4 Macam Produk Perbankan Syariah Di Indonesia


4 Macam Produk Perbankan Syariah Di Indonesia | Kehadiran Bank Syariah di Indonesia di awali dengan terbentuknya Bank Muamalat pada 1 November 1991, seiring perkembangannya, pemerintah Indonesia telah menegaskan pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 bahwa Perbankan konvensional di perbolehkan untuk membuka Unit Usaha Syariah.

Kini Unit Usaha Syariah telah mampu menjalankan fungsinya sebagai intermediasi keuangan dan bahkan telah memiliki fasilitas produk Financing dan Funding yang setara dengan kwalitas produk yang di miliki oleh perbankan konvensional serta telah di dukung oleh teknologi digital yang memadai, berikut macam - macam produk perbankan syariah,  di antaranya:

1. Produk Tabungan Syariah
Bank Syariah
Produk tabungan syariah merupakan produk yang di miliki oleh setiap Perbankan Syariah di Indonesia sebagai media untuk menghimpun dana pihak ketiga.

Ada beberapa jenis produk tabungan yang di miliki oleh perbankan syariah di Indonesia di antaranya, Produk Tabungan individu (Rekening pribadi), tabungan bisnis individu (Rekening khusus para pengusaha), tabungan bisnis non individu (Rekening masjid, Perusahaan, Komunitas, organisasi paguyuban, yayasan), Deposito dan Giro.

2. Produk Pembiayaan Syariah

Produk Pembiayaan  Syariah merupakan produk dari perbankan syariah yang di salurkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, berikut ulasan tentang beberapa jenis produk pembiyaan perbankan syariah, di antaranya:

Produk Pembiayaan Kepemilikan Rumah

Pembiayaan Kepemilikan Rumah merupakan fasilitas pembiayaan yang dapat di manfaatkan oleh sahabat ilmu untuk memiliki rumah impian, selain tujuan pembelian rumah, fasilitas pembiayaan ini juga dapat digunakan untuk membeli tanah kavling, ruko dan apartemen.

Baca Juga > Syarat Pengajuan KPR Perumahan Subsidi

Produk Pembiayaan Pensiunan

Pembiayaan Pensiunan adalah fasilitas pembiayaan yang di berikan kepada para pensiunan untuk memenuhi berbagai ragam kebutuhan barang dan jasa.

Baca Juga > Cara Mudah Pengajuan Pembiayaan Pensiun Di Bank Syariah Mandiri

Produk Kendaraan Bermotor

Pembiyaan Kendaraan Bermotor merupakan fasilitas yang di peruntukan bagi sahabat ilmu yang ingin memiliki kendaraan roda empat baik  jenis baru maupun bekas.

Baca Juga > Cara Mudah Pengajuan Pembiayaan Mobil Di Bank BRI Syariah

Produk Pembiayaan Modal Kerja

Pembiayaan modal kerja merupakan pembiyaan yang di berikan kepada para pelaku usaha dengan tujuan pembelian barang modal kerja.

Produk Pembiayaan Investasi
Pembiayaan investasi merupakan pembiayaan yang di berikan kepada para pelaku usaha dengan tujuan pembelian peralatan pendukung usaha.

Produk Pembiayaan Mikro

Pembiyaan Mikro adalah fasilitas pembiayaan yang dapat di manfaatkan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah dengan tujuan, Pembelian Barang Modal Kerja, Investasi dan Konsumtif.

Baca Juga > Cara Mengajukan Pembiayaan KUR BRI Syariah

Produk Pembiayaan Umroh

Pembiyaan Umroh merupakan pembiayaan yang dapat digunakan oleh sahabat ilmu yang ingin menunaikan ibadah umroh ke tanah suci.

Baca Juga > Cara Pengajuan Pembiayaan Umroh BRI Syariah

3. Produk Gadai Emas Syariah

Merupakan pembiayaan agunan emas untuk memenuhi keperluan yang mendesak, yang dimana Emas tersebut di simpan dan dipelihara oleh Bank Syariah selama jangka waktu tertentu dengan membayar biaya penyimpanan dan pemeliharaan atas Emas.

4. Produk Jasa Syariah

Merupakan produk yang di miliki oleh perbankan syariah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi perbankan secara real time kapan dan dimana saja.

Internet Banking

Internet banking merupakan fasilitas e channel perbankan syariah berbasis web yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi perbankan secara finansial maupun non finansial secara online.
Mobile Banking

Mobile banking memiliki fungsi yang hampir sama dengan internet banking, namun mobile banking merupakan e channel berbasis mobile yang di desain khusus dengan fitur-fitur user friendly sehingga memudahkan masyarakat Indonesia dalam melakukan transaksi perbankan hanya melalui smartphone.

Baca Juga > Lengkap | Cara Mudah Daftar BRI Mobile Dan BRImo Terbaru

Laku Pandai

Laku pandai merupakan program yang di gagas oleh Otoritas Jasa Keuangan dalam rangka memudahkan masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi perbankan tanpa kantor, laku pandai ini di selenggarakan oleh seluruh Bank di Indonesia yang melibatkan masyarakat sebagai pihak ketiga yang biasa di sebut dengan Agen BRI Link untuk Bank BRI dan Agen BRISsmart untuk Bank BRI Syariah.

Baca Juga > Cara Menjadi Agen Laku Pandai BRI Syariah

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)

QRIS adalah pengembangan dari beberapa QR yang di miliki oleh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran baik Bank maupun non Bank menggunakan barcode, jadi bagi sahabat ilmu yang memiliki usaha di sarankan untuk memiliki QRIS sehingga dapat menerima semua transaksi dari beberapa QR Bank maupun non Bank.

Contoh:

> Qr BRI Syariah dapat melakukan pembayaran di QRIS.
> Qr Bank Mandiri dapat melakukan pembayaran di QRIS
> Qr Bank BCA dapat melakukan pembayaran di QRIS
> Qr Gopay dapat melakukan pembayaran di QRIS
> Qr OVO dapat melakukan pembayaran di QRIS

Baca Juga > Mengenal Produk Bri Syariah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel