Iklan Dibawah Header Navigasi Horizontal

Cara Pembayaran Menggunakan Kode QRIS BRI Syariah


Cara Pembayaran Menggunakan Kode QRIS BRI Syariah | Perkembangan sistem pembayaran Non tunai di Indonesia tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi informasi dan digital, setidaknya terdapat 6 jenis sistem pembayaran non tunai yang di kenal di Indonesia di antaranya pembayaran non tunai berbasis kertas, pembayaran non tunai berbasis kartu, pembayaran non tunai berbasis elektronik, pembayaran non tunai berbasis internet, pembayaran non tunai berbasis chip dan pembayaran tunai berbasis Server.


Namun yang fokus di bahas pada artikel ini adalah jenis pembayaran non tunai berbasis server, sebab pembayaran jenis ini adalah model pembayaran jenis baru yang memanfaatkan teknologi QR Code.

Kehadiran teknologi QR code di gadang-gadang untuk mengganti penggunaan kartu kredit dan kartu debit yang dimana kartu kredit dan debit memiliki resiko kartu hilang, rusak, tertelan dan bahkan sering terjadi kasus skimming.

QRIS BRI Syariah

Oleh karena itu hadirnya sistem pembayaran scan code meminimalisir kejadian seperti di atas sehingga pengguna jasa perbankan aman dan nyaman saat bertransaksi.

Aman  yang di maksud adalah aman dari virus karena tidak menggunakan uang tunai, aman dari transaksi uang palsu, aman dari pencurian karena tidak perlu lagi membawa uang tunai saat berpergian dan aman menyimpan hasil usaha karena langsung masuk rekening.

Awal penggunaan Qr code, setiap industri jasa keuangan masing-masing menerbitkan Sticker code secara terpisah, namun sekarang Bank BI telah menerbitkan Sticker kode yang di berinama QRIS (Quick Respon Indonesian Standard).

Dengan adanya QRIS setiap pengguna bisa melakukan pembayaran di satu kode QRIS, misalnya suatu toko telah terdaftar sebagai merchant dari Bank BRI Syariah, maka pengguna dari Bank lain dapat melakukan pembayaran melalui kode QRIS BRI Syariah.
Saat ini BRI Syariah telah menjalin kerjasama sebanyak 2.000 merchant, sehingga nasabah Bank BRI Syariah dengan mudah melakukan pembayaran atas barang dan jasa yang hendak di beli.

Agar dapat berbelanja dengan sistem pembayaran QRIS BRI Syariah, terlebih dahulu Sobat Ilmu melakukan Registrasi dan Aktivasi Mobile Banking Bank BRI Syariah (Bris Online).

Didalam aplikasi Bris online tersedia fitur Bris Pay yang dapat digunakan untuk melakukan Scan kode QRIS yang telah di terbitkan oleh Bank BRI Syariah.

Bila di analogikan, fitur Bris Pay pada Bris Online layaknya kartu ATM, sedangkan Sticker code QRIS layaknya Mesin ATM/EDC, sehingga pada saat melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa Sobat ilmu tinggal melakukan Scan cod QRIS dan tidak perlu lagi menggunakan ATM atau uang tunai sebagai alat pembayaran.

Cara pembayaran menggunakan kode QRIS BRI Syariah sangat lah mudah, bila pertama kali menggunakannya Sobat Ilmu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka Aplikasi Bris Online.
  • Masukkan PIN.
  • Pilih Icon Bayar di tengah bawah layar.
  • Arahkan Pembaca QR code pada Sticker QRIS milik Merchant/Toko yang di terbitkan oleh BRI Syariah.
  • Masukkan Nominal Pembayaran.
  • Pilih Rekening sumber, bila memiliki lebih dari satu rekening.
  • Pilih Bayar.
  • Masukkan PIN.
  • Pilih Kirim.
  • Silahkan lihat Bukti Pembayaran dengan memilih Icon Riwayat di bawah layar.
  • Sobat ilmu dapat mengirim bukti pembayaran via email atau akun media sosial lainnya.
  • Selesai.
Untuk Sobat Ilmu yang memiliki toko atau sejenisnya, Sobat Ilmu dapat bekerjasama sebagai Merchant dari BRI Syariah, sehingga pelanggan dapat melakukan pembayaran via Scan code QRIS yang di terbitkan oleh BRI Syariah.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh jika Sobat Ilmu telah bekerjasama sebagai Merchant BRI Syariah salah satunya adalah Sobat ilmu tidak perlu repot-repot lagi mengembalikan nominal pembayaran dari pelanggan.

Cara bekerjasama sebagai merchant BRI Syariah, cukuplah mudah, Sobat Ilmu dapat mengikuti langkah-langkah yang telah di ulas pada artikel tentang Cara Mengajukan Kerjasama BrisPay BRI Syariah.

Iklan Atas Artikel Persegi

Iklan Tengah Artikel 1 Persegi

Iklan Tengah Artikel 2 Persegi

Iklan Bawah Artikel Horizontal