Ini Dia Perbedaan PIN ATM, PIN SMS Banking, PIN Mobile Banking dan Password Internet Banking

Ini Dia Perbedaan PIN ATM, PIN SMS Banking, PIN Mobile Banking dan Password Internet Banking | Setiap Bank pastinya memiliki fasilitas layanan E Channel untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi perbankan, layanan E channel yang dimaksud seperti ATM, SMS Banking, Mobile Banking, dan internet Banking.

Layanan  E Channel tersebut tentu di lengkapi dengan Kode Keamanan untuk mendukung kenyamanan dan keamanan saat bertransaksi.

Tentunya masing-masing E Channel memiliki kode keamanan, diantaranya PIN untuk kode keamanan kartu ATM, SMS Banking PIN untuk E Channel SMS Banking, MPIN untuk Mobile Banking dan Password untuk internet Banking.

Namun dalam penggunaannya tentu banyak pertanyaan yang muncul, apakah PIN kartu ATM, PIN SMS Banking, PIN Mobile Banking dan Password Internet Banking adalah sesuatu PIN yang sama ataukah PIN yang berbeda dan apakah bisa dibuat dengan kombinasi yang sama atau harus dibuat dengan kombinasi yang berbeda - berbeda-beda.

Perbedaan PIN ATM dengan PIN SMS Banking

Atas dasar banyak nya pertanyaan yang muncul mengenai hal tersebut, maka artikel ini akan mengulas tentang perbedaan PIN kartu ATM, PIN SMS Banking, PIN Mobile Banking dan Password Internet Banking.

Namun sebelum mengulas tentang perbedaannya, alangkah lebih baik di ulas terlebih dahulu tentang pengertiannya:

PIN kartu ATM adalah kombinasi angka yang terdiri dari 6 karakter berfungsi untuk memulai transaksi via mesin ATM dan konfirmasi kebenaran setiap transaksi.

PIN SMS Banking adalah kombinasi angka yang terdiri dari 6 karakter berfungsi untuk bertransaksi via SMS Banking.

PIN Mobile Banking atau yang biasa disebut MPIN (Mobile PIN) merupakan kombinasi angka yang terdiri dari 6 karakter yang berfungsi untuk Login via Mobile Banking dan konfirmasi kebenaran Transaksi, namun ada juga Mobile Banking yang menggunakan MPIN untuk Login dan Password Transaksi untuk konfirmasi kebenaran Transaksi, bedanya adalah Pasword Transaksi biasanya terdiri dari kombinasi huruf kapital, huruf kecil serta angka.

Password Internet Banking adalah kombinasi 
huruf kapital, huruf kecil serta angka yang digunakan untuk Login via Web Internet Banking dan konfirmasi kebenaran transaksi.

Itulah pengertian dari PIN kartu ATM, PIN SMS Banking, PIN Mobile Banking dan Password Internet Banking. Setidaknya setelah mengetahui pengertiannya Sobat Ilmu telah mendapatkan gambaran tentang perbedaannya, agar lebih di pahami, perbedaan dari PIN kartu ATM, PIN SMS Banking, PIN Mobile Banking dan Password Internet Banking di ulas dalam bentuk contoh kasus, berikut ulasan untuk contoh kasus 1:

Abu Lebe memiliki rekening Bank BRI Syariah yang di lengkapi dengan fasilitas layanan Kartu ATM, SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking, untuk PIN kartu ATM, PIN SMS Banking dan PIN Mobile Banking abu Lebe menggunakan kombinasi angka yang sama yaitu 654321 sedangkan Pasword Internet Banking menggunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil dan angka yaitu AbuL321. Jadi untuk PIN kartu ATM, PIN SMS Banking dan PIN Mobile Banking boleh sama kecuali Password Internet Banking harus dibuat berbeda.

Lalu timbul pertanyaan lagi, apakah boleh PIN kartu ATM, PIN SMS Banking dan PIN Mobile Banking di buat berbeda, tentu saja boleh karna antara kartu ATM, SMS Banking dan Internet Banking adalah media transaksi yang berbeda, perhatikan contoh kasus 2 di bawah ini:

Abu Lebe memiliki rekening Tabungan dari Bank BNI yang dilengkapi dengan kartu ATM, SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking, masing-masing dari fasilitas layanan tersebut Abu Lebe membuatnya dengan kombinasi angka yang berbeda yaitu 123456 untuk PIN kartu ATM, 121456 untuk PIN SMS Banking, 121789 untuk MPIN Mobile Banking sedangkan untuk Pasword Transaksi Mobile Banking dan password Internet Banking Abu lebe membuatnya dengan kombinasi huruf kapital, huruf kecil dan angka yaitu sama yaitu AbuL321.

Dan lagi-lagi timbul pertanyaan, apakah boleh  
PIN kartu ATM, PIN SMS Banking, PIN Mobile Banking dan Password Internet Banking di buat sama antara Bank BRI Syariah dan Bank BNI, jawabannya BOLEH bahkan dibuat dengan PIN yang BERBEDA pun juga boleh, namun kebanyakan orang memilih untuk membuat PIN yang SAMA antara Bank yang berbeda, dengan alasan agar mudah di ingat saat bertransaksi, baik bertransaksi menggunakan fasilitas layanan dari Bank BRI Syariah maupun fasilitas layanan dari Bank BNI.

Semoga ulasan ini dapat memberikan gambaran tentang perbedaan PIN ATM, PIN SMS Banking, PIN Mobile Banking dan Password Internet Banking. Terimakasih.

Baca Juga: Tanpa Ke Bank, Begini Cara Reset MPIN Mobile Banking BNI Yang Terblokir/Lupa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel