Kartu ATM terblokir, Kartu ATM Patah, Kartu ATM Tertelan dan Kartu ATM Hilang
3 Cara Mengatasi Kartu ATM Disable Dengan Mudah
7 Masalah Kartu ATM Serta Cara Mengatasinya

Iklan Atas Artikel Persegi

Iklan Tengah Artikel 1 Persegi

Iklan Tengah Artikel 2 Persegi

Iklan Bawah Artikel Horizontal