Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Produk Bank Syariah Yang Menggunakan Akad Murabahah


Daftar Produk Bank Syariah Yang Menggunakan Akad Murabahah | Akad murabahah merupakan akad yang umum digunakan oleh Bank Syariah di Indonesia, mekanisme penerapan yang mudah dan simpel menjadi alasan utama perbankan Syariah menggunakan akad ini di berbagai produk pembiayaannya, berikut produk dari beberapa Bank Syariah yang menggunakan Akad Murabahah.

Bank BRI Syariah

1. Pembiyaan KPR Faedah BRI Syariah iB
Bank Syariah
Pembiayaan KPR Faedah BRI Syariah iB merupakan produk pembiayaan untuk mewujudkan mimpi sahabat ilmu untuk memiliki rumah idaman, selain rumah sahabat ilmu dapat memenuhi keperluan lain seperti pembelian apartemen, rumah toko, tanah kavling, pembangunan maupun renovasi.

KPR Faedah BRI Syariah menggunakan akad Murabahah yang dimana Bank menentukan harga beli + keuntungan yang telah di sepakati sejak awal antara Bank dan Nasabah.

Harga beli + keuntungan bank itulah yang menjadi harga jual barang yang di angsur oleh nasabah selama jangka waktu yang telah di tentukan.


2. Oto Faedah BRI Syariah iB

Oto Faedah BRI Syariah iB merupakan fasilitas pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan idaman dengan menggunakan akad Murabahah.


3. Purna Faedah BRI Syariah iB

Purna Faedah BRI Syariah iB merupakan pembiyaan khusus Pensiunan untuk memenuhi kebutuhan barang atau jasa dengan menggunakan akad Murabahah.

4. KUR Faedah BRI Syariah iB

Kur Mikro Faedah BRI Syariah iB merupakan skema pembiayaan yang menggunakan akad Murabahah untuk tujuan pembiayaan modal kerja, investasi dan konsumtif.


Bank Mandiri Syariah

1. Pembiyaan Kepada Pensiunan

Merupakan pembiayaan khusus pensiunan yang pembayaran angsuran di potong langsung dari uang pensiun yang di terima oleh Bank setiap bulannya, pembiyaan ini menggunakan akad murabahah untuk tujuan penggunaan Renovasi Rumah, Pembelian peralatan kebutuhan rumah tangga, pembelian kendaraan bermotor, dan pembelian barang untuk usaha.


2. Pembiyaan Griya

Merupakan pembiayaan untuk pembelian rumah tinggal baru maupun bekas melalui developer dengan jangka waktu pendek, menengah atau panjang menggunakan skema akad murabahah.

3. Pembiayaan Kendaraan Bermotor

Merupakan pembiayaan skema Murabahah dengan tujuan untuk pembelian kendaraan bermotor jenis mobil dengan jangka waktu hingga 5 tahun untuk jenis mobil baru.

5. Pembiayaan Usaha Mikro

Merupakan pembiayaan dengan tujuan investasi dan modal kerja menggunakan akad Murabahah dengan jangka waktu 48 bulan untuk tujuan investasi dan 60 bulan untuk tujuan modal kerja, pembiyaan usaha mikro di khususkan bagi pemohon yang merupakan golongan yang tidak berpenghasilan tetap.

6. Pembiyaan Usaha Mikro Serbaguna

Tujuan, jangka waktu dan akad yang digunakan pembiyaan usaha mikro serbaguna sama dengan pembiayaan usaha mikro, namun untuk pembiyaan usaha mikro serbaguna di peruntukan bagi golongan berpendapatan tetap (pegawai) dan golongan tidak berpendapatan tetap (wiraswasta).

Bank BNI Syariah

1. BNI Griya iB Hasanah

Merupakan pembiayaan di peruntukan bagi sahabat ilmu yang ingin membeli, membangun dan renovasi rumah dan atau bangunan sejenis nya dengan menggunakan akad murabahah yang dimana harga jualnya di angsur selama jangka waktu yang telah di sepakati tanpa ada penambahan dari total harga jual.

2. BNI Oto iB Hasanah

Merupakan pembiayaan menggunakan akad Murabahah dengan tujuan untuk pembelian kendaraan dengan jangka waktu paling lama 5 tahun.

3. Mikro 2 iB Hasanah dan Mikro 3 iB Hasanah

Merupakan pembiayaan dengan tujuan penggunaan untuk pembelian modal kerja usaha, investasi produktif dan pembelian barang konsumtif lainya. Mikro 2 iB Hasanah memiliki plafon mulai 5 juta sampai 50 juta dengan tenor 6 bulan hingga 36 bulan, sedangkan Mikro 3 iB memiliki plafon di atas 50 juta hingga 500 juta dengan tenor 6 bulan hingga 60 bulan, persamaan keduanya sama-sama menggunakan akad Murabahah.

Bank BTN Syariah

1. KPR BTN Platinum iB

Pembiayaan kepemilikan rumah, ruko dan apartemen baik untuk pemohon yang mengajukan pertama kali, kedua bahkan ketiga kalinya untuk mendapatkan rumah idaman dengan akad Murabahah dengan pola angsuran tetap hingga fasilitas pembiayaan jatuh tempo.

2. Pembiyaan Kendaraan Bermotor iB

Pembiayaan untuk pembelian kendaraan roda dua dan roda empat dengan proses cepat, administrasi mudah serta harga jual dan angsuran tetap hingga jatuh tempo pembiyaan.

3. Pembiayaan Multi Manfaat BTN iB

Pembiayaan khusus pegawai dan pensiunan untuk memenuhi kebutuhan pembelian furniture, barang elektronik dan barang keperluan rumah tangga lainnya tanpa uang muka, angsuran tetap sampai selesai pembiyaan menggunakan akad Murabahah.

Ragam produk di atas merupakan produk pembiayaan Bank Syariah yang menggunakan akad Murabahah, keuntungan menggunakan akad murabahah adalah harga jual dan angsuran yang di sepakati tetap hingga jatuh tempo pembiyaan.

Baca Juga > Keunikan Menabung Di Bank Syariah Di Bandingkan Menabung Di Bank Konvensional