5 Cara Ganti Kartu ATM BNI Magnetic Ke Chip

Melalui websitenya Bank BNI secara resmi mengumumkan bahwa bagi pemilik kartu ATM BNI berbasis magnetic strip harus di ganti ke kartu ATM BNI berbasis Chip sebelum tanggal 30 November 2021 dan setelah tanggal 30 November 2021 Bank BNI akan menonaktifkan kartu BNI berbasis magnetic stripe.

Efeknya kartu ATM BNI Magnetic strip tidak bisa digunakan lagi baik untuk transaksi bersifat finansial mau non finansial, transaksi finansial yang di maksud seperti transfer, tarik tunai pembelian maupun pembayaran, sedangkan untuk transaksi non finansial seperti ganti PIN dan pendaftaran E Ebanking.

Pergantian kartu BNI ke chip bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan transaksi dalam menggunakan kartu ATM BNI, untuk itu bagi kalian yang memiliki kartu ATM BNI harap memperhatikan kartu ATM nya, apakah masih berbasis magnetic ataukah telah berbasis Chip.

Kartu ATM BNI berbasis Chip ditandai dengan adanya logo chip berwarna emas difisik kartu sedangkan untuk kartu BNI yang masih berbasis magnetic tidak terdapat logo Chip di fisik kartu.

Untuk contoh gambar kartu ATM BNI berbasis Chip perhatikan gambar dibawah ini.

Kartu ATM BNI

Gambar ini diambil dari situs resmi Bank Negara Indonesia atau Bank BNI di www.bni.co.id

Latar belakang diterbitkannya kartu ATM BNI Chip berdasarkan kebijakan regulasi Bank Indonesia yang tertuang pada surat edaran BI dengan nomor 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015, dalam surat edaran tersebut menjelaskan tentang Standar Nasional Penggunaan Teknologi Chip dan penggunaan PIN online 6 digit untuk kartu ATM yang diterbitkan di Indonesia.

Nah bagi kalian yang belum paham tentang cara mengganti kartu ATM BNI Magnetic Ke Chip, kalian dapat mengikuti tutorial di bawah ini:

1. SIAPKAN PERSYARATAN

Untuk mengganti kartu ATM BNI lama (magnetic stripe) ke kartu ATM BNI terbaru (Chip) kalian harus menyiapkan persyaratan seperti E KTP, Buku Tabungan dan Kartu ATM Lama.

2. MENGUNJUNGI KANTOR BANK BNI

Setelah persyaratan telah disiapkan selanjut adalah mengungunjungi Kantor Cabang Bank BNI terdekat.

3. MENGAMBIL NOMOR ANTRIAN CS

Sesampainya di Kantor Cabang Bank BNI, securty akan menyambut kalian dan bertanya  tentang tujuan transaksi kalian, sampaikan bahwa kalian hendak mengganti kartu ATM, securty akan mengarahkan kalian untuk mengambil nomor Antrian Cs BNI.

4. BERTEMU DENGAN CS

Cs BNI akan memanggil nomor antrian kalian, sampaikan bahwa kalian ingin mengganti kartu ATM BNI lama ke kartu ATM BNI Chip terbaru, serahkan kartu ATM lama, e KTP dan buku tabungan, Cs akan melakukan verifikasi identitas diri kalian, jika identitas diri kalian sesuai dengan yang tercatat di sistem Bank BNI maka CS BNI akan memberikan kartu ATM BNI Chip terbaru.

5. SELESAI

Kini kalian telah mendapatkan kartu ATM BNI berbasis Chip, dengan kartu ATM BNI berbasis Chip kalian dapat bertransaksi kapan saja dan dimana saja tanpa ada lagi rasa cemas, karena kartu ATM BNI Chip telah dilengkapi dengan teknologi chip dan 6 digit PIN.

Kartu ATM BNI Chip tersedia beberapa jenis kartu yaitu BNI Chip GPN, BNI Chip Mastercard silver, BNI Chip gold dan BNI Chip platinum.

Pergantian kartu ATM BNI Magnetic ke Chip tidak dikenakan biaya admin pergantian kartu alias gratis, selain mengungunjungi kantor Bank BNI kalian dapat mengunjungi mesin BNI Sonic untuk mengganti kartu ATM BNI Magnetic ke Chip.

Artikel Membantu Lainnya:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel