Jadwal Tukar Uang Baru 2020


Jadwal Tukar Uang Baru 2020 | Momen perayaan hari raya Idul Fitri merupakan momen yang di nanti oleh semua umat Islam, ada banyak hal yang di lakukan pada momen yang berbahagia ini salah satunya adalah bagi-bagi THR dalam bentuk uang ke kerabat dan keluarga terdekat.

Umumnya uang yang di bagi adalah uang baru dalam bentuk pecahan mulai dari seribu, dua ribu, lima ribu, sepuluh ribu, dua puluh ribu, lima puluh ribu bahkan seratus ribu.

Waktu pembagian THR setelah pelaksanaan shalat Idul Fitri, setelah kerabat dan keluarga berkumpul untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. Canda tawa dan perasaan bahagia menghiasi momen ini.
Tukar uang baru
Momen bagi-bagi THR tahun ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, mengingat tahun ini dunia sedang di landa pandemic Covid 19. Sebagai langkah pencegahan virus tersebut pemerintah Indonesia menyarankan untuk tidak mudik.

Tidak mudik bukan berarti kebiasaan bagi-bagi THR hilang, kebiasaan ini tetap terlaksana walaupun tidak semeriah tahun sebelumnya, oleh karena itu Bank Indonesia tetap melayani penukaran uang baru, namun di sesuaikan dengan kondisi saat ini.

Seperti yang telah di lansir oleh Kompas.com dengan artikel yang berjudul 'Perlu Tukar Uang Pecahan Kecil Untuk Lebaran? Datang Kesini Saja'. Pada artikel tersebut menjelaskan Bahwa Bank Indonesia untuk Ramadhan tahun 2020 tidak melayani penukaran uang baru di tempat-tempat umum menggunakan kas keliling.

Namun lokasi penukaran uang baru di alihkan di setiap kantor cabang Bank BUMN dan swasta di seluruh Indonesia.

Jadwal penukaran uang baru telah di lakukan sejak tanggal 29 April hingga 20 Mei 2020. Jadwal ini berlaku di seluruh Indonesia.

Bagi sahabat ilmu yang ingin melakukan penukaran uang baru lebaran tahun 2020, sahabat ilmu dapat menukarnya di kantor unit maupun kantor cabang Bank terdekat di kota anda.

Jadwal Penukaran Uang Baru Jawa Barat

PikiranRakyat.com dalam artikel nya yang berjudul ' Tahun ini, Hanya Bisa Di Lakukan Melaui Outlet Di Perbankan ' Bahwa Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat meniadakan penukaran uang melalui kas keliling, namun sebagai gantinya Bank Indonesia telah bekerja sama dengan perbankan di wilayah Jawa Barat untuk melayani masyarakat yang hendak menukar uang baru yang di mulai tanggal 29 April hingga 20 Mei 2020.

Jadwal Penukaran Uang Baru Jawa Timur

ExpostNews.com pada artikel nya yang berjudul ' Ini Alasan BI Jatim Tak Layani Tukar Uang Tahun 2020' Dalam meminimalisir kerumunan, Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur meniadakan penukaran uang, jika masyarakat Jatim ingin menukar uang, dapat mengunjungi kantor unit atau cabang Bank di wilayah Jatim, jadwal Penukaran Uang baru di mulai tanggal 29 April sampai 20 Mei 2020.

Jadwal Penukaran Uang Baru Jawa Tengah

Jateng.idntimes.com dalam artikel nya berjudul ' Rawan Kerumunan, BI jateng tidak setop layanan penukaran uang lebaran' Bank Indonesia wilayah Jawa tengah tetap melayani masyarakat Jawa tengah yang ingin melakukan  penukaran uang baru, namun tempat penukaran bukan di kantor BI Jawa tengah, tapi di alihkan di semua kantor Bank yang tersebar di seluruh wilayah Jawa tengah. Jadwal penyelenggaraan nya di mulai tanggal 29 April hingga 20 Mei 2020.

Untuk melakukan penukaran uang baru, sahabat ilmu tidak harus memiliki rekening Bank tertentu. Sahabat yang tidak memiliki rekening pun dapat melakukan nya.

Jika sahabat ilmu belum pernah melakukan penukaran uang baru, sahabat ilmu dapat mengikuti cara penukaran uang baru di bawah ini.

✓ Berkunjung lah di salah satu kantor unit atau kantor cabang Bank BUMN maupun swasta yang dapat sahabat ilmu jangkau, sekitar jam 9 pagi hingga jam 2 siang mengingat layanan operasional bank di batasi akibat mewabahnya covid 19.

✓ Pakailah masker, sebelum masuk di kantor Bank dan anda akan di arahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, securty akan melakukan tes suhu tubuh anda.

✓ Bawalah KTP dan sejumlah uang yang ingin sahabat tukar, uang baru yang tersedia di bank dengan pecahan sebagai berikut: Rp. 1.000 seratus lembar, Rp. 2.000 seratus lembar, Rp. 5.000 seratus lembar, Rp. 20.000 seratus lembar dan hanya dapat di tukar setiap pecahan.

✓ Jika sahabat ilmu ingin menukar uang baru pecahan Rp. 1.000 sahabat ilmu harus menyiapkan uang Rp. 100.000.

✓ Jika sahabat ilmu ingin menukar uang baru pecahan Rp.  2.000 sahabat ilmu harus menyiapkan uang Rp. 200.000.

✓ Jika sahabat ilmu ingin menukar uang baru pecahan Rp. 5.000 sahabat ilmu harus menyiapkan uang Rp. 500.000.

✓ Jika sahabat ilmu ingin menukar uang baru pecahan Rp. 20.000 sahabat ilmu harus menyiapkan uang Rp. 2.000.000.

✓ Untuk pecahan Rp 50.000 dan Rp. 100.000 sahabat ilmu dapat menukar sesuainya dengan nominal yang di inginkan, tanpa di batasi dengan jumlah pecahan yang tersedia.

✓ Sampaikan ke securty bank yang di tuju, bahwa anda ingin menukar uang baru dengan pecahan tertentu, jika pecahan uang baru yang anda inginkan masih tersedia, anda akan di arahkan untuk mengambil nomor antrian Teller.

✓ Teller akan memanggil nomor antrian anda, dan serahkan nominal pecahan yang anda inginkan, maka Teller akan menggantinya dengan uang baru.

Kesimpulan:

✓ Selama mewabahnya covid 19, Bank Indonesia tetap melayani penukaran uang baru yang dapat dilakukan di seluruh kantor unit dan kantor cabang Bank BUMN dan swasta di seluruh Indonesia.

✓ Jadwal penukaran uang baru di mulai tanggal 29 April hingga 20 Mei 2020.

✓ Wajib Cuci tangan dan memakai masker jika hendak melakukan penukaran uang  baru di kantor unit maupun kantor cabang Bank.

✓ Membawa KTP dengan sejumlah uang yang ingin di tukar dengan uang baru.

Itulah ulasan mengenai Jadwal Tukar Uang Baru 2020, segeralah tukar uang anda selagi tersedia, Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Cara Buka Rekening Online Bank BJB Dengan Mudah
| Cara Registrasi, Aktivasi BJB Sms dan BJB Digi Dengan Mudah
Cara Registrasi - Aktivasi BJB Net Tanpa Ke Kantor Bank BJB

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel