Iklan Dibawah Header Navigasi Horizontal

7 Masalah Kartu ATM Serta Cara Mengatasinya


7 Masalah Kartu  ATM Serta Cara Mengatasinya - Hampir semua orang telah, memiliki kartu ATM, mulai dari yang muda hingga yang tua, jumlah kartu ATM yang dimilikinya pun beragam mulai dari 1 kartu ATM hingga 10 kartu ATM bahkan ada yang memiliki lebih dari itu.

Memiliki kartu ATM sangat memudahkan bagi kita untuk melakukan transaksi keuangan tanpa mengunjungi kantor cabang Bank, terutama ketika hari libur, kita bisa melakukan transaksi, seperti setor tunai, tarik tunai, transfer, cek saldo bahkan melakukan pembayaran tagihan dan pembelian.

Dengan menggunakan kartu ATM kita dapat melakukan pembelian pulsa, paket data, token listrik dan lain sebagainya.
ATM Terblokir
Selain memudahkan kita, kartu ATM juga rentan memiliki masalah, masalah biasa terjadi dikarenakan jaringan eror maupun kesalahan yang dilakukan oleh pemilik kartu ATM itu sendiri.

Contoh masalah yang di sebabkan oleh eror jaringan, seperti pada saat  melakukan penarikan tunai, uang nya tidak keluar padahal saldo kita tersedia, gagal transfer, bahkan tiba-tiba kartu ATM keluar dengan sendirinya dengan keterangan kartu ATM telah kadaluarsa, jangan panik hal itu biasa terjadi dan anda dapat mencoba nya lagi beberapa jam kemudian.

Masalah lainnya adalah PIN kartu ATM terblokir, masalah ini biasanya terjadi karena kesalahan yang dilakukan oleh pemilik sendiri, yaitu salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut, apa bila hal itu terjadi jangan panik, anda bisa mencoba nya lagi ke esokan harinya.

Silahkan pulang dengan tenang dan coba ingat kembali PIN ATM nya serta periksa kembali catatan di HP maupun di buku catatan anda, apabila masih ada, silahkan mencobanya kembali.

Lalu bagaimana kalau kita tetap tidak mengingat lagi PIN nya, mari kita sama-sama mengulasnya dari masalah 1 hinga masalah yang ke 7.

1. Cara Mengatasi PIN ATM Terblokir Tanpa Ke Bank

Apabila anda tidak mengingat lagi PIN ATM, bahkan catatan di HP maupun di buku tidak di temukan, anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Cari nomor call center Bank penerbit kartu ATM, anda bisa mencari nya di internet, tempat mesin ATM dan Buku rekening Bank terkait, contoh call center Bank BRI Syariah 1500-789 atau 021-3450226, Call center Bank BRI 14017 atau 1500017-, call center Bank BNI 1500046, call center Bank BNI Syariah 1500046 , Call center Bank Mandiri 14000, Call center Bank Mandiri Syariah 14040, call center Bank BTN 1500286, Call center Bank BTN Syariah 1500286, Call center Bank BCA 1500888, call center Bank BCA Syariah 1500888, Call center Bank Sinarmas 1500153 dan Call center Bank Sinarmas syariah 15000153.

Langkah 2: Siapkan kartu ATM, dan sebutkan nomor kartu ATM apabila di tanyakan oleh petugas bank terkait.

Langkah 3: Siapkan Buku rekening, sebutkan nomor rekening anda dengan benar ketika di tanyakan oleh petugas bank terkait.

Langkah 4: Siapkan e-KTP, sebutkan dengan benar nomor e-KTP anda.

Langkah 5: Siapkan nomor HP anda, catat di kertas atau media lainnya kalau tidak menghafalnya, sehingga memudahkan anda menyebutnya.

Nomor kartu ATM, nomor rekening, nomor e-KTP, nomor Hp harus sesuai dengan yang terdaftar pada sistem bank terkait, apa bila tidak sesuai maka pembukaan blokir kartu ATM anda tidak dapat di proses, maka anda harus melakukannya di kantor cabang Bank terkait.

2. Cara Mengatasi PIN ATM Terblokir Di Kantor Cabang Bank

Langkah 1: Berkunjung langsung ke kantor cabang Bank terkait yang terdekat dengan anda, tidak mesti anda mendatangi kantor cabang Bank waktu permata kalinya anda melakukan pembukaan rekening, anda bisa mendatangi kantor cabang Bank yang paling dekat anda, asalkan masih kantor cabang Bank yang sama.

Langkah 2: Bawalah dokumen yang di perlukan, seperti buku tabungan, kartu ATM, e-KTP dan nomor HP, apa bila ada data anda yang tidak sesuai dengan data yang ada di sistem bank, maka petugas bank akan memperbarui nya terlebih dahulu, supaya memudahkan anda kedepannya untuk melakukan pembukaan blokir melaui Call center.

Langkah 3: Isi form buka blokir yang telah di sediakan oleh customer service, apa bila ada data anda yang harus di perbarui, maka anda harus mengisi form pembaharuan data.
Setelah proses semua nya telah selesai anda akan mendapatkan nomor PIN standar dari Bank, silahkan di ganti dengan PIN yang mudah anda ingat, hindari membuat PIN dari angka ganda seperti 777777 atau PIN dari tanggal lahir.

Untuk mengganti PIN anda bisa menggunakan mesin EDC yang tersedia di meja customer service atau anda bisa menggunakan mesin ATM Bank terkait, apabila anda kurang paham untuk mengganti PIN ATM, silahkan meminta bantuan pada customer service atau securty.

3. Jika ATM Sudah Terblokir Selama 6 Bulan, Bagaimana Cara Mengurus nya?

Seberapa lama pun PIN kartu ATM kita terblokir, tentunya masih bisa di perbaiki, asalkan kartu ATM, buku rekening, e-KTP dan nomor HP masih sesuai dengan data yang terdaftar di sistem Bank, dengan cara menghubungi Call center Bank terkait, caranya seperti pada Poin 1. Apabila tidak dapat di proses melalui Call center Bank, anda bisa mengikuti cara seperti yang sudah di jelaskan pada poin 2.

4. ATM Terblokir, Buku Rekening Di Luar Kota, Apakah Saya Bisa Mengurus Di Hari Itu Juga?

Tentu kita dapat mengurus nya di hari yang sama bahkan pada jam yang sama, anda bisa menghubungi call center Bank penerbit kartu ATM anda, caranya ikuti Point 1, untuk buku rekening anda di luar kota, anda bisa meminta bantuan keluarga anda untuk mengirim gambar melaui email atau media sosial lainnya.

5. Apakah Bisa Di Wakili Oleh Orang Lain Untuk Membuka PIN ATM Yang Terblokir?

PIN ATM bersifat rahasia, oleh karena itu untuk mengurus nya tidak bisa di wakili oleh siapapun, bahkan melalui call center tidak bisa di wakili, misalkan pemilik ATM berjenis kelamin perempuan dan yang menelpon berjenis pria, tentu petugas Call center tidak dapat memproses nya. Hal itu dilakukan demi perlindungan data perbankan anda.

6. PIN ATM dan PIN Mobile Banking Tiba-Tiba Terblokir Setelah Dipinjam Teman, Bagaimana Solusinya?

Penyebab PIN ATM maupun PIN Mobile anda terblokir setelah di pinjam oleh teman anda, kemungkinan hal itu terjadi di sebabkan kerena:
  • Teman anda salah memasukkan PIN ATM anda  3 kali berturut-turut.
  • Anda salah menginformasikan PIN ATM ke teman anda
  • Teman anda mengganti PIN ATM anda tanpa sepengetahuan anda sendiri.

Sebaiknya anda tidak mudah memberitahukan PIN ATM anda kepada siapapun, termasuk teman anda, sebab itu sangat merugikan anda.

7. Jika PIN Kartu ATM Terblokir,  Apakah Saldo Masih Bisa Di Ambil?

Dengan terblokir nya PIN kartu ATM anda, tentu saldo anda tetap ada dan anda masih bisa mengambil nya, cara mengambil nya anda harus ke kantor Bank terkait dengan membawa buku rekening dan e-KTP KTP.

Semoga bermanfaat bagi anda yang pernah mengalami seperti 7 Masalah Kartu  ATM di atas dan mudah-mudahan anda memahami Cara Mengatasinya.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel Persegi

Iklan Tengah Artikel 1 Persegi

Iklan Tengah Artikel 2 Persegi

Iklan Bawah Artikel Horizontal