3 Cara Mengatasi Kartu ATM Disable Dengan Mudah


3 Cara Mengatasi Kartu ATM Disable Dengan Mudah | Membahas tentang masalah kartu ATM, seperti nya tidak ada habisnya, mulai dari masalah kartu ATM patah, kartu ATM hilang hingga kartu ATM disable, Gejala dan ciri-ciri kartu ATM disable hampir sama dengan gejala kartu ATM yang terblokir.

Terkadang yang membedakan antara kartu ATM terblokir dan kartu ATM disble hanya dari segi pemberitahuan di layar monitor mesin ATM saja, ada yang menampilkan pemberitahuan kartu ATM tidak terdaftar, kartu ATM terblokir dan kartu ATM disable, hal ini tergantung dari pemberitahuan setiap Bank penerbit kartu ATM maupun mesin ATM yang berbeda.

Tentang masalah kartu ATM disable penulis telah melakukan eksperimen dengan menggunakan berbagai macam kartu ATM, gejala dan cara mengatasinya hampir sama semua.

ATM Disable

Atas dasar pengalaman tersebut, penulis mencoba menjawab satu persatu pertanyaan dari sahabat ilmu yang telah mengajukan pertanyaan melalui WhatsApp, berikut ragam pertanyaan serta jawabannya:

Apakah ATM disable bisa transfer uang antar Bank?

Ketika kartu ATM berstatus disable, maka tidak dapat melakukan transfer ke rekening sesama bank maupun rekening antar Bank.

Apakah ATM disable bisa transfer uang lewat mobile banking?

Sahabat ilmu masih dapat melakukan transfer menggunakan mobile banking, sebab yang disable adalah kartu ATM bukan PIN Mobile banking.

Apakah  ATM disable bisa transfer uang melalui teller?

Tentu sahabat Ilmu tetap dapat melakukan transfer melalui teller Bank, karna rekening tabungan sahabat masih aktif dan masih dapat menerima dan mengirim saldo, yang disable adalah fungsi kartu ATM.

Apakah kartu ATM disable bisa transfer uang tanpa kartu?

Untuk melakukan transfer uang tanpa kartu sahabat ilmu menggunakan mobile banking bukan menggunakan kartu ATM, dengan menginput kode yang di dapat dari mobile banking sahabat ilmu dapat menarik uang, jadi sahabat Ilmu masih dapat menarik uang tanpa kartu walaupun kartu ATM disable.

Kesimpulan nya adalah sahabat ilmu masih dapat melakukan transfer dan tarik tunai atau transaksi finansial lain nya melalui mobile banking, melalui teller, melaui fitur tarik tanpa kartu, yang tidak bisa sahabat lakukan adalah melakukan transfer dan tarik tunai serta transaksi finansial lain nya menggunakan kartu ATM pada EDC maupun mesin ATM.

Lalu bagaimana cara mengatasi kartu ATM disable? Untuk mengatasi kartu ATM disable cukup lah mudah, sahabat ilmu dapat melakukan dengan cara menghubungi Call center Bank, datang langsung ke kantor bank, melalui internet banking dan melalui mobile banking.

Pada artikel ini akan mengulas tentang Cara Mengatasi Kartu ATM Disable Bank BRI Syariah dan Bank BRI Konvensional, agar gampang di pahami maka akan di bahas satu persatu.

Cara Mengatasi Kartu ATM Disable BRI Syariah

Apabila Sobat ilmu merupakan Nasabah dari Bank Bri Syariah dan mendapatkan pengalaman Kartu ATM nya Disable, maka Sobat Ilmu dapat mengatasinya dengan 3 cara mudah seperti yang di jelaskan di bawah ini:

1. Cara Mengatasi Kartu ATM disable melalui Call center Bri Syariah.
  • Sebelum melakukan menelpon terlebih dahulu  siapkan dokumen data diri, kartu ATM dan buku rekening.
  • Carilah nomor call center Bank penerbit kartu ATM, sahabat bisa mencarinya di google search dengan cara mengetik kata kunci, 'Call Center Bank BRI Syariah'.
  • Pada saat petugas bank melakukan verifikasi data, jawablah sesuai data yang telah terdaftar di sistem bank terkait, biasanya petugas bank akan menanyakan, nama ibu kandung, nomor HP, alamat, tanggal lahir dan lain sebagainya.
  • Apabila jawaban sahabat sesuai dengan data yang terdaftar di sistem bank, maka petugas bank akan membantu sahabat untuk melakukan enable kartu ATM, apabila tidak maka sahabat akan di arahkan untuk mengunjungi kantor Bank terdekat.
2. Cara Mengatasi Kartu ATM disable melalui Kantor Cabang Bank Bri Syariah
  • Siapakan dokumen identitas diri, kartu ATM, buku rekening.
  • Ambil antrian CS, lalu menunggu panggilan
  • Cs akan membantu menyelesaikan kartu ATM Disable sahabat.
Cara 1 dan 2 sebenarnya tidak perlu  dilakukan apabila sahabat Ilmu memiliki mobile banking yang sesuai dengan kartu ATM nya, misalkan sahabat memiliki kartu ATM BRI Syariah dan memiliki mobile banking BRI Syariah (Bris Online), untuk mengatasi masalah Kartu ATM disable cukup di lakukan melalui mobile banking.

3. Cara Mengatasi Kartu ATM disable melalui Mobile Banking (Bris Online)


  • Buka aplikasi Bris Online, Pilih Akun, Pilih Manajemen Kartu.

ATM Disable

  • Pilih kartu yang di blokir,
  • Pilih Buka Blokir
  • Masukkan PIN, Pilih Kirim
  • Buka Blokir Berhasil
ATM Disable

Gampangkan cara mengatasi kartu ATM disable dari Bank BRI Syariah, selanjutnya adalah pembahasan Cara Mengatasi Kartu ATM disable Bank Bri Konvensional.

Cara Mengatasi Kartu ATM Disable BRI Konvensional

Kartu ATM Bri disable  disebabkan berbagai alasan seperti, Nasabah melaporkan agar Kartu ATM nya di Blokir dan Bank BRI melakukan disable/blokir secara otomatis terkait adanya indikasi pencurian data ATM oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Pencurian data ATM biasa di kenal dengan istilah Skimming, demi keamanan nasabah, maka Bank Bri melakukan disable/blokir Kartu ATM, sehingga pada saat nasabah melakukan transaksi mendapatkan status Kartu ATM disable.

Jangan panik, Sobat Ilmu dapat melakukan enable/aktifkan kembali kartu ATM nya dengan memilih salah satu cara di bawah ini:

1. Cara Mengatasi Kartu ATM Disable Melalui Call Center BRI

Silahkan menghubungi Bank BRI di Nomor 1500 017, Petugas Bank BRI akan melakukan verifikasi data, seperti menanyakan Nama lengkap, nama Ibu Kandung, Nomor HP dan Alamat, jawablah sesui data yang terdaftar di sistem Bank BRI.

2. Cara Mengatasi Kartu ATM Disable Melalui Internet Banking BRI Versi Website

  • Akses Link https://ib.bri.co.id/
  • Pilih Menu Pelayanan Nasabah.
  • Pilih Enable Kartu.

3. Cara Mengatasi Kartu ATM Disable Melalui Internet Banking Versi Aplikasi

  • Pilih Menu Pelayanan.
  • Pilih Enable/Disable Kartu.
  • Pilih Enable atas Nomor Rekening yang di pilih.

4. Cara Mengatasi Kartu ATM Disable Melalui Call BRI Mobile/BRImo

  • Pilih Menu Pelayanan Nasabah.
  • Enable Kartu ATM.
  • Masukkan PIN.

5. Cara Mengatasi Kartu ATM Disable Melalui SMS Banking Versi Plain Teks


  • Ketik HELP (spasi) KARTU  (spasi) ON  (spasi) PIN Kirim ke 3300

Setelah Sobat Ilmu berhasil Enable atau mengaktifkan kembali kartu ATM BRI nya, silahkan melakukan pergantian PIN di mesin ATM BRI terdekat, dengan kombinasi PIN yang mudah di ingat tapi susah di tebak oleh orang lain.

Itulah pembahasan tentang Cara mengatasi kartu ATM BRI dan BRI Syariah, apabila pembahasan dalam artikel ini bermanfaat, silahkan Bagikan Artikel ini dengan cara Klik Tombol Facebook, Twitter, Patch dan WhatsApp.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel