Penyebab dan Cara Mengatasi ATM BNI Gagal Transaksi Meminta Masukkan Tanggal Lahir-Ganti PIN

Penyebab dan Cara Mengatasi ATM BNI Gagal Transaksi Meminta Masukkan Tanggal Lahir-Ganti PIN | Beberapa nasabah BNI mengalami kendala saat melakukan transaksi di ATM BNI, baik itu transaksi cek saldo, transfer maupun tarik tunai.

Jenis kendala yang dialami oleh beberapa nasabah tersebut adalah tampil Informasi di layar ATM BNI agar nasabah memasukkan Tanggal Lahir dan mengganti PIN dengan PIN baru, kenyataannya PIN yang di masukkan adalah PIN yang benar, mengapa harus di ganti lagi.

Tentu hal ini membingungkan bagi nasabah, apa sebenarnya yang terjadi dan apa yang harus dilakukan agar bisa dapat melakukan transaksi kembali.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi ATM BNI yang menampilkan Keterangan Masukkan Format Tanggal Lahir.

1. Penyebab ATM BNI Menampilkan Keterangan 'Masukkan Format Tanggal Lahir'

ATM BNI

Penyebab tampilnya informasi tersebut adalah Sobat Ilmu tidak melakukan pergantian PIN ATM BNI secara berkala, sehingga secara otomatis sistem Bank BNI mewajibkan sobat ilmu untuk segera mengganti PIN dengan PIN yang baru. Dengan alasan keamanan.

Lalu mengapa harus di input tanggal lahir?, Tanggal lahir merupakan data konfirmasi kebenaran pemilik rekening yang sah, sehingga sistem BNI mengharuskan Sobat Ilmu untuk memasukkan tanggal lahir terlebih dahulu setelah itu di lanjutkan dengan pergantian PIN baru.

Tanggal lahir yang dimasukkan harus sesuai dengan tanggal lahir yang tercatat di sistem Bank BNI atau harus sama dengan tanggal lahir yang dimasukkan pada saat pertama kali melakukan pembukaan rekening BNI. Jika tidak maka Sobat Ilmu tidak dapat melakukan pergantian PIN baru saat itu juga.

Sobat ilmu harus melakukan pergantian PIN di Kantor Cabang Bank BNI terdekat dengan membawa KTP, kartu ATM dan Buku Tabungan.

 2. Cara Mengatasi TM BNI Menampilkan Informasi 'Masukkan Format Tanggal Lahir'

Pada saat layar mesin ATM menampilkan informasi 'Masukkan Format Tanggal Lahir' Silahkan masukkan 6 digit tanggal lahir anda yang berdiri dua digit angka tanggal lahir, dua digit angka bulan lahir dan dua digit angka belakang tahun lahir, Misalnya Tanggal Lahir anda adalah 12 Juni 1988 maka yang anda input adalah 120688.
Kemudian akan tampil layar pembuatan PIN baru, silahkan masukkan 6 digit PIN baru (pastikan PIN baru berbeda dengan PIN lama).
Masukkan ulang PIN baru.
Pergantian PIN akan di proses oleh Mesin ATM dan Mesin ATM mengeluarkan Struk sebagai bukti bahwa pergantian PIN telah berhasil di ganti.
Kartu ATM secara otomatis dengan sendirinya.
Kini kartu ATM anda telah dapat digunakan seperti biasa, silahkan lakukan transaksi yang di inginkan.

Jika Sobat ilmu kesulitan mengganti PIN kartu ATM BNI, Sobat Ilmu dapat mengganti melaui BNI Mobile Banking dengan memilih menu Ubah PIN Kartu Debit. Namun pastikan Sobat ilmu telah mendaftar sebagai pengguna layanan BNI Mobile Banking, bila belum silahkan baca panduannya Disini.

Kendala lain yang sering terjadi saat bertransaksi menggunakan kartu ATM BNI adalah tampilnya Keterangan Penyalahgunaan Kartu ATM di layar ATM, hal ini memungkinkan disebabkan karena adanya indikasi pencurian data ATM, kartu ATM kadaluarsa dan jaringan ATM Error, Ulasan lengkap mengenai Penyalahgunaan Kartu ATM dapat di baca Disini.

Itulah ulasan mengenai ATM BNI yang meminta memasukkan Tanggal lahir dan mengganti PIN baru, hal ini merupakan cara Bank BNI memberikan keamanan kepada seluruh nasabahnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi yang menyebabkan kerugian finansial bagi nasabah itu sendiri.

Sebagai saran, segera lakukan penyesuaian data diri anda di sistem perbankan, agar memudahkan anda saat melakukan registrasi dan Aktivasi layanan E Channel, seperti halnya masalah yang telah di bahas di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel