3 Jenis Penyebab Error Penyalahgunaan Kartu Dan Cara Mengatasinya


3 Jenis Penyebab Error Penyalahgunaan Kartu Dan Cara Mengatasinya | Hampir setiap orang telah memiliki Kartu ATM, bahkan 1 orang memiliki beberapa Kartu ATM di Bank berbeda-beda, di antaranya adalah kartu ATM BNI.

Kehadiran kartu ATM sangat memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi perbankan di luar jam operasional kantor Bank.

Namun terkadang pada saat digunakan terdapat keterangan Error yang tampil di layar monitor, salah satunya adalah Keterangan Error ' Penyalahgunaan Kartu, Silahkan Ambil Kartu Anda ' sehingga proses transaksi tidak dapat dilakukan.
Penyalahgunaan Kartu
Jika Sobat ilmu mendapatkan jenis Error ini di ATM Bank BNI atau bank lain. Jangan panik, artikel ini akan membahas 3 jenis penyebab Error ' Penyalahgunaan Kartu ' dan Cara mengatasinya, berikut pembahasannya:

1.Kartu ATM Kadaluarsa/Expired

Penyebab adanya keterangan 'Penyalahgunaan Kartu ATM' adalah akibat masa aktif Kartu ATM telah kadaluarsa.

Untuk mengetahui masa aktif kartu ATM, Sobat ilmu dapat melihat yang tertera di fisik kartu ATM, di sana tertulis dengan jelas masa aktif dari kartu ATM yang Sobat miliki.

Jika kartu ATM telah expired, biasanya akan tampil di layar mesin ATM 'Penyalahgunaan Kartu, Silahkan Ambil Kartu Anda ' dan otomatis kartu ATM keluar dengan sendirinya, sehingga tidak dapat melanjutkan proses transaksi.

Cara mengatasi 'Penyalahgunaan Kartu' jenis ini, silahkan memastikan lagi bahwa Kartu ATM    anda benar-benar telah expired, jika telah expired silahkan mengunjungi kantor Cabang Bank BNI untuk mengganti dengan kartu ATM yang baru.

2. Jaringan ATM BNI Terganggu

Apabila kartu ATM BNI Sobat Ilmu belum kadaluarsa/expired, namun ketika digunakan menampilkan 'Penyalahgunaan Kartu ', kemungkinan di sebabkan oleh Gangguan Jaringan ATM Bank BNI.

Untuk memastikan kondisi jaringan ATM Bank BNI, silahkan melakukan transaksi di gerai ATM Bank BNI yang lain, bila masih mengalami Error yang sama, silahkan menggunakan Mesin ATM Bank lain (Mandiri, BRI, BTN). Apabila masih saja tampil Error ' Penyalahgunaan Kartu ' silahkan mencoba lagi secara berkala.

3.  Adanya Indikasi Pencurian Data ATM

Apabila penyebab ' Penyalahgunaan Kartu ' bukan dari kedua penyebab di atas, kemungkinan di sebabkan karena Kartu ATM terblokir secara otomatis oleh Bank BNI.

Hal ini di lakukan oleh Bank BNI untuk memberikan kenyamanan kepada nasabah Bank BNI, terkait di temukan adanya indikasi pencurian data ATM oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, langkah yang paling aman di lakukan oleh Bank BNI adalah melakukan pemblokiran kartu ATM.

Namun hal ini biasanya membuat  nasabah tidak nyaman bertransaksi, kerena kartu ATM nya tidak bisa digunakan pada saat di butuhkan, apa lagi tidak ada pemberitahuan dari Bank BNI terkait pemblokiran kartu tersebut.

Cara Mengatasi Error Penyalahgunaan Kartu ATM
  • Pastikan terlebih dahulu ATM BNI belum expired, jaringan ATM tidak terganggu.
  • Silahkan menghubungi call center Bank BNI di 1500046 untuk mengecek status Rekening terlebih dahulu.
  • Jika dalam pengecekan oleh Costumer Service online Bank BNI menemukan status kartu ATM tidak aktif/terblokir. Maka anda akan di sarankan untuk mengunjungi Kantor Cabang Bank BNI terdekat dengan membawa, KTP, kartu ATM, Buku Rekening.
  • Jika Buku Rekening hilang, maka anda harus mengurus terlebih dahulu Surat Keterangan Hilang di kantor kepolisian.
  • Sesampainya di kantor Bank BNI, ambillah Nomor Antrian Customer Service.
  • Costumer service dengan senang hati melayani anda.
  • Sebagai bahan verifikasi, costumer service akan menanyakan beberapa hal seperti, Tanggal lahir, nama ibu kandung, Nomor HP dan alamat.
  • Apabila data verifikasi anda sesuai maka Costumer Service akan memproses pengaktifan kembali kartu ATM anda.
  • Selesai.

Tips menghadapi Error ' Penyalahgunaan Kartu ATM adalah tetap tenang dan segera menghubungi Kantor Cabang Bank BNI atau mengunjungi langsung Kantor Cabang Bank BNI.

Apabila Sobat Ilmu telah melakukan registrasi - Aktivasi Mobile Banking Bank BNI, silahkan melakukan transaksi menggunakan mobile banking atau mengecek saldo rekening anda melaui Mobile Banking.

Artikel ini dapat di jadikan referensi untuk mengatasi Error ' Penyalahgunaan Kartu ' pada kartu ATM lain selain dari kartu ATM Bank BNI, karena langkah-langkah mengatasinya hampir sama. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel