Iklan Dibawah Header Navigasi Horizontal

Pengalaman Kerja Di Bank BRI Syariah


Pengalaman Kerja Di Bank BRI Syariah | Pada artikel kali ini saya mengulas tentang pengalaman cara kerja dan tugas setiap jabatan yang telah saya geluti selama bergabung bersama insan BRI Syariah, di anataranya:

1. Jabatan Relationship Officer

Saya bergabung bersama insan BRI Syariah sejak tahun 2014, dengan status fresh graduate untuk menempati jabatan relationship officer, tugas relationship officer adalah  melakukan cross check Calon nasabah pembiyaan dan melakukan maintenance Account yang berstatus kolektibilitas 1 dan 2.

Cara kerja relationship officer BRI Syariah di awali pagi dengan mengecek status kolektibilitas Account, jika Account memiliki status kolektibilitas 2, maka Account tersebut harus di kunjungi untuk memberikan pemahaman dan solusi apa yang harus di ambil agar Account kembali ke kolektibilitas lancar.

2. Jabatan Teller
Bank Syariah
Pada tahun 2017 saya di perbantukan untuk mengisi jabatan sebagai Teller selama 3 bulan, tugas Teller adalah melayani nasabah yang melakukan penyetoran tunai, tarik tunai, pemindah bukuan, transfer, RTGS, kliring, tukar uang baru dan tukar uang rusak.

Cara kerja Teller BRI Syariah di awali dengan mengambil box yang berisi saldo awal dengan berbagai macam pecahan yang di mulai dari pecahan Rp. 1.000, Rp. 2.000, Rp. 5.000, Rp. 10.000, Rp. 20.000, Rp. 50.000 dan Rp. 100.000.
Dana saldo awal tersebut di input di sistem sebagai kas awal, sehingga di sore hari penutupan kas terlihat jelas pelaporan keluar dan masuk Transaksi, jika terjadi selisih maka akan menunjukkan pelaporan yang berbeda antara yang tertera di sistem dengan besaran saldo fisik.

3. Jabatan Costumer Service

Masih di tahun 2017 saya di perbantukan lagi untuk mengisi jabatan Costumer Service, pada saat itu jabatan Costumer Service belum ada yang isi, saya bergelut sebagai Costumer Service sekitar 2 bulan, tugas Costumer Service adalah melayani nasabah yang hendak membuka rekening, ganti buku rekening rusak, cetak buku rekening, penerbitan kartu ATM, ganti kartu ATM, registrasi - aktivasi Internet  banking dan Mobile Banking.

Cara kerja Costumer Service BRI Syariah di awali dengan mengambil box yang berisi kartu ATM, Buku rekening, Pin ATM materai dan sejumlah uang sebagai kas, kemudian melayani nasabah, setiap buku rekening dan kartu ATM yang keluar di catat, dan di tanda tangani oleh nasabah. Sore harinya merekap semua transaksi yang telah di lakukan dan di tanda tangani oleh Branch Officer Supervisor.

4. Jabatan Account Officer Mikro

Akhir tahun 2017 saya pindah ke Devisi bisnis untuk menempati posisi jabatan sebagai Account Officer Mikro, tugas Account Officer Mikro adalah melakukan pemrakarsa pembiyaan Mikro Faedah 75 iB, Mikro Faedah 200 iB, Kur Mikro Faedah iB dan Mikro Kecil.

Cara kerja Account Officer Mikro di awali dengan meeting pagi untuk membahas rencana kerja harian, melakukan survei awal di lokasi usaha dan objek jaminan calon nasabah, melakukan penagihan untuk Account yang berstatus kolektibilitas 1 dan 2, membuat proposal pembiyaan, melakukan komite pembiayaan dan menyiapkan berkas akad.

5. Jabatan Recovery

Setelah bergelut sebagai Account Officer sekitar 1 tahun lebih, tepatnya di pertengahan tahun 2019 saya dipindahkan ke Devisi Spesialis Aset Managemen untuk menempati posisi Jabatan Recovery. Tugas Recovery adalah melakukan negosiasi penyelesaian terhadap nasabah yang telah berstatus kolektibilitas Macet baik secara Fiat maupun secara Parate. Penyelesaian secara Fiat maupun Parate dilakukan jika tidak dapat di selesaikan secara musyawarah dan mufakat.

Cara kerja Recovery di awali dengan pemetaan Account dari sisi tingkat kesulitan penyelesaiannya, kemudian di tindak lanjuti sesuai dengan pola yang di sepakati, apakah di lakukan Restrukturisasi, Lelang, Gugatan Sederhana, Aamaning, penjualan sukarela atau Account melakukan pelunasan fasilitas secara mandiri.

Itulah pengalaman kerja saya selama bergabung dengan insan BRI Syariah Kantor Cabang Makassar, bekerja dan berdakwah adalah sesuatu yang menjadi pembeda dengan instansi lainnya, kerena dalam keseharian di isi dengan kegiatan berdoa, mengaji, dan shalat berjamaah,  sesuana bekerja yang penuh islami yang membuat semua pegawai BRI Syariah nyaman dalam bekerja.


Iklan Atas Artikel Persegi

Iklan Tengah Artikel 1 Persegi

Iklan Tengah Artikel 2 Persegi

Iklan Bawah Artikel Horizontal