Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal Penukaran Uang Rusak Di BI Seluruh Indonesia


Jadwal Penukaran Uang Rusak Di BI Seluruh Indonesia | Jangan panik!, Jika Sahabat ilmu memiliki uang rusak, uang lusuh, dan uang  yang di cabut maupun di tarik dari peredaran, Sahabat ilmu dapat menukarnya di Kantor BI setempat atau Kas keliling BI dan bisa juga di tukar pada Bank BUMN dan Bank Swasta yang telah di tunjuk oleh Bank Indonesia.

Uang Lusuh Atau Uang Cacat

Uang lusuh atau uang cacat dapat di tukar di kantor Bank setempat atau Kantor Cabang Bank terdekat dengan besar nominal yang sama sepanjang masih dapat di kenali ke aslianya.

Uang Yang Di Cabut dan Di Tarik Dari Peredaran
Uang rusak
Uang yang di cabut dan di tarik dari peredaran dapat di tukar di kantor Bank Indonesia setempat atau Kantor Cabang Bank terdekat dengan nominal yang sama sepanjang dapat di kenali ke aslianya dan masih dalam jangka waktu 10 tahun sejak tanggal pencabutannya.

Uang rusak

Uang rusak dapat di tukar setelah di setujui oleh Bank Indonesia dan Bank yang di tunjuk oleh BI jika keasliannya masih dapat di kenali, jika tidak, maka penukar wajib mengisi formulir permintaan penelitian uang rusak, hasil penelitian dan besar nominal pergantian akan di beritahu di kemudian hari setelah proses penelitian selesai.

Ciri-ciri Uang Rusak Yang Dapat Di Ganti Sesuai Dengan Nilai Nominal

✓ Fisik uang kertas lebih besar dari dua pertiga (>2/3) ukuran aslinya
✓ Masih dapat di kenali  keasliannya.
✓ Uang kertas masih merupakan satu kesatuan atau tanpa nomor seri yang lengkap.
✓ Uang kertas tidak merupakan satu kesatuan atau tanpa nomor seri yang lengkap tetapi terbagi paling banyak 2 bagian.

Ciri-ciri Uang Rusak Yang Tidak Di Beri Pergantian

✓ Fisik uang kertas kurang dari atau sama dengan dua pertiga ukuran aslinya
✓ Uang rusak tidak merupakan satu kesatuan
✓ Telah terbagi lebih dari 2 bagian
✓ Kedua nomor seri berbeda

Ciri-ciri Uang Tidak Layak Beredar Karena Rusak

✓ Uang kertas tidak layak beredar ketika terdapat coretan, berlubang lebih dari 10 mm2, hilang sebagian lebih dari 50 mm2, sobek lebih dari 8 mm, selotip lebih dari 225 mm dan terbakar sebagian.

Jadwal Dan Tempat Penukaran Uang Rusak

Sahabat ilmu dapat melakukan penukaran uang rusak pada jadwal dan tempat yang telah di tentukan oleh Bank Indonesia, berikut jadwal dan tempatnya:

1. Kantor Pusat Bank Indonesia

Bank Indonesia melayani penukaran uang rusak setiap hari Senin sampai Jumat yang di mulai sejak pukul 09.00 - 11.30 waktu setempat di Lobby Gedung C, Komplek Perkantoran BI, Jalan. M. H Thamrin Nomor 20 Jakarta Pusat 10350 Telepon 2981 8722, 2981 7297 Cq. Departemen Pengelolaan Uang

2. Kas Keliling Bank Indonesia

Untuk mempermudah sahabat ilmu untuk melakukan penukaran uang, Bank Indonesia telah menyediakan Kas keliling pada hari kerja, untuk mengetahui lokasi Kas keliling sahabat ilmu dapat menghubungi Departemen Pengelola Uang di nomor telepon 2981 8722, 2981 7297. atau menghubungi Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia di daerah anda.

3. Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia Dan Bank Setempat

Kota Palembang
Jadwal penukaran uang rusak di BI Palembang dapat dilakukan di kantor Bank Indonesia Jalan Jenderal Sudirman Nomor  510 - Sumatera Selatan pada jam kerja di hari-hari tertentu  mulai pukul 09.00 - 10.30. Sahabat ilmu juga dapat melakukan penukaran uang di Bank BUMN dan swasta sesuai dengan hari kerja dan jam layanan Bank setempat.

Kota Bengkulu
Jadwal penukaran uang rusak di BI Bengkulu, di lakukan di Kantor Bank Indonesia yang beralamat di jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 1, di hari-hari tertentu, mulai pukul 09.00 sampai 11.30, Selain di Bank Indonesia sahabat ilmu juga dapat menukarnya di kantor cabang Bank yang ada di Provinsi Bengkulu.

Kota Lampung
Jadwal penukaran uang rusak di BI Lampung yang beralamat di Jalan Hasanuddin Nomor 38, yang di laksanakan di hari-hari tertentu pada jam kerja, mulai pukul 09.00 - 11.30 waktu setempat, selain di kantor Bank Indonesia, sahabat ilmu dapat menukarnya di kantor Bank yang terdekat.

Kota Padang
Jadwal penukaran uang rusak di BI Padang, mulai pukul 09.00 - 11.30 pada hari kerja tertentu yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman nomor 22. Sahabat ilmu juga dapat menukar uang rusak di kantor Bank yang terdekat di kota anda.

Kota Pekanbaru
Jadwal penukaran uang rusak di BI Pekanbaru, dapat di lakukan di kantor Bank Indonesia dan kantor cabang Bank yang ada di  provinsi Riau, Bank Indonesia Pekanbaru membuka layanan di hari kerja tertentu yang dimulai pukul 09.00 - 10.30. Sedangkan kantor cabang Bank menerima layanan penukaran uang sesuai jam operasional.

Kota Jambi
Jadwal penukaran uang rusak BI Jambi, di mulai pukul 09.00 sampai 10.30 pada hari-hari tertentu, selain di kantor BI Jambi, anda juga dapat menukar uang rusak di kantor Bank yang ada di provinsi Jambi.

Kota Batam
Penukaran uang rusak di BI Batam dapat dilakukan di hari kerja tertentu yang di mulai pukul 09.00 - 10.30, jika alamat anda jauh dengan alamat BI Batam, anda dapat menukar uang rusak pada kantor Bank yang telah di tunjuk oleh BI Batam.

Kota Medan
Bagi sahabat ilmu yang ingin tau jadwal penukaran uang rusak di BI Medan, sahabat ilmu dapat menghubungi bi Medan di nomor telepon 061-4150500 atau datang langsung ke kantor BI di jalan balai kota nomor 4 kota Medan, BI Medan akan melayani penukaran uang rusak pada hari-hari tertentu yang di mulai pukul 09.00 - 11.30, Selain BI, sahabat ilmu dapat menukar uang rusak di kantor Bank yang terdekat.

Kota Surabaya
Jadwal penukaran uang rusak di BI Surabaya di laksanakan pada hari-hari kerja tertentu yang di mulai pukul 09.00 sampai pukul 11.30, sahabat ilmu juga dapat melakukan penukaran uang di kantor Bank sesuai jadwal operasional Bank.

Kota Yogyakarta
Jadwal penukaran uang rusak di BI Yogyakarta di lakukan pada hari-hari tertentu jam kerja BI Jogja yang di mulai jam 09.00 - 10.30, jika kantor BI Jogja sulit di jangkau, sahabat ilmu dapat menukar uang rusak di kantor Bank yang ada di Yogyakarta.

Kota Purwokerto
Sahabat ilmu dapat menukar uang rusak di BI Purwokerto pada pukul 09.00 sampai 10.30 di hari kerja tertentu Bank Indonesia Purwokerto.

Kota Semarang
Jika ingin melakukan penukaran uang rusak di BI Semarang, sahabat ilmu dapat mengunjungi kantor Bank Indonesia Semarang di hari kerja tertentu sekitar pukul 09.00 sampai 11.30.

Kesimpulan:

✓ Sahabat ilmu dapat melakukan penukaran uang rusak di kantor Bank Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia  dan Kas keliling Bank Indonesia pada hari kerja tertentu yang di mulai sejak pukul 09.00 sampai 11.30 waktu setempat.

✓ Selain di tukar di kantor Bank Indonesia, penukaran uang rusak dapat juga di tukar pada kantor bank BUMN dan swasta di seluruh Indonesia sesuai jam layanan kantor cabang Bank setempat.

✓ Uang rusak yang dapat di ganti dengan nominal yang sama adalah uang yang masih di kenali keasliannya.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga Jadwal Tukar Uang Baru 2020