Arti, Penyebab dan Solusi Saldo Tabungan BNI Minus

A. Pengertian

Saldo Efektif BNI adalah Saldo yang dapat digunakan oleh nasabah setelah terpotong saldo minus.

Saldo minus BNI adalah besaran nominal tunggakan angsuran kredit/tagihan/Premi asuransi yang belum terbayarkan.

Saldo Blokir Akhir BNI adalah saldo terakhir setelah melakukan transaksi, biasanya saldo akhir identik dengan saldo minimal atau saldo mengendap.

A. Penyebab Saldo Efektif BNI Minus

Saldo Minus

Kenapa Saldo BNI Minus?, Itulah pertanyaan yang sering di tanyakan oleh nasabah BNI, untuk jawabannya perhatikan beberapa penyebabnya di bawah ini:

1. Tunggakan Angsuran Fasilitas Kredit

Bank BNI merupakan Bank BUMN yang besar, beragam produk pembiayaan yang di pasarkannya, metode pembayaran angsuranpun di mudahkan yaitu dengan mungganakan sistem autodebet.

Dengan pembayaran angsuran kredit sistem autodebet anda tidak perlu lagi capek-capek mengunjungi Kantor Cabang Bank BNI untuk membayar angsuran, anda cukup menyediakan Saldo di Rekening sebelum tanggal jatuh tempo. Namun bila Saldo di Rekening tidak tersedia, maka di mutasi rekening Saldo Efektif anda tertera nilai nya minus.

2. Tunggakan Layanan Auto Collection

Penyebab Saldo BNI Minus adalah Sobat Ilmu terdaftar sebagai pengguna layanan BNI Auto Collection.

Layanan Auto Collection adalah layanan yang di peruntukan bagi Sobat Ilmu yang memiliki perusahaan untuk melakukan pendebetan otomatis terhadap Rekening pihak ketiga (pelanggan).

Misalnya, pihak Perusahaan menjual suatu barang kepada pelanggan, sistem pembayaran yang disepakati adalah pembayaran autodebet, baik itu dilakukan mingguan maupun bulanan.

Nah, yang harus dilakukan oleh pihak ketiga adalah selalu menyediakan saldo di Rekening tabungannya, jika tidak, maka di mutasi Rekening BNI Mobile akan terlihat Saldo Efektif Minus.

3. Tunggakan Tagihan Layanan BNI Payment

Bank BNI menyediakan layanan Bill Payment yang dapat digunakan untuk pembayaran tagihan berlangganan rutin yang dimulai dari tagihan listrik, air, internet, ponsel pasca bayar, telepon dan premi asuransi BPJS kesehatan.

Dengan layanan BNI Bill Payment, pembayaran  tagihan listrik, air, internet, ponsel pasca bayar, telepon dan premi asuransi di debet secara otomatis melalui rekening tabungan sesuai tanggal pendebetan dan nominal yang telah disepakati.

Keuntungan memanfaatkan layanan BNI Bill Payment adalah sobat ilmu tidak perlu lagi capek-capek transfer manual atau mengunjungi loket pembayaran tagihan, yang Sobat Ilmu lakukan hanya menyiapkan saldo di Rekening Tabungan anda.

Nah, jika saldo di Rekening tidak tersedia pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan otomatis, maka di layar ATM akan menampilkan Saldo Minus dan di mutasi rekening BNI Mobile/Internet Banking BNI akan terlihat Saldo Efektif Minus.

4. Tunggakan Tagihan Kartu Kredit BNI

Memiliki tunggakan Tagihan Kartu Kredit BNI adalah salah satu faktor yang menyebabkan Saldo Efektif Minus.

Hal ini terjadi karena Sobat ilmu memilih pembayaran tagihan dengan sistem Autodebet melalui rekening tabungan, jadi Sobat Ilmu harus memastikan tersedianya saldo di Rekening tabungan Sobat sesuai tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit Sobat.

5. Tunggakan Pembayaran Premi Asuransi

Faktor lain yang menyebabkan Saldo tabungan BNI minus adalah adanya tunggakan pembayaran premi asuransi.

Biasanya pada awal Sobat Ilmu daftar menjadi peserta di salah satu perusahaan asuransi adalah memilih metode pembayaran, bila Sobat Ilmu memilih metode pembayaran autodebet, Sobat Ilmu harus menandatangani surat kuasa debet otomatis oleh Bank BNI untuk pembayaran premi asuransi yang anda ikuti.

Oleh karena nya, Sobat harus menyiapkan dana di Rekening BNI anda sebelum tanggal jatuh tempo pembayaran premi asuransi, jika tidak, maka Saldo tabungan BNI anda akan menjadi minus.

6. Tunggakan Pinkaman Online

Kemajuan teknologi memudahkan anda untuk mendapatkan pinjaman secara online, dengan adanya sistem pinjaman online anda tidak perlu lagi memasukan berkas Pinjaman pembiayaan di kantor pemberi pinjaman.

Anda cukup mendaftar melalui aplikasi Pinjaman online, meng-upload dokumen  yang di butuhkan, foto Selfi bersama dengan kartu identitas, anda langsung mendapatkan pinjaman.

Namun rata-rata pinjaman online menerapkan sistem pembayaran autodebet melaui Rekening anda, jadi anda harus memastikan ketersediaan Saldo di Rekening anda sebelum jatuh tempo, agar di mutasi rekening anda tidak tertera saldonya minus.

7. Peningkatan Layanan

Bila anda merasa tidak memiliki tunggakan apapun, namun Saldo Efektif anda minus, itu kemungkinan disebabkan karena pihak Bank BNI sedang melakukan peningkatan layanan, peningkatan layanan tidak membutuhkan waktu terlalu lama, anda dapat melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan kembali Saldo anda. Jika Saldo anda masih saja minus anda dapat mengunjungi Kantor Cabang Bank BNI terdekat dengan membawa buku tabungan dan KTP.

B. Solusi Saldo Efektif BNI Minus

Hal yang harus anda lakukan untuk mengatasi Saldo Minus adalah melakukan penyetoran di Rekening anda, dengan begitu tunggakan anda akan terbayarkan dan saldo anda tidak berstatus minus lagi.

Namun jika anda tidak memiliki tunggakan apapun, cara mengatasinya adalah segera menghubungi Bank BNI, baik melalui Call Center maupun mengunjungi langsung kantor Bank BNI, pastikan Anda membawa buku rekening dan KTP.

Semoga pembahasan tentang Arti, Penyebab dan Solusi Saldo dari Tabungan BNI Minus dapat bermanfaat bagi Sobat yang membutuhkannya.

Baca Juga: Penyebab dan Solusi Saldo ATM BRI Minus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel