5 Penyebab Kartu ATM BTN Tidak Bisa Digunakan

Dalam memberikan kemudahan transaksi Bank BTN menyediakan fasilitas layanan E Channel dalam bentuk kartu ATM.

Kartu ATM BTN terdiri dari 2 jenis yaitu BTN VISA DAN NON VISA, BTN Visa dapat digunakan untuk bertransaksi di dalam dan luar Negeri sedangkan BTN Non Visa hanya dapat digunakan untuk bertransaksi dalam Negeri saja.

Meskipun memiliki banyak perbedaan BTN Visa dan Non Visa telah di lengkapi dengan teknologi chip yang memungkinkan pengguna bertransaksi dengan nyaman.

Dengan kartu ATM BTN kalian dapat bertransaksi dimana saja tanpa antri di cabang Bank BTN, sebagai Bank besar Bank BTN telah memiliki ATM center di seluruh pelosok Indonesia.

Meskipun demikian terkadang kartu ATM BTN tidak dapat digunakan untuk bertransaksi, tentunya disebabkan oleh beberapa faktor.

Oleh karena itu, pada pembahasan ini Portal Ilmu akan menjelaskan secara rinci 5 faktor yang menyebabkan kartu ATM BTN tidak dapat digunakan berikut ulasannya:

1. PIN KARTU ATM BTN TERBLOKIR

PIN kartu ATM BTN merupakan kombinasi angka sebanyak 6 digit yang dibuat saat pertama kali membuka rekening Bank BTN.

PIN ATM BTN bersifat sensitif, jika Salah PIN ATM 3 kali berturut-turut maka PIN KARTU ATM BTN TERBLOKIR

Ciri-ciri ATM BTN  terblokir adalah saat dimasukan di mesin ATM maka kartu ATM BTN akan keluar dengan sendirinya. Sehingga kartu ATM BTN tidak dapat digunakan untuk bertransaksi.

2. KARTU ATM BTN RUSAK

Terdapat beberapa jenis kerusakan kartu ATM BTN sehingga tidak bisa digunakan di antaranya kartu patah, bengkok, pita magnetic tergores dan chip terkelupas.

Agar dapat digunakan kembali kalian harus GANTI DENGAN KARTU ATM BTN YANG BARU

3. KARTU ATM BTN BELUM DI GANTI KE BERBASIS CHIP

Sesuai surat edaran yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia bahwa kartu ATM yang diterbitkan di indonesia harus berbasis chip, sehingga untuk kartu ATM BTN lama harus diganti ke kartu ATM BTN berbasis chip, Bank BTN telah mengeluarkan batas penukaran kartu yang telah berakhir pada tanggal 7 juni 2021.

Jika sampai saat belum menukarkan kartunya itulah salah satu penyebab kartu ATM BTN kalian tidak dapat digunakan. Segeralah lakukan pergantian kartu ATM BTN  MAGNETIC KE CHIP

4. KARTU ATM KADALUARSA

Kartu ATM kadaluarsa adalah kartu ATM yang sudah lewat masa aktifnya, umumnya kartu ATM memiliki masa aktif selama 5 tahun, begitupun juga dengan kartu ATM BTN jika telah kadaluarsa maka kartu ATM BTN tidak dapat digunakan lagi.

Baiknya kalian disarankan untuk mengecek secara berkala masa aktif kartu ATM BTN, jika pergantian dilakukan setelah kadaluarsa maka akan dikenakan biaya pergantian kartu.

5. SALDO REKENING TIDAK CUKUP

atm btn

Sebenarnya ini bukan permasalahan dari kartu ATM BTN, namun permasalahan ini muncul akibat saldo yang tersedia tidak mencukupi untuk melakukan transaksi transfer atau tarik tunai, akibatnya kartu ATM BTN tidak dapat digunakan.

Selain saldo tidak cukup penyebab lain kartu ATM BTN tidak dapat digunakan adalah karena mesin ATM BTN sedang offline.

Mesin ATM BTN offline disebabkan berapa faktor di antaranya gangguan jaringan, software/perangkat mesin ATM rusak serta ATM kosong, ATM kosong artinya tidak tersedia uang dalam brankas mesin ATM, sehingga saat melakukan tarik tunai, mesin ATM tidak dapat mengeluarkan uang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel