Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Perbedaan Transfer SKN Dan RTGS Di Webform BSI

Transfer merupakan layanan perbankan yang sering dilakukan oleh pengguna jasa perbankan.

Banyak tersedia layanan perbankan yang dapat dimanfaatkan untuk transfer online seperti kartu ATM, Mobile Banking dan internet Banking.

Namun dibeberapa kondisi mengharuskan seseorang melakukan transfer di Cabang Bank BSI lewat Counter Teller, baik itu transfer BSI ke BSI maupun ke rekening Bank lain.

Untuk kegiatan transaksi di Cabang Bank BSI sudah beralih ke layanan digital, dulu jika seseorang ingin melakukan transfer atau transaksi lainnya diwajibkan untuk mengisi slip transfer.

Kini telah memanfaatkan layanan Webform BSI untuk mengisi data transaksi yang hendak dilakukan.

Webform BSI dapat di akses di alamat www.webform.bankbsi.coid, setelah berhasil login halaman webform BSI menampilkan daftar jenis transaksi seperti Tarik Tunai, Setor Tunai, Pemindah Bukuan, Transfer SKN dan Transfer RTGS, lihat lebih lanjut Cara Isi Dan Akses Webform BSI Untuk Transaksi Di Teller

Dari jenis transaksi yang tersedia terdapat dua jenis transaksi yang susah dibedakan yaitu Transfer SKN dan Transfer RTGS.

Keduanya sama-sama digunakan untuk Transfer antar Bank namun memiliki perbedaan yang mendasar, hal inilah yang membuat pengguna sedikit bingung dalam penggunaannya.

Webform BSI

Atas dasar itu Bima Institute mencoba menjelaskan tentang bedanya Transfer SKN dan Transfer RTGS, berikut penjelasannya:

1. PERBEDAAN DARI SEGI WAKTU PENGIRIMAN

Transfer SKN lebih lama dari Transfer RTGS diperkirakan akan sampai 1 atau 4 hari operasional Bank, lamanya proses pengiriman disebabkan oleh jam operasional Bank pengirim.

  • Jika transfer SKN dilakukan Pukul 09.00 kemungkinan akan sampai di sore hari.
  • Jika transfer SKN dilakukan Pukul 15.30 kemungkinan akan sampai di hari berikutnya.
  • Jika transfer SKN dilakukan di hari Jumat pukul 15.30 kemungkinan akan sampai di hari Senin Minggu depan nya.

SEDANGKAN,-

Transfer RTGS lebih cepat dari transfer SKN, tidak diperlukan waktu yang cukup lama dana akan sampai di rekening tujuan, hanya diperlukan hitungan jam uang yang ditransfer via RTGS BSI akan sampai direkening tujuan. Namun tergantung juga waktu pengirimannya:

  • Jika transfer RTGS dilakukan Pukul 09.00 kemungkinan akan sampai 1 atau 4 jam setelahnya.
  • Jika transfer SKN dilakukan Pukul 15.30 kemungkinan akan sampai di hari berikutnya.
  • Jika transfer SKN dilakukan di hari Jumat pukul 15.30 kemungkinan akan sampai di hari Senin Minggu depan nya.

2. PERBEDAAN DARI SEGI BIAYA

Biaya Transfer SKN lebih murah dibandingkan transfer via RTGS. Besaran biaya transfer SKN BSI Rp. 2.900. Biaya tersebut didebet langsung dari saldo rekening pengirim. Jika saldo tidak cukup maka akan dibayar cash di petugas Teller.

SEDANGKAN,-

Biaya transfer RTGS lebih mahal dari biaya transfer SKN. Besaran biaya transfer RTGS BSI Rp. 25 ribu hingga Rp. 50 ribu. Biaya transfer akan didebet langsung dari saldo rekening jika saldo tidak cukup maka akan dibayar cash di petugas Teller.

3. PERBEDAAN DARI SEGI LIMIT

Limit transfer SKN BSI lebih kecil dari transfer RTGS. Maksimal transfer SKN Rp 99 juta. Jika transfer lebih dari 99 juta maka tidak dapat dilanjutkan.

SEDANGKAN,-

Limit transfer RTGS BSI lebih besar dibandingkan limit transfer SKN. Limit transfer RTGS minimal transfernya dimulai dari Rp. 100.000.001, jika transfer pas 100 juta maka proses transfer tidak dapat dilakukan.

KESIMPULAN:

  • Transfer SKN lebih lama dibandingkan transfer RTGS.
  • Biaya transfer SKN lebih murah dibandingkan transfer RTGS.
  • Limit transfer SKN lebih kecil dibandingkan limit transfer RTGS.

Sampai tahap ini sudah jelaskan perbedaan antara transfer SKN dan RTGS, kalian dapat menentukan pilihan dari kedua jenis transfer tersebut sesuai kebutuhan transfer kalian.

Namun jika kalian menggunakan aplikasi BSI Mobile untuk melakukan transfer antar Bank, maka kalian akan mendapatkan dua metode transfer yang berbeda juga yaitu Metode Transfer Online dan Transfer SKN. Untuk pembahasaan perbedaan metode transfer tersebut lihat lebih lanjut Perbedaan Metode Transfer Online BSI Dan SKN BSI Di BSI Mobile.