3 Cara Ganti Kartu ATM BTN Magnetic Ke Chip

Seperti yang tertuang pada surat edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP bahwa Bank Indonesia menargetkan pergantian kartu ATM non Chip ke berbasis chip telah 100 % mulai 1 januari 2022.

Regulasi tersebut disambut baik oleh Bank BTN sehingga Bank BTN mengeluarkan jadwal pergantian kartu ATM BTN non Chip ke berbasis Chip sampai dengan tanggal 7 Juni 2021, jika tidak maka KARTU ATM BTN TIDAK BISA DIGUNAKAN

Nah apabila kalian mengalami kartu ATM BTN tidak dapat digunakan segera periksa kartu ATM Kalian apakah masih menggunakan kartu ATM BTN lama (non chip) atau tidak, karena salah satu penyebab kartu ATM BTN tidak dapat digunakan untuk bertransaksi adalah kalian belum menggantinya ke kartu ATM BTN berbasis chip.

Cara membedakan kartu ATM BTN chip dan non chip sangatlah mudah, cukup kalian memperhatikan fisik kartu ATM kalian, jika pada fisik kartu ATM BTN terdapat gambar logo chip yang berwarna emas maka kartu ATM BTN kalian adalah kartu ATM BTN terbaru berbasis chip namun jika tidak terdapat logo chip maka kartu ATM BTN kalian adalah kartu ATM lama non chip.

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh gambar kartu ATM BTN chip di bawah ini.

ATM BTN

Syarat untuk ganti kartu ATM BTN Chip sangatlah sederhana, cukup kalian menyiapkan E KTP, Buku Tabungan dan Kartu ATM BTN non chip, apabila kartu ATM BTN non chip kalian telah hilang maka kalian harus mengurus Surat Keterangan Hilang di Kantor Kepolisian.

Pergantian kartu ATM BTN non chip ke chip tidak dikenakan biaya admin pergantian kartu, kalian dapat menukarkan secara gratis di seluruh cabang Bank BTN yang tersebar d Indonesia, saat ini ganti kartu ATM BTN Online tidak tersedia jadi kalian harus menggantinya di Cabang Bank BTN.

Bagi kalian yang telah berdomisili berbeda dengan alamat pembukaan awal Tabungan BTN tidak perlu cemas karena pergantian kartu dapat dilakukan di Cabang Bank BTN terdekat.

Meskipun terlihat mudah, proses pergantian kartu terkadang membingungkan bagi sebagian orang, untuk itu Portal Ilmu akan mencoba menjelaskan cara ganti kartu ATM BTN non chip ke chip sebagai berikut:

1. MENGUNJUNGI CABANG BANK BTN

Untuk mengganti kartu ATM BTN non chip ke chip kalian dapat mengunjungi Cabang Bank BTN terdekat dengan membawa Buku Tabungan, E KTP dan Kartu ATM BTN lama non chip, untuk mengecek lokasi cabang Bank terdekat kalian dapat memanfaatkan google map.

2. BERTEMU DENGAN COSTUMER SERVICE BTN

Apabila kalian telah sampai pada Cabang Bank BTN yang dituju, Security Bank BTN langsung menyambut dan menanyakan keperluan transaksi kalian, sampaikan bahwa kalian ingin melakukan pergantian Kartu ATM non chip ke chip, setelah itu Security akan memberikan nomor antrian Costumer Service.

Tunggulah hingga nomor antrian kalian dipanggil oleh Costumer Service, jika telah mendapatkan giliran serahkan dokumen yang diperlukan.

Costumer service akan melakukan verifikasi identitas diri kalian dengan menanyakan beberapa pertanyaan seperti Nomor Hp, Nama Lengkap, Nama Gadis Ibu Kandung dan lain-lain.

3. MENDAPATKAN KARTU ATM BTN CHIP

Apabila dari hasil verifikasi tidak terdapat perubahan data diri maka Costumer service akan memberikan Kartu ATM BTN chip, kartu ATM BTN non chip akan di musnahkan oleh pihak Bank BTN.

Segeralah mengganti PIN kartu ATM BTN kalian dengan kombinasi PIN yang diinginkan, kalian juga dapat membuat kombinasi PIN yang sama dengan PIN kartu ATM BTN non chip.

PIN ATM BTN maksimal 6 digit dan bersifat rahasia dan sensitif, jika salah dimasukkan 3 kali berturut-turut maka PIN Kartu ATM BTN terblokir secara otomatis.

Itulah cara mengganti kartu ATM BTN non chip ke chip, semoga ulasan ini dapat  membantu kalian yang membutuhkan informasi ini. 

Artikel Membantu Lainnya:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel