OVO Error, Ini Penyebab dan Solusinya

OVO Error, Ini Penyebab dan Solusinya | Kehadiran OVO cukup memudahkan transaksi pembayaran berbagai jenis barang dan jasa secara online, namun dalam penggunaannya terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pengguna.

Oleh karena itu artikel ini akan membahas tentang penyebab dan solusi dari setiap jenis Error yang biasa terjadi pada OVO, berikut ulasannya:

1. OVO Tidak Bisa Top Up

OVO Error

OVO gagal Top Up disebabkan beberapa kemungkinan di antaranya:

  • Sistem Top Up atau Fasilitas layanan Top Up dari perbankan sedangkan di lakukan maintenance (peningkatan layanan). Solusi - Silahkan mengulangi Top Up secara berkala, biasanya proses peningkatan layanan tidak berlangsung lama.
  • Jaringan internet pengguna tidak stabil. Solusi - Pastikan jaringan internet anda dalam keadaan stabil.
  • Telah melebihi batas maksimal Top Up bulanan baik untuk Akun OVO CLUB user maupun akun OVO Premier yaitu sebesar Rp. 20.000.000. Solusi - Silahkan lakukan Top Up di bulan berikutnya.
  • Telah melebihi batas Saldo maksimal yaitu Rp. 2.000.000 untuk OVO CLUB user dan Rp. 10.000.000 untuk OVO Premier. Solusi - Silahkan gunakan Saldo yang tersedia terlebih dahulu.
  • Salah memasukkan kode Top Up dari fasilitas layanan perbankan. Solusi - Pastikan kebenaran kode Top Up dari fasilitas layanan perbankan, sebab beda penyedia Top Up saldo berbeda-beda pula kode Top Up nya.
  • Salah memasukkan Nomor HP yang terdaftar pada saat Top Up. Solusi - Pastikan kembali Nomor HP yang terdaftar pada saat Top Up.

2. OVO Tidak Bisa Transfer Antar Bank

Selain dapat transfer ke sesama, OVO juga dapat digunakan untuk transfer ke rekening Bank, namun terkadang saat proses transfer ke rekening Bank mengalami gagal Transfer yang disebabkan beberapa kemungkinan di antaranya:

  • Salah memasukkan Kode Bank atau Nomor Rekening Bank tujuan. Solusi - Pastikan kode Bank atau Nomor Rekening tujuan telah dimasukkan dengan benar.
  • Jaringan internet tidak stabil. Solusi - pastikan jaringan internet anda saat transfer tetap stabil dan ulangi transfer secara berkala.
  • Akun OVO belum di upgrade. Solusi - pastikan akun OVO anda telah di Upgrade dari CLUB user ke Premier. Cara upgrade dapat langsung dilakukan melalui aplikasi dengan cara klik Upgrade ke OVO Premier di halaman beranda OVO > Upgrade Sekarang > Mulai > Lakukan pengambilan foto KTP > Ikuti instruksi selanjutnya sampai selesai dan tunggu hasil upgrade ke OVO Premier.
  • Log Out Kemudian Log-in  Aplikasi OVO. Solusi - Log Out dari aplikasi OVO dengan  cara Klik Profile > Geser Layar Ke Bawah > Pilih Log Out. Sedangkan untuk Login kembali di aplikasi OVO  dengan cara Buka Aplikasi > Masukkan Nomor HP terdaftar > Pilih Sign In > Masukkan Securty Code.
  • Aplikasi OVO belum Update. Solusi - Lakukan update aplikasi OVO dengan cara Buka App Store/Play Store > Pilih Update.
  • Data Cache OVO Belum Di Hapus. Solusi - Di beranda HP anda pilih icon Pengaturan/Setting > Pilih Aplikasi OVO > Pilih Hapus Data.

3. OVO Tidak Bisa Upgrade

Penyebab OVO gagal upgrade adalah akibat jaringan internet tidak stabil, namun terdapat juga hal diantaranya:

  • Foto KTP blur. Solusi - Pastikan pada saat mengambil foto KTP di aplikasi OVO tidak blur atau buram.
  • Foto KTP Gelap. Solusi - Pastikan pada saat mengambil foto KTP di aplikasi OVO ditempat yang terang sehingga tidak menghasilkan foto yang tidak gelap.
  • KTP tidak patah, bolong dan semua data dapat di baca. Solusi - Pastikan Foto KTP yang di ambil tidak rusak serta semua data identitas diri masih terbaca dengan jelas.
  • KTP yang di foto bukan asli. Solusi - Pastikan KTP yang di foto bukan hasil dari hasil scan, foto copy maupun scan print berwarna.
  • Foto diri di KTP tidak buram. Solusi - Pastikan foto diri yang tertera di KTP harus terlihat jelas, sehingga dapat di identifikasi oleh pihak OVO.

4. OVO Tidak Bisa Scan Code

Metode pembayaran OVO bukan saja melalui transfer namun juga dapat dilakukan menggunakan Scan barcode, terkadang pada saat pembayaran fitur Scan code tidak dapat membaca sticker code pembayaran QRIS maupun barcode Tiket parkir. Solusi - informasikan ke kasir nomor HP yang terdaftar dengan klik nomor HP di bagian kiri bawah layar, tunjukkan loyalty code pada kasir dengan cara klik Loyalty Code yang tertera dibagian kanan bawah layar, jika scan tiket bermasalah lakukan input manual dengan cara klik Input Manual di bagian bawah layar.

5. OVO Tidak Bisa Login

OVO gagal login disebabkan beberapa kemungkinan diantaranya:

  • Pihak OVO sedang melakukan maintenance/peningkatan layanan. Solusi - Silahkan lakukan Login secara berkala, proses maintenance/peningkatan layanan dalam waktu 1x24 bahkan lebih cepat dari itu.
  • Jaringan internet tidak stabil yang menyebabkan kode verifikasi tidak terkirim ke SMS.
  • Lupa Securty Code - Bila salah memasukkan Securty Code OVO 6 kali berturut-turut, maka securty code terblokir. Solusi - Silahkan lakukan reset Securty Code terlebih dahulu seperti langkah-langkah seperti yang telah dijelaskan pada artikel yang membahas tentang Cara Reset Securty Code OVO.
  • Lakukan Uninstall dan Install ulang aplikasi OVO.
  • Lakukan hapus data Cache dengan cara pilih icon Pengaturan/Setting di beranda HP> Pilih Aplikasi OVO > Pilih Hapus Data.

6. OVO Error Gagal Bayar

Bayar pakai OVO, saldo terpotong namun gagal bayar biasanya disebabkan karena jaringan internet tidak stabil dan OVO sedang melakukan maintenance/peningkatan layanan. Solusi - Silahkan hubungi Call enter 1500696, atau kirim pengaduan di email cs@ovo.id.

Itulah pembahasan tentang beberapa kemungkinan OVO Error, bila dalam pembahasan ini masih belum menyelesaikan Error OVO anda, Silahkan Silahkan hubungi Call enter 1500696, atau kirim pengaduan di email cs@ovo.id.

Baca Juga: Cara Cek Saldo Prakerja Melalui BNI Prakerja, OVO Prakerja, Link Aja Prakerja dan GoPay Prakerja

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel