Iklan Dibawah Header Navigasi Horizontal

11 Arti Keterangan Di Buku Tabungan BRI Yang Perlu Di Ketahui


11 Arti Keterangan Di Buku Tabungan BRI Yang Perlu Di Ketahui | Setiap nasabah yang telah memiliki rekening tabungan Bank BRI, pasti di berikan Buku Rekening sebagai media untuk mengetahui mutasi debit dan kredit pada rekening tersebut.

Seiring perkembangan teknologi informasi, khusus digital Banking, kini mutasi rekening dapat juga di lihat melaui internet Banking dan Mobile Banking, namun terkadang ada sebagian kode mutasi yang belum di pahami oleh sebagian orang.

Oleh karena itu pada artikel ini akan mengulas tentang sebagian arti keterangan di Buku Rekening Bank BRI yang masih belum terlalu di pahami oleh sebagian orang, apa lagi kode-kode tersebut hanya bersifat ringkasan sehingga sulit di pahami. Berikut ulasannya.

Bank BRI

Arti Keterangan Pada Buku Tabungan BRI

1. Arti Keterangan AFT - Automatic Fund Transfer adalah layanan transfer dana otomatis ke Sesama Rekening Bank BRI, yang dimana jumlah dana tanggal transaksi setiap bulannya di tentukan sendiri oleh pemilik rekening.

2. Arti Keterangan FAS - Fasilitas Account Sweep adalah kebalikan dari  layanan AFT yang dimana merupakan layanan transfer dana otomatis ke rekening Bank lain dengan nominal dan tanggal transaksi yang telah di tetapkan setiap bulan.

3. Arti Keterangan AGF - Auto Grand Found adalah layanan pembayaran otomatis terhadap angsuran pinjaman yang di debit langsung oleh Bank pada Rekening tabungan Nasabah. Biasanya transaksi jenis ini dilakukan pada tanggal yang sama setiap bulannya dengan jangka waktu tertentu.

4. Arti Keterangan  CHG adalah kode untuk potongan biaya administrasi bulanan buku tabungan.

5. Arti Keterangan CWD adalah kode untuk penarikan tunai melalui bank BRI.

6. Arti Keterangan OVB adalah kode untuk transaksi pemindahbukuan baik pemindahbukuan transfer melalui ATM maupun transfer melalui Teller.

7. Arti Keterangan CSD adalah kode ketika sobat ilmu melakukan Setoran Tunai.

8. Arti Keterangan MDB adalah kode pemotongan tabungan otomatis terhadap biaya notifikasi yang di kirim oleh Bank melalui SMS banking.

9. Arti Keterangan LIC adalah kode penarikan sistem untuk Rekening pinjaman.

10. Arti Keterangan CCM adalah kode nominal akumulasi bunga yang di berikan ke nasabah dalam jangka waktu tertentu.

11. Arti Keterangan DCM adalah kode nominal akumulasi akibat tidak melakukan print Buku Rekening dalam jangka waktu tertentu.

Selain arti kode mutasi rekening yang di ulas di atas terdapat juga kode mutasi yang biasa muncul pada print out buku rekening Bank BRI seperti, kode c, kode d, kode CCM dan Kode DCM.

Kode c pada mutasi rekening BRI artinya adalah credit, sedangkan kode d pada mutasi rekening BRI artinya debit, sementara, Kode CCM dan kode DCM biasanya muncul bersamaan di saat di lakukan print Buku Rekening setelah tidak dilakukan print Buku Rekening dalam jangka waktu yang lama, sehingga harusnya informasi Bunga yang diberikan setiap bulannya ter print pada saat bulan yang sama, namun karena buku tidak di print maka tiba-tiba muncul kode CCM sebagai kode akumulasi dari informasi pemberian bunga.

Untuk kode DCM merupakan kode biaya administrasi yang harus di informasikan setiap bulan, kerena Buku tidak di print maka terakumulasi pada saat print Buku dilakukan, sehingga nominal pemotongan terlihat lebih besar, padahal nominal tersebut merupakan akumulasi dari pemotongan biaya setiap bulan.

Biasanya nominal pemberian bunga (CCM) lebih besar dari nominal pemotongan biaya administrasi (DCM), oleh karena itu sebagian orang berpendapat, nabung,! Bukan nya untung malah buntung.

Jika sobat ilmu ingin menikmati fitur tabungan yang tidak berkurang saldo setiap bulannya dan malah di berikan bagi hasil, Sobat ilmu dapat mencoba menabung di Bank BRI Syariah dengan produk tabungan Faedah BRI Syariah iB, nabung saldo tidak berkurang dan malah di berikan bagi hasil.

Untuk memiliki tabungan Faedah BRI Syariah iB dapat di Baca Selengkapnya pada artikel yang berjudul Cara Buka Rekening Online Bri Syariah Dengan Mudah

Setelah sukses melakukan pembukaan rekening Tabungan Faedah BRI Syariah iB, Sobat ilmu dapat melakukan Registrasi - Aktivasi Mobile Banking BRI Syariah (Bris Online) tanpa perlu mengunjungi kantor Bank BRI Syariah, selengkapnya dapat dibaca pada artikel dengan judul Cara Registrasi, Aktifasi Bris Online BRI Syariah

Baca Juga :


Iklan Atas Artikel Persegi

Iklan Tengah Artikel 1 Persegi

Iklan Tengah Artikel 2 Persegi

Iklan Bawah Artikel Horizontal