Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Kartu ATM Mandiri Lama Dengan Yang Baru 2021: Magnetic Ke Chip

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Halooo Sobat Ilmu. Kali ini Portal Ilmu mengulas tentang informasi yang lagi hangat di perbincangkan oleh masyarakat luas yaitu mengenai diharuskannya mengganti kartu ATM lama (Magnetic} ke kartu ATM mandiri baru (debit chip).

Keharusan mengganti Kartu ATM Mandiri dengan Chip berdasarkan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor. 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan PIN untuk Kartu ATM yang diterbitkan di Indonesia.

Jadi kewajiban untuk mengganti kartu ATM ke chip bukan hanya diperuntukan bagi pemilik kartu ATM Mandiri saja, pemilik kartu ATM dari Bank lainpun diwajibkan untuk mengganti kartu ATM Magnetic ke Kartu ATM Chip.

Hanya saja jadwal pergantian kartu ATM lama ke kartu ATM baru ditentukan oleh masing-masing masing Bank itu sendiri.

Nah, jika pemilik kartu ATM Mandiri Magnetic tidak melakukan pergantian kartu ATM Mandiri ke debit chip sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka kartu ATM Magnetic akan terblokir, efeknya kartu ATM Mandiri lama tidak bisa digunakan sama sekali termasuk untuk pergantian password login mandiri online.

Agar tidak gagal paham tentang prosesi pergantian kartu ATM Mandiri ke debit chip ini, maka ulasan ini dianggap perlu hadir sebagai bahan referensi bagi yang membutuhkannya, berikut ulasannya:

1. TUJUAN MENGGANTI KARTU ATM LAMA KE ATM BARU

Mandiri

Mengganti kartu ATM Mandiri ke Chip bertujuan untuk meningkat kemanan bertransaksi, baik dari sisi nasabah maupun Bank itu sendiri, karena kartu ATM berbasis chip relatif lebih aman dibanding dengan kartu ATM berbasis magnetic, mengingat resiko pencurian data nasabah atau transaksi skimming semakin marak terjadi.

2. JADWAL BLOKIR KARTU ATM MANDIRI MAGNETIC

Jika pemilik kartu ATM Mandiri lama/Magnetic tidak melakukan pergantian ke kartu ATM Mandiri debit Chip, maka Bank Mandiri akan melakukan pemblokiran sesuai kriteria masa kadaluarsa kartu ATM magnetic sebagai berikut:

Gambar Tabel: bankmandiri.co.id

Harap periksa masa kadaluarsa kartu ATM Mandiri lama kalian, masa kadaluarsa kartu dapat dilihat difisik kartu ATM Mandiri Magnetic itu sendiri dan segera lakukan pergantian sebelum jadwal yang telah ditentukan pada tabel di atas.

3. INFORMASI PEMBLOKIRAN KARTU MANDIRI LAMA

Bank Mandiri akan menginformasikan tentang pergantian kartu ATM Magnetic ke Mandiri debit chip melalui SMS, WhatsApp dan Email yang terdaftar dan bagi kalian yang telah mengganti nomor hp atau email, informasi tentang pergantian kartu ATM baru 2021 dapat dilihat di Website resmi Bank Mandiri, Akun media sosial Bank Mandir, Koran, layar ATM, Struk ATM dan pengumuman yang ditempel di Cabang Bank Mandiri.

4. SYARAT GANTI KARTU MANDIRI KE DEBIT CHIP

Syarat untuk mengganti kartu ATM Mandiri Magnetic ke Chip dapat dilakukan tanpa buku tabungan, yang dibutuhkan hanya E KTP dan kartu ATM Mandiri debit magnetic saja.

GANTI KARTU ATM MANDIRI KE DEBIT CHIP BISA DIMANA SAJA?

Untuk mengganti kartu ATM Mandiri debit magenetic ke Mandiri Debit Chip hanya dapat dilakukan melalui Cabang Bank Mandiri terdekat, tidak bisa diganti kartu ATM Mandiri secara online maupun Ganti kartu ATM Mandiri di mesin ATM

5. LANGKAH-LANGKAH GANTI KARTU MANDIRI KE DEBIT CHIP 

Silahkan mengunjungi Cabang Bank Mandiri terdekat dengan membawa E KTP dan kartu ATM mandiri lama tanpa buku tabungan, jika ada buku tabungan silahkan dibawa saja.
Mengambil Nomor Antrian CS.
CS Bank Mandiri akan menerbitkan Kartu ATM Mandiri Debit chip terbaru 2021 untuk kalian.

6. JENIS KARTU ATM MANDIRI YANG HARUS DIGANTI

Semua jenis kartu ATM Mandiri lama berbasis magnetic wajib di ganti kecuali Kartu Bansos dan Tani.

7. BIAYA GANTI KARTU MANDIRI KE DEBIT CHIP 

Untuk mengganti kartu Mandiri lama berbasis magnetic ke berbasis chip tidak dikenakan biaya atau gratis.

8. CONTOH GAMBAR KARTU MANDIRI DEBIT MAGNETIC YANG HARUS DIGANTI

Berikut contoh kartu ATM Mandiri debit magenetic stripe yang harus di ganti ke kartu ATM Mandir debit chip yang di ambil dari Bank mandiri.co.id

Mandiri

9. CONTOH GAMBAR KARTU MANDIRI DEBIT CHIP MANDIRI TERBARU 2021

Inilah contoh gambar kartu ATM Mandiri debit chip terbaru 2021:


Demikianlah ulasan tentang informasi terkait pergantian kartu ATM Mandiri lama ke kartu ATM Mandiri baru, yang dimulai dari tujuan mengganti kartu hingga contoh gambar kartu ATM Mandiri debit terbaru.

Artikel Membantu Lainnya: