Iklan Dibawah Header Navigasi Horizontal

Jika ATM Terblokir, Apakah Mobile Banking Terblokir Juga?


Jika ATM Terblokir, Apakah Mobile Banking Terblokir Juga? | Jawabannya Tidak, sebab kartu ATM dan Mobile Banking merupakan 2 fasilitas layanan perbankan yang berbeda.
PIN kartu ATM dan PIN Mobile Banking dapat di buat secara terpisah, misalnya, 123456 untuk PIN Kartu ATM dan 654321 untuk PIN Mobile Banking.

Namun dapat juga di buat dengan angka yang sama, misalnya 654321 untuk PIN kartu ATM dan 654321 juga untuk PIN Mobile Banking.
Uniknya walaupun keduanya memiliki angka PIN yang sama, namun tetap tidak berpengaruh satu sama lainnya, misalnya PIN kartu ATM terblokir maka PIN Mobile Banking tidak ikut terblokir.

Jadi, misalkan PIN ATM Sobat Ilmu terblokir maka Sobat Ilmu masih dapat melakukan transaksi melalui Mobile Banking seperti, Transfer, Cek Saldo, Pembelian dan Pembayaran, untuk transaksi Tarik Tunai, baru sebagian Mobile Banking yang memiliki fitur Tarik Tunai.

ATM terblokir

Penyebab utama PIN kartu ATM terblokir adalah salah memasukkan PIN 3 kali berturut-turut, begitupun dengan PIN Mobile Banking kebanyakan terblokir akibat salah memasukkan PIN.

Umumnya beda Bank beda pula jenis login di mobile banking, ada yang menggunakan PIN dan ada juga yang menggunakan User id dan Password, selain itu ada juga yang menggunakan Username dan Password, bahkan dari beberapa jenis login tersebut telah paket dengan Finger Print atau Login menggunakan Sidik Jari.

Agar tidak membingungkan, artikel ini mencoba mengulas satu persatu tentang PIN kartu ATM terblokir, PIN/Password Mobile Banking Terblokir, Saldo Terblokir dan Nomor Rekening terblokir.

1. PIN Kartu ATM terblokir

PIN kartu ATM terblokir umumnya di sebabkan kesalahan memasukkan PIN 3 kali secara berturut-turut dan bisa juga di sebabkan jaringan Error. Walaupun PIN kartu ATM terblokir, Sobat Ilmu masih dapat melakukan transaksi menggunakan Mobile Banking.

2. PIN Mobile Banking Terblokir

Jika PIN/Password Mobile Banking terblokir, Sobat Ilmu masih dapat melakukan transaksi menggunakan Kartu ATM, penyebab PIN/Password terblokir adalah salah memasukkan PIN/Password 3 kali secara berturut-turut. Permasalahan kartu ATM dan Mobile Banking hampir sama.

3. Saldo Terblokir

Saldo terblokir biasanya terjadi pada rekening yang memiliki fasilitas pembiayaan, misalnya Sobat Ilmu memiliki angsuran pembiyaan sebesar Rp. 5.000.000, atas kesepakatan kedua belah pihak maka di blokirlah 1 kali angsuran untuk angsuran terakhir, misalkan jangka waktu pembiayaan anda selama 24 bulan maka anda hanya membayar 23 bulan.

Saldo terblokir tidak mempengaruhi PIN kartu ATM dan PIN Mobile Banking anda, sehingga anda masih dapat melakukan transaksi selama saldo anda tersedia, contoh: saldo yang tersedia Rp. 10.000.000 yang di blokir sebesar Rp. 5.000.000, jadi anda masih dapat menggunakan nya sebesar Rp. 5.000.000 nya lagi.

4. Rekening Terblokir

Rekening di blokir biasanya terjadi karena adanya permintaan dari nasabah sendiri atau bisa juga di blokir oleh pihak Bank, terkait dengan adanya indikasi transaksi yang mencurigakan atau data anda di retas, sehingga dapat merugikan pihak nasabah dan Bank.

Penyebab lain Rekening di blokirnya Rekening adalah Saldo anda tidak mencukupi, tidak melakukan transaksi dalam waktu yang cukup lama, kartu ATM kadaluarsa dan migrasi kartu ATM, dari kartu ATM lama ke kartu ATM yang menggunakan Chip (GPN).

Jika Rekening anda terblokir, Sobat ilmu masih dapat login menggunakan PIN/Password Mobile Banking, begitupun juga dengan PIN kartu ATM anda, namun anda tidak dapat melakukan transaksi, jika anda melakukan transaksi biasanya akan muncul informasi Transaksi Gagal dan Kartu ATM Tidak Dapat Digunakan.

Permasalahan tentang PIN kartu ATM terblokir, PIN/Password Mobile Banking Terblokir, Saldo Terblokir dan Nomor Rekening terblokir hampir sama di setiap Bank, jadi jangan panik dan tetap tenang, segera mengunjungi Kantor Cabang Bank terkait.

Kesimpulan:
  • PIN kartu ATM terblokir tidak mempengaruhi PIN Mobile Banking, anda masih dapat login menggunakan PIN/Password Mobile Banking. Begitupun sebaliknya.
  • Saldo terblokir tidak mempengaruhi PIN kartu ATM dan PIN/Password Mobile Banking, kartu ATM dan Mobile Banking masih dapat anda gunakan.
  • Rekening terblokir sama halnya dengan  Saldo terblokir, anda masih dapat menggunakan PIN kartu ATM dan PIN/Password Mobile Banking, hanya saja anda tidak dapat melakukan transaksi.
Baca Juga:

Iklan Atas Artikel Persegi

Iklan Tengah Artikel 1 Persegi

Iklan Tengah Artikel 2 Persegi

Iklan Bawah Artikel Horizontal