Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mudah Kirim Uang Dari Indonesia Ke Malaysia

Kini kirim uang internasional sangatlah mudah dilakukan, beragam industri keuangan menawarkan cara cepat kirim uang ke malaysia dengan dukungan fasilitas layanan pengiriman uang.

Umumnya terdapat dua metode pengiriman uang ke Malaysia yaitu dengan cara manual atau online.

Cara manual  yang dimaksud adalah dengan mengunjungi langsung kantor Bank, Kantor atau cabang gerai mini market yang menerima jasa pengiriman uang serta agen pengiriman uang ke Malaysia.

Untuk cara online nya dapat memanfaatkan layanan E Banking dan aplikasi jasa pengiriman uang, terdapat banyak sekali Daftar Aplikasi Transfer Uang Ke Malaysia yang bisa kalian gunakan.

Nah bagi kalian yang membutuhkan informasi tentang cara kirim atau transfer uang ke Malaysia, kalian dapat  memilih salah satu caraara yang telah dijelaskan pada ulasan dibawah ini:

1. CARA TRANSFER UANG KE MALAYSIA MELALUI APLIKASI

Mau kirim uang ke Malaysia tapi tidak memiliki waktu luang untuk ke cabang Bank, gerai minimarket dan agen pengiriman uang?, tenang saja kalian dapat transfer uang antar Negara secara online Indonesisa ke Malaysia dengan memanfaatkan aplikasi transfer uang.

Transfer uang secara online dari Indonesia ke Malaysia sangat mudah, cepat, hemat dan aman.

Dari segi Kemudahan kalian hanya perlu mengunduh aplikasi di Google Play Store/App Store dan mendaftarnya secara gratis.

Dari segi Cepat cukup mengetik jumlah nominal yang hendak dikirim dan kemana tujuannya uang yang kalian transfer, metode pembayaran dapat bersumber dari kartu kredit dan debit serta transfer perbankan online, uang yang akan sampai paling lambat 1 hari dan paling cepat dalam hitungan menit.

Dari segi Hemat, mengirim uang dalam bentuk rupiah secara online ke Malaysia murah dan tetap, setiap aplikasi memiliki perhitungan yang berbeda-beda dalam menentukan tarif biaya transfer uang Malaysia online, total tarif biaya akan ditampilkan dimuka sebelum uang dikirim.

Dari segi Keamanan, rata-rata aplikasi pengiriman uang telah memperoleh izin dari Bank Indonesia dan Financial Conduct Authority (FCA), namun sebelum memilih aplikasi kirim uang online ke Malaysia baiknya terlebih dahulu mengetahui izin dari aplikasi tersebut.

Terdapat banyak aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk Transfer Uang Dari Indonesia Ke Malaysia Secara Online, sebagai contoh Portal Ilmu memilih aplikasi Wise yang dijadikan sebagai panduan untuk transfer uang ke Malaysia berikut Cara Terbaik Transfer Uang Dari Indonesia Ke Malaysia:

A. Mengunduh Aplikasi Wise

Aplikasi Wise dapat di unduh lewat Google Play Store/App Store dengan cara Buka Play Store > katik Wise > klik Instal > tunggu hingga proses intstal hingga selesai.

B. Buat Akun

Hanya dibutuhkan E Mail atau Akun Google atau Facebook untuk membuat akun Wise, kalian dapat mendaftar lewat Aplikasi dan Web Wise.

Pada panduan ini memilih Aplikasi Wise untuk membuat akun dengan cara > buka Aplikasi Wise yang telah di unduh > klik Daftar > pilih jenis akun Penggunaan Pribadi/Bisnis > masukkan E Mail > buat kata sandi minimal 9 karakter yang terdiri Huruf dan Angka > pilih Negara Tempat Tinggal > klik Daftarkan.

C. Konfirmasi E Mail

Wise  akan mengirimkan email konfirmasi di E Mail yang kalian daftar tadi, untuk konfirmasi  E Mail silahkan Buka Email > klik tombol Konfirmasikan E Mail Saya.

D. Transfer Uang

Setelah dilakukan konfirmasi  E Mail, kalian dapat memulai transfer dengan cara:

> Klik tombol Kirim dibagian bawah layar. Tentukan Negara Pengirim dan Negara Penerima serta jumlah uang yang ingin di transfer lengkap dengan informasi tarif biaya Klik Lanjutkan.

> Teradapat 3 pilihan tujuan pengiriman yaitu Saya Sendiri untuk mengirim ke rekening sendiri, Orang Lain untuk mengirim ke orang lain atau Bisnis/Badan Amal pada panduan ini memilih transfer ke Orang Lain > Masukkan E Mail Meraka > Nama Lengkap Pemilik Rekening > pilih kode Bank (BIC/SWIFT) > masukkan Nomor Rekening > klik Konfirmasi.

> Silahkan pilih metode pembayaran via > Kartu Kredit/Debit/Transfer Bank.
Selesai, uang yang di transfer akan sampai di rekening tujuan dalam hitungan jam dan paling cepat dalam hitungan menit.

2. CARA KIRIM/TRANSFER UANG KE MALAYSIA MELALUI BANK

Kirim uang melalui Bank merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang belum memiliki akun aplikasi transfer uang online ke Malayasia.

Kalian dapat kirim dan transfer uang ke Malaysia dengan memanfaatkan Internet Banking, ATM, Mobile Banking atau mengunjungi cabang Bank yang di inginkan.

Dengan catatan kalian telah memiliki Buku rekening serta telah mendaftar layanan E Banking salah satu Bank di Indonesia baik itu Internet Banking Maupun Mobile Banking

Apabila kalian telah mendaftar layanan Intenet atau Mobile Banking Bank yang kalian miliki, hanya beberapa langkah uang yang di transfer ke Malaysia akan sampai dengan aman.

Dan jika kalian belum mendaftar sebagai pengguna layanan E Banking kalian dapat kirim uang ke Malaysia dengan cara mengunjungi langsung Cabang Bank serta menyiapkan persyaratan kirim uang ke  Malaysia di antaranya Buku Rekening dan E KTP dan data penerima seperti nomor rekening penerima, nama penerima, kode SWIFT Bank penerima.

Sejumlah uang yang kalian kirimpun akan sampai dihari yang sama bahkan dalam hitungan menit.

Pada tutorial ini memilih Bank BNI yang dijadikann panduan untuk mengirim/transfer uang ke Malaysia, terdapat dua metode untuk  transfer uang ke malaysia lewat BNI yaitu lewat Cabang Bank BNI dan Mobile Banking BNI - BNI Mobile.

A. Cara Transfer Uang Ke Malaysia Lewat Cabang BNI

Mengirim uang keluar Negeri - Malaysia melalui Cabang Bank  BNI biasa disebut dengan istilah Outgoing Transfer (OTR) atau Kirim Uang Keluar.

Yang dimaksud Outgoing Transfer (OTR) atau Kirim Uang Keluar adalah mengirim uang dalam bentuk Rupiah dan diterima dalam bentuk ringgit Malaysia, berikut langkah-langkahnya:

> Terlebih dahulu siapkan Buku Rekening, E KTP dan Detail data penerima.

> Lalu mengunjungi Cabank BNI terdekat, setelah sampai di Cabang Bank BNI yang dituju sampaikan ke Securty bahwa kalian ingin mengirim uang ke Malaysia.

> Security Bank BNI akan memberikan kalian nomor antrian Teller dan menyarankan kalian untuk mengisi formulir.

> Isilah formulir sesuai dengan contoh yang cara pengisiannya yang telah ditentukan oleh Bank BNI.

> Teller akan memanggil nomor Antian kalian, serahak E KTP, Buku Tabungan dan fromulir yang telah kalian isi dan tandatangani.

> Teller akan memproses pengiriman kalian hingga Teller BNI mengembalikan E KTP dan Buku Rekening kalian, itu tandanya pengiriman uang kalian telah selesai.

> Perhatrikan mutasi rekening kalian sebelum meninggalkan Cabang BNI.

B. Cara Transfer Uang Ke Malaysia Lewat BNI Mobile

Tanpa ke Bank kalian dapat kirim cepat uang ke Malaysia lewat Mobile Banking BNI, berikut langkah-langkahnya:

> Terlebih dahulu buka Aplikasi BNI Mobile yang telah terinstal di Smartphone kalian.
> Pada halaman menu utama silahkan pilih fitur Transfer.
> Setelah itu pilih menu International Remittance.
> Layar BNI Mobile menampilkan Syarat dan Ketentuan, silahkan Ceklist dan klik Lanjut.

> Pilih Nomor Rekening Debet.

> Pilih Input Baru.

> Pilih negara tujuan transfer.

> Pilih Bank tujuan.

> Masukkan nomor rekening tujuan/IBAN.

> Masukkan nama dan alamat penerima.

> Jika ingin memasukkan nomor rekening penerima ke dalam Daftar Favorit (centang simpan ke Daftar Favorit) dan masukkan nama singkat.

> Masukkan nominal mata uang yang ingin ditransfer.

> Pilih beban Ongkos Bank Koresponden.

> Pilih tujuan transaksi.

> Masuk ke halaman validasi.

> Masukkan password transaksi.

> Klik lanjut dan transaksi anda selesai

3. CARA KIRIM UANG KE MALAYSIA LEWAT ALFAMART/ALFAMIDI

Alfamart dan Alfamidi memiliki gerai yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, terekait layanan pengiriman uang antar Negara, Alfamart/Alfamidi telah bekerja sama dengan Truemoney, berikut panduannya:

> Kunjungi Alfamart/Alfamidi terdekat dengan membawa E KTP dan Nomor Hp yang aktif sebagai syarat kirim uang ke Malaysia.

> Sampaikan ke Kasir bahwa kalian ingin kirim uang ke Malaysia, kasir akan memberikan formulir untuk kalian isi.

> Setelah formulir diisi, serahkan kembali formulir ke kasir beserta denga uang yang ingin dikirim.

> Kasir akan memproses pengiriman kalian, pastikan kalian telah mendapatkan kode MTCN. Kode MTCN inilah yang digunakan oleh penerima di Malaysia untuk menarik uang yang kalian kirim.

Iatulah tiga cara mudah yang kalian ikuti untuk mengirim uang dari Indonesia ke Malaysia, selain dengan tiga cara di atas kirim uang ke malaysia lewat kantor pos adalah salah satu cara juga yang kalian dapat lakukan.

Artikel Membantu Lainnya:

Indonesia ke malaysia