Banpres Mekaar Belum Cair, Pahami Alur, Penyebab dan Solusinya

Banpres Mekaar Belum Cair, Pahami Alur, Penyebab dan Solusinya | Banpres UMKM mekar merupakan program pemulihan ekonomi nasional dari pemerintah Indonesia yang diberikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang tidak memiliki fasilitas pembiayaan/kredit di suatu Bank.

Dalam proses pemberian bantuan ini pemerintah melibatkan beberapa instansi yang bertugas sebagai pengusul, verifikator dan penyalur. Dalam hal Banpres UMKM Mekaar yang bertindak sebagai pengusul adalah PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) sebagai verifikator Kementerian Koperasi dan sebagai penyalur adalah PT. Bank BNI.

Karena banyak pihak yang terlibat, tentu proses pencarian Banpres UMKM Mekaar melewati tahapan yang panjang, sehingga tidak dapat dipungkiri banyaknya keluhan dari masyarakat, di antaranya:

  • Penerima telah menerima Buku dan ATM Mekaar namun dana Banpres UMKM belum masuk di rekening.
  • Dana Banpres UMKM Mekaar telah tersedia di Rekening Mekaar namun belum dapat di cairkan atau dana masih terblokir.

Bila Sobat Ilmu sebagai penerima Banpres UMKM Mekaar mendapatkan keluhan seperti di atas, harap bersabar dan selalu mengecek status pencairan anda di kantor PNM dan kantor BNI di daerah domisili anda serta pahami Alur, Penyebab dan Solusi pencairan Banpres UMKM Mekaar yang di jelaskan pada artikel ini, berikut ulasannya:

1. Alur Pencairan Banpres UMKM Mekaar

Banpres PNM UMKM Mekaar

  • PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) mengirim data calon penerima bantuan Presiden UMKM 2.4 juta ke Kementerian Koperasi dan UKM
  • Kementerian Koperasi dan UKM melakukan verifikasi data syarat calon penerima seperti kewarganegaraan negaraan Indonesia serta kepemilikan usaha produktif.
  • Kementerian Koperasi dan UKM menyerahkan data calon penerima ke Bank BNI untuk dilakukan pengecekan SLIK (sistem layanan informasi keuangan) untuk mengetahui apakah calon penerima memiliki kewajiban pembiyaan/kredit di suatu Bank.
  • Setelah dilakukan pengecekan SLIK, Bank BNI menyerahkan lagi data calon penerima ke kementerian Koperasi dan UKM untuk dilakukannya sistem informasi kredit program (SKIP) melalui kementerian Keuangan.
  • Kementerian Koperasi dan UKM mengajukan surat perintah bayar ke Kantor Perbendaharaan Negara sebagai dasar pencairan dana Banpres.
  • Setelah menerima surat perintah bayar dari Kantor Perbendaharaan Negara, Kementerian Koperasi dan UKM menyerahkan surat tersebut ke Kantor Bank BNI dasar pencairan dana.
  • Bank BNI membuat buku tabungan dan ATM Mekaar untuk penerima.
  • Bank BNI akan melakukan transfer dana bantuan ke rekening penerima jika telah menerima data verifikasi akhir oleh petugas PNM.
  • Penerima mencairkan dana Banpres UMKM Mekaar sebesar Rp 2.4 juta.

2. Penyebab Banpres UMKM Mekaar belum cair

  • Alur proses pencarian Banpres UMKM Mekaar yang panjang, sehingga proses pencarian tidak sesuai yang diharapkan oleh penerima.
  • Bank BNI belum menerima data verifikasi akhir dari PNM, sehingga dana bantuan masih di blokir oleh BNI.
  • Berkas verifikasi dari PNM tertumpuk dengan berkas penerima lainya, yang menyebabkan ada penerima yang cepat cair dan ada juga yang terlambat cair.

3. Solusi Bagi Penerima Banpres UMKM Mekaar yang belum cair

  • Jika telah menerima Buku dan ATM Mekaar namun dana bantuan belum masuk, silahkan pastikan di PNM apakah data verifikasi akhir telah di kirim ke BNI atau belum, jika sudah dikirim, silahkan pastikan di BNI apakah telah menerima data tersebut atau masih antri di karenakan banyak nya berkas yang di proses oleh Bank BNI.
  • Dana Banpres UMKM Mekaar telah tersedia di ATM Mekaar, namun belum bisa di cairkan (terblokir), hal ini terjadi karena data yang dikirim oleh PNM ke BNI belum lengkap, silahkan cek di PNM, Setelah itu cek lagi di BNI.

4. Jadwal Pencairan Banpres UMKM Mekaar

Pencarian Banpres UMKM Mekaar dimulai bulan November 2020 hingga selesai, bagi calon penerima belum dapat mencairkan dana tersebut harap bersabar, karena proses pencarian nya memang melewati tahapan yang panjang dan terus mengecek status pencairan di kantor PNM dan BNI di daerah domisili anda. Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel