Lengkap | Cara Mudah Beli Token Listrik Via M Banking

Cara Mudah Beli Token Listrik Via M Banking | Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Kali ini Portal Ilmu akan membahas tutorial tentang cara membeli token listrik melalui Mobile Banking.

Mobile banking adalah layanan e channel Bank, hampir semua instansi perbankan memiliki layanan ini dan rata-rata memiliki fitur pembelian token listrik.

Apa itu token listrik? Token listrik adalah kombinasi angka yang berjumlah 20 digit, angka ini diperoleh setelah kalian melakukan pembelian lewat mobile banking.

Sebagai bahan eksperimen pada tutorial ini melakukan pembelian token listrik melalui Mobile Banking Bank Syariah Indonesia dengan nama brand BSI Mobile. Berikut langkah-langkah membeli token listrik melalui  BSI Mobile.

A. CARA BELI TOKEN LISTRIK MELALUI BSI MOBILE

Token Listrik

1. BUKA APLIKASI BSI MOBILE

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk  mengisi token listrik melalui m Banking Bank Syariah Indonesia  adalah membuka aplikasi BSI Mobile itu sendiri dengan cara klik Icon BSI Mobile pada beranda HP.

2. PILIH MENU BELI

Setelah terbuka aplikasi Mobile Banking BSI menampilkan beberapa menu utama, silakan klik menu Beli untuk menampilkan halaman selanjutnya.

Token Listrik

3. PILIH MENU PLN PREPAID

Setelah klik menu Beli maka akan tampil halaman pembelian, pada halaman pembelian tersedia beberapa pilihan menu pembelian, namun yang kalian pilih adalah menu PLN Prepaid.

Token Listrik

4. MASUKKAN KATA SANDI

Sebelum lanjut ke halaman selanjutnya, terlebih dahulu memasukkan Kata Sandi BSI Mobile, silakan masukkan Kata Sandi dengan benar, lalu pilih Lanjut.

5. PILIH REKENING

Apabila kalian memiliki lebih dari satu rekening Bank Syariah Indonesia, maka kalian harus memilih Salah Satu Rekening sebagai sumber pembelian token listrik teresebut.

6. PILIH BELI TOKEN

Silakan pilih Beli Token.

Token Listrik

7. MASUKKAN  NOMOR METERAN/IDPEL PLN

Pada halaman ini kalian di arahkan untuk memasukkan Nomor Meteran atau IDPEL PLN, silakan masukkan salah satunya. Lalu pilih Selanjutnya.

8. PILIH JUMLAH PEMBELIAN

Silakan pilih Jumlah pembelian yang diinginkan, jumlah pembelian tersedia mulai dari Rp. 20.000, Rp. 50.000, Rp, 100.000, Rp. 200.000, Rp. 500.000, Rp. 1.000.000 dan Rp. 5.000.000.

9. MASUKKAN PIN

Untuk eksekusi pembelian silakan masukkan PIN BSI Mobile. Lalu pilih Selanjutnya.

10. KONFIRMASI PEMBELIAN

Setelah berhasil memasukkan PIN, maka akan tampil Halaman Konformasi pembelian token listrik, silahkan periksa kembali rincian pembelian, yang paling penting adalah kebenaran dari nomor meteran atau IDPEL PLN.

11. SELESAI

Pembelian token listrik lewat BSI Mobile telah berhasil, silakan segera lakukan pengisian token pada meteran listrik kalian.

B. CARA MENGISI TOKEN PADA METERAN

1. INPUT TOKEN LISTRIK

Apabila telah berhasil melakukan pembelian token lewat m banking bank syariah, langkah selanjutnya adalah menginput kode token PLN pada meteran. Silakan input dengan Benar.

2. TEKAN TOMBOL KOREKSI

Jika salah dalam penginputan kode token PLN, kalian dapat memanfaatkan tombol BackSpace untuk menghapus kode token yang salah tanpa menghapus semua kode token yang telah diisi.

Token Listrik

3. TEKAN TOMBOL ENTER

Jika kode token listrik di yakini telah benar, silakan tekan Tombol Enter untuk menyelesaikan penginputan.

Token Listrik

4. SELESAI

Pengisian kode token listrik PLN telah selesai, keberhasilan pengisian token ditandai dengan alarm meteran tidak berbunyi lagi dan KWh telah bertambah.

C. BIAYA ADMIN

Setiap pembelian kode token PLN lewat Mobile Banking pasti paket dengan biaya admin namun ada juga beberapa jasa penyedia token listrik menggratiskan biaya admin, nah untuk biaya admin pembelian token listrik PLN via m banking Bank Syariah adalah sebesar Rp. 3.000.

Misalnya kalian membeli token listrik Rp. 200.000, maka total saldo rekening kalian akan terdebet sebesar Rp. 203.000.

D. WAKTU PEMBELIAN TOKEN LISTRIK

Idealnya pembelian token listrik PLN dilakukan sebelum alarm meteran berbunyi, sebab jika alarm ini berbunyi pasti mengganggu waktu istirahat kalian dan rasanya malu kalau di dengar sama tetangga.

Selain itu, untuk menghindari jadwal offline PLN, sebaiknya membeli token listrik sebelum jam 11 malam, sebab mulai dari jam 11 malam sampai jam 01 pagi PLN tidak dapat memproses pembelian kalian, pembelian token listrik diproses setelah jam 01 pagi.

Demikianlah cara mudah beli token listrik melalui mobile banking, selain mobile banking ada banyak aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk membeli token listrik melalui HP.

Baca Juga: Cara Bayar Shopee Via BSI Mobile

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel