Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengatasi Chip Kartu ATM BRI Tidak Terdeteksi

Bank BRI memiliki Cabang yang tersebar di berbagai pelosok Negeri, umumnya setiap Cabang Bank BRI dilengkapi dengan Mesin ATM yang tentunya digunakan untuk bertransaksi menggunakan Kartu ATM BRI itu sendiri.

Awal kehadirannya semua kartu ATM yang diterbitkan di Indonesia dilengkapi dengan teknologi magnetic stripe atau yang biasa dikenal dengan pita magnetik.

Magnetic Stripe/Pita Magnetik pada  ATM berfungsi sebagai media penyimpanan data dari pemilik kartu ATM, namun dalam perkembangan teknologi perbankan kartu berbasis Magnetic Stripe di anggap mudah di retas oleh pelaku skiming.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya berita yang dimuat oleh media cetak maupun online terkait kasus skiming yang menyebabkan saldo rekening hilang dengan sendirinya.

Atas maraknya kasus skiming tersebut Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan bahwa semua kartu yang diterbitkan di Indonesia harus dilengkapi dengan teknologi chip, seiring dengan itu Bank Indonesia selaku regulasi mewajibkan setiap kartu ATM berbasis magnetic stripe harus diganti ke kartu ATM berbasis Chip.

Kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia tersebut disambut baik oleh Bank BRI, pada pengumuman resminya Bank BRI menghimbau kepada seluruh nasabah yang belum mengganti kartu ATM berbasis magnetic ke kartu ATM berbasis chip agar segera menggantinya sebelum tanggal 31 Desember 2021, jika tidak diganti maka kartu ATM BRI akan diblokir secara permanen, lihat Cara Ganti Kartu ATM BRI Magnetic Ke Chip

Nah bagi yang telah memiliki kartu BRI Chip atau telah menggantinya ke chip terkadang mengalami kendala saat bertransaksi, yang dimana kartu ATM BRI tidak bisa digunakan dengan keterangan error Transaksi Gagal, Chip Kartu Tidak Terdeteksi dan mesin ATM secara otomatis mengeluarkan kartu.

Apabila mengalami kendala Kartu Chip BRI tidak terdeteksi, kalian tidak perlu panik, karena kartu Chip tidak terdeteksi tidak menyebabkan saldo kalian hilang. Bagaimana cara cara mengatasi chip kartu ATM tidak terdeteksi, baca ulasan ini sampai selesai.

Umumnya error transaksi gagal Chip ATM BRI tidak terdeteksi disebabkan 2 faktor yaitu Chip kotor dan tergores, bagaimana cara mengatasi Chip ATM BRI tidak terdeteksi?, baca ulasan ini sampai selesai.

1. MELAKUKAN PENGECEKAN STATUS KARTU

Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk mengatasi chip ATM BRI tidak terdeteksi adalah melakukan pengecekan kondisi fisik, apakah chip ATM kotor atau tergores, jika ditemukan kotor maka ikuti panduan pada poin 2 untuk membersihkannya dan jika ditemukan tergores maka kalian harus menggantinya seperti yang dijelaskan pada poin 3.

Namun jika pada pengecekan fisik tidak ditemukan chip rusak atau kotor maka yang kalian lakukan adalah melakukan pengecekan status kartu dengan cara:

  • Menghubungi Contact BRI 14017 / 1500 017
  • Datang ke Kantor BRI terdekat (kecuali Teras BRI) dengan membawa e-KTP, buku tabungan dan kartu ATM
  • Mengirimkan Pesan Internet Banking https://ib.bri.co.id/ > Layanan Nasabah > Pesan > Buat Pesan Baru

Apabila dalam pengecekan dengan menggunakan salah satu metode diatas chip kartu tidak ada masalah, maka yang rusak adalah perangkat pembaca chip mesin ATM, solusinya lakukan transaksi di mesin ATM lain.

2. MEMBERSIHKAN KARTU

Apabila chip kartu terlihat kotor, yang kalian lakukan adalah membersihkan dengan cara mengusapkan secara perlahan dengan menggunakan kapas pembersih wajah yang telah di basahi dengan alkohol atau thinner yang digunakan teknisi handphone untuk membersihkan papan mainboard handphone.

3. MENGGANTI KARTU

Jika chip terlihat tergores atau terkelupas makan yang kalian lakukan adalah melakukan pergantian kartu dengan cara Datang ke Kantor BRI terdekat (kecuali Teras BRI) dengan membawa e-KTP, buku tabungan dan kartu ATM.

Biaya pergantian kartu ATM BRI rusak tergantung dari jenis kartu yang kalian miliki, disarankan untuk menyiapkan dana sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000.

Itulah tiga cara mengatasi Transaksi Gagal Chip ATM BRI Tidak Terdeteksi, semoga dengan panduan yang telah dijelaskan diatas dapat dijadikan referensi bagi kalian yang membutuhkannya.

Terkait masalah Chip ATM tidak terdeteksi, ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan diantaranya:

Apa Itu Chip Di Kartu ATM?

Chip pada kartu ATM adalah media penyimpan data pemilik kartu, dengan menggunakan teknologi chip memungkinkan pengguna bertransaksi dengan aman.

Kenapa Chip Kartu ATM Tidak Terdeteksi?

Chip Kartu ATM kartu tidak terdeteksi disebabkan kartu ATM kotor atau tergores atau terkelupas.

Bagaimana Jika Chip Kartu ATM Tidak Terdeteksi?

Jika kartu ATM tidak terdeteksi, yang harus kalian lakukan adalah melakukan pengecekan fisik chip pada kartu, apakah chip terlihat kotor atau tergores, untuk cara mengatasinya ikuti panduan yang terlah dijelaskan pada poin 1,2 dan 3.

atm chip tidak terdeteksi