Iklan Dibawah Header Navigasi Horizontal

Apakah Beda Nomor Rekening Sama Nomor ATM?


Apakah Beda Nomor Rekening Sama Nomor ATM? | Dalam prakteknya, masih terdapat sebagian orang yang belum bisa membedakan antara Nomor Rekening dan Nomor Kartu ATM, sehingga menganggap bahwa Nomor Kartu ATM memiliki fungsi yang dengan kartu ATM.

Oleh karena itu artikel ini akan membahas tentang perbedaan Nomor kartu ATM dengan Nomor Rekening, namun artikel ini akan di ulas dengan gaya ilustrasi, sehingga Sobat Ilmu dapat dengan mudah memahaminya. Berikut ilustrasinya:

Seorang pedagang Kelontong, yang biasa di panggil Abu Lebe berencana mengajukan permohonan pembiayaan di salah satu Bank Syariah, yaitu Bank BRI Syariah, sesampainya di kantor Bank BRI Syariah, Abu Lebe bertemu dengan Pegawai Bank BRI Syariah yang bernama Arif.

Beda Nomor Rekening dan Nomor Kartu ATM
Nomor 1 adalah Nomor Kartu ATM dan Nomor 2 merupakan Nomor Rekening

Setelah bertemu, keduanya mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan detail produk pembiayaan yang dapat di manfaatkan oleh Abu Lebe, seperti: Persyaratan pengajuan pembiyaan, Tujuan Pembiyaan, Besaran Angsuran Pembiyaan, jangka waktu pembiyaan, asuransi pembiyaan dan biaya - biaya yang di keluarkan dan lain sebagainya.

Setelah berdiskusi panjang akhirnya Abu Lebe sepakat dengan Produk pembiyaan yang di tawarkan oleh si Arif, akhirnya si Arif melakukan verifikasi berkas pengajuan Abu Lebe, hingga melakukan proses pembiayaan sesuai dengan prosedur yang berlaku di Bank BRI Syariah.

Akhirnya sampai pada tahap Akad, namun sebelum Akad, Abu Lebe di wajibkan untuk membuka Rekening terlebih dahulu, sebagai media digunakan untuk pencarian pembiyaan Abu Lebe nantinya.

Setelah proses pembukaan rekening telah selesai, Abu Lebe memperoleh Buku Rekening dan Kartu ATM, yang di mana di buku rekening tertera nomor rekening dan di kartu ATM tertera Nomor kartu ATM.

Namun Abu Lebe tidak dapat membedakan antara Nomor Rekening dengan Nomor Kartu ATM. Oleh karena itu Si Arif mencoba menjelaskan ke Abu Lebe, seperti di bawah ini:

Perbedaan Nomor Rekening Dengan Nomor Kartu ATM.
  • Nomor Rekening digunakan untuk menyetor Angsuran. Sedangkan Kartu ATM tidak dapat digunakan untuk menyetor Angsuran.
  • Nomor Rekening terdapat di Buku Tabungan. Sedangkan Nomor Kartu ATM terdapat di Kartu ATM.
  • Apabila orang memiliki Nomor Rekening pasti memiliki Nomor Kartu ATM. Tidak berlaku sebaliknya.
  • Nomor Rekening berfungsi sebagai alat pembayaran, menabung, transfer dan menerima transfer. Sedangkan Nomor Kartu berfungsi sebagai Nomor identifikasi Bank Penerbit dan Pemilik Sah atas kartu ATM tersebut.

Setelah mendengar penjelasan dari Si Arif, akhirnya Abu Lebe telah dapat membedakan antara Nomor Rekening dan Nomor Kartu ATM.

Jadi dapat di simpulkan bahwa Nomor Rekening dan Nomor Kartu ATM adalah sesuatu Nomor yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

Nomor Rekening adalah nomor yang di peruntukan oleh setiap orang yang membuka rekening di setiap bank tertentu yang berfungsi sebagai media Transaksi perbankan, sedangkan Nomor Kartu ATM adalah nomor yang menjelaskan tentang Jenis Kartu ATM, Bank Penerbit dan Identifikasi pemilik dari Kartu ATM tersebut.


Iklan Atas Artikel Persegi

Iklan Tengah Artikel 1 Persegi

Iklan Tengah Artikel 2 Persegi

Iklan Bawah Artikel Horizontal