Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutup Rekening BSI: Syarat Dan Biaya

Mau tutup rekening Bank Syariah Indonesia tapi belum tau caranya, baca ulasan ini sampai selesai.

Bank Syariah Indonesia adalah gabungan dari 3 Bank Syariah diantaranya Bank BNI Syariah, BRI Syariah dan Mandiri Syariah.

Sebelum digabungkan menjadi Bank Syariah Indonesia terdapat sebagian orang memiliki rekening dari ke tiga Bank tersebut.

Artinya dalam satu Nomor KTP terdaftar tiga rekening dari Bank berbeda (BRIS, BNIS, SYARIAH MANDIRI), nah dari ketiga rekening tersebut telah menjadi Rekening Bank BSI.

Jadi bisa saja dalam satu orang memiliki tiga rekening di Bank BSI, atas kondisi tersebut ada yang ingin menutup 1 atau 2 rekening BSI tersebut.

Jika yang sedang membaca ulasan ini adalah termasuk sedang mencari langkah-langkah menutup rekening BSI, kalian dapat mengikuti ulasan ini sampai selesai.

Bagaimana Cara Menutup Rekening BSI?

Langkah 1: Berkunjung ke cabang Bank BSI terdekat dengan membawa Syarat Penutupan Rekening BSI sebagai berikut:

  • Buku Rekening BSI yang ingin ditutup
  • Kartu ATM
  • E KTP

Lalu bagaimana jika Buku Rekening BSI atau ATM BSI salah satu atau keduanya hilang? kalian harus melampirkan Surat Keterangan Hilang dari kepolisian, jika tidak dilampirkan Surat Keterangan Hilang maka Bank BSI tidak dapat memproses penutupan Buku Tabungan BSI kalian.

Langkah 2: Setelah sampai di Kantor Bank BSI yang dituju silahkan ambil Nomor Antrian Costumer Service BSI lalu menuju Counter Costumer Service jika nomor antria-nya telah di panggil.

Langkah 3: Sampaikan ke Costumer Service bahwa kalian ingin Menutup Tabungan BSI dan serahkan dokumen yang  di butuhkan oleh Costumer Service.

Langkah 4: Costumer Service akan mengarahkan ke kalian untuk mengambil sisa saldo di Counter Teller jika masih ada saldo yang tersisa.

Langkah 5: Selesai, Buku Tabungan BSI kalian telah ditutup permanen.

Apakah Tutup Rekening BSI Ada Biaya-Nya?

Biaya tutup Tabungan BSI tergantung dari jenis dari rekening yang ditutup, berikut biaya tutup rekening berdasarkan dari masing-masing jenis rekeningnya:

1. Tabungan Mudharabah BSI: Biaya penutupan Tabungan Mudharabah BSI Rp. 20.000.

2. Tabungan Wadiah BSI: Biaya penutupan Tabungan Wadiah BSI Rp. 20.000.

3. Tabungan Rencana  BSI: Biaya penutupan Tabungan Rencana BSI tergantung dari jatuh tempo, Jika di tutup sebelum jatuh tempo Rp. 50.000 dan setelah jatuh tempo Gratis.

4. Tabungan Simpanan Pelajar BSI: Biaya penutupan tabungan Simpanan Pelajar BSI Rp. 1.000

5. Tabungan Mahasiswa BSI: Biaya penutupan tabungan mahasiswa BSI Rp. 20.000

6. Tabungan Valas BSI: Tabungan Valas BSI merupakan dalam mata uang dollar, biaya penutupan tabungan Valas BSI USD 5.

7. Tabungan Haji BSI: Biaya tutup rekening Haji Gratis.

8. Tabungan Pendidikan BSI: Biaya penutupan tabungan pendidikan BSI sebelum jatuh tempo Rp. 100.000 dan setelah jatuh tempo Gratis.

9. Tabungan Bisnis BSI: Biaya penutupan tabungan bisnis BSI Rp. 50.000

10. Tabunganku BSI: Biaya penutupan Tabungan Ku BSI Rp. 20.000

Apakah Tutup Rekening BSI Bisa Diwakili?

Tidak bisa diwakili oleh siapapun selama pemilik rekening yang sah masih hidup, pemilik rekening yang sah merupakan yang terdaftar di sistem Bank Syariah Indonesia serta tercantum di sampul buku rekening.

Jika pemilik rekening yang meninggal dunia maka tutup rekening bisa diwakili oleh ahli waris-nya, persyaratan tutup rekening BSI yang diwakili oleh ahli waris disesuaikan dengan kebijakan Bank Syariah Indonesia.

Apakah Tutup Rekening BSI Online?

Tidak bisa dilakukan secara online, tutup rekening BSI harus di Cabang Bank BSI seluruh Indonesia, apabila Cabang pembuka awal rekening mudah diakses, baiknya penutupan rekening dilakukan di Cabang tersebut.

Langkah-langkah yang dijelaskan diatas merupakan cara tutup rekening BSI secara permanen.

Jika kalian tidak ingin menutup permanen kalian dapat menonaktifkan rekening BSI untuk sementara waktu dengan cara tidak melakukan transaksi selama 6 bulan terakhir.

Tutup rekening BSI

Artinyanya jika kalian tidak menggunakan rekening BSI selama 6 bulan terakhir maka rekening BSI Dormant atau tidak aktif.

Rekening BSI Dormant akan aktif kembali jika kalian mengaktifkan lagi. Lihat lebih lanjut Cara Mengatasi Rekening BSI Dormant.