Cara Melamar Kerja Di Bank Syariah Mandiri Melaui Rekrutmen Jalur ODP


Cara Melamar Kerja Di Bank Syariah Mandiri Melaui Rekrutmen Jalur ODP | Bank Syariah Mandiri merupakan Bank Syariah yang hadir dengan cita-cita mulia untuk ambil bagian dalam membangun Negeri.

Dalam mencapai cita-cita itu Bank Syariah mandiri membutuhkan sumber daya manusia yang berkarakter syariah, oleh karena itu Bank Syariah Mandiri membuka jalur Rekrutmen dengan model Officer Development Program.

Officer Development Program merupakan model perekrutan yang di selenggarakan oleh Bank Syariah Mandiri dalam rangka pengembangan talenta calon kader pemimpin Bank Syariah Mandiri untuk menempati posisi jabatan strategis.

Syarat Umum Pelamar Officer Development Program-BSM
Bank Syariah
> Pelamar merupakan lulusan S1 atau S2 yang memiliki rumpun ilmu dari berbagai jurusan kecuali jurusan Keguruan, Keperawatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, filsafat, seni, sastra dan budaya.

> Sewaktu kuliah pelamar aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan baik intra maupun ekstra kampus.

> Pelamar memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan.

> Pelamar memiliki IPK minimal 3.01untuk lulusan S1 dan minimal 3.20 untuk lulusan S2.

> Pelamar memiliki usia maksimal 26 tahun pada saat mendaftar, belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti program pendidikan ODP.

> Pelamar mahir mengoperasikan komputer minimal mengoperasikan, Microsoft Word, Exel dan Power Point.

> Pelamar memiliki motivasi yang tinggi, energik, inovatif, percaya diri, pekerja keras dan mampu berkomunikasi dengan baik.

> Pelamar belum pernah mengikuti proses seleksi pegawai BSM di jalur rekrutmen manapun dalam 6 bulan terakhir.

Cara Melamar Officer Development Program- BSM

Apabila sahabat ilmu memenuhi syarat-syarat di atas, tidak ada salahnya sahabat ilmu mencoba melamar pada rekrutmen ODP yang di selenggarakan oleh Bank Syariah mandiri, Berikut cara mendaftarnya:

> Pelamar di sarankan untuk selalu mengecek lowongan kerja Bank Syariah Mandiri baik di media sosial resmi Bank Syariah Mandiri maupun media sosial penyedia informasi lowongan kerja.

> Lengkapi dokumen, seperti KTP, surat melamar kerja, CV, ijazah, transkrip nilai dan sertifikat pendukung lainnya.

> Jika proses pendaftaran melalui online, maka dokumen persyaratan harus di scan terlebih dahulu dalam bentuk file .pdf maupun .jpg, namun apabila proses pendaftaran melalui job fair, maka semua berkas di masukkan dalam amplop coklat. BSM akan melakukan seleksi berkas dan mengirimkan pemberitahuan melalui SMS dan email untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

> Tahapan 1: Tes Mengaji, Pengetahuan Dasar Agama dan Wawancara.

Prosesi tes di mulai dengan pengisian daftar hadir, kemudian pelamar di bagi menjadi beberapa kloter, masing-masing pelamar membaca ayat Al Qur'an secara random, peserta akan di tanya tentang pengetahuan dasar agama, seperti rukun Islam dan rukun iman, terakhir pelamar akan di tanya seputar data diri.

Tahapan ini penguji fokus mencari pelamar yang fasih dalam membaca Al Qur'an dan memiliki pengetahuan dasar agama yang mumpuni.

> Tahapan 2: Psikotes

Untuk mengikuti psikotes pelamar di sarankan untuk menyiapkan alat tulis seperti pensil 2b dan pulpen, soal psikotes seperti menggambar orang, pohon, krappelin, tes kepribadian dan lainnya.

Pada tahap ini BSM mencari pelamar yang memiliki psikis di atas rata-rata, sifat jujur, pekerja keras, mampu bekerja di bawah tekanan baik individu maupun Tim.

> Tahapan 3: Wawancara HRD

Selain wawancara seputar kepribadian, tahapan ini pelamar di bagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan diskusi tentang perbankan, tema diskusipun diberikan secara random.

Karena bersifat diskusi, pada tahap ini pelamar di sarankan untuk mengemukakan pendapat, mendengarkan pendapat, memberikan tanggapan dan menarik kesimpulan yang telah didiskusikan. Sebab pada tahap ini BSM akan mencari pelamar yang memiliki jiwa leadership.

> Tahapan 4: Direktur

Tahapan ini merupakan tahap pembuktian diri, oleh karena itu pelamar di sarankan untuk menunjukkan jiwa leadership, kemampuan berkomunikasi dengan baik, pekerja keras dan buatlah diri anda sebagai sosok pemimpin masa depan yang di harapkan oleh Bank Syariah Mandiri.

> Tahapan 5: Tes Kesehatan

Tes ini bertujuan untuk mengetahui riwayat penyakit yang di derita oleh pelamar, Sebelum mengikuti tes kesehatan, di sarankan untuk perbanyak minum air putih dan tidak begadang, umumnya yang tidak di rekomendasikan dari tes kesehatan adalah pelamar yang memiliki penyakit kronis.

> Tahapan 6: Pendidikan dan Trainee
Setelah berhasil melewati tahapan 1 sampai 5, pelamar akan mengikuti pendidikan, saat prosesi pendidikan pelamar di ajarkan tentang ilmu perbankan syariah dan di bentuk menjadi kader pemimpin Bank Syariah Mandiri yang memiliki karakter Syariah.

Selanjutnya pelamar akan di kirim ke kantor cabang Bank Syariah Mandiri yang tersebar di seluruh Indonesia untuk melakukan trainee. Selama tahap ini pelamar telah menerima gaji dari Bank Syariah Mandiri.

Tahapan 7: Ujian akhir

Tahapan ini merupakan momen yang menegangkan, sebab pelamar akan melakukan presentasi atas ilmu yang telah di peroleh selama mengikuti pendidikan dan trainee di hadapan direktur utama Bank Syariah Mandiri.

Tahapan ini juga merupakan penentu bagi pelamar, apakah pelamar berhasil  bergabung bersama Bank Syariah Mandiri atau tidak.

Itulah cara melamar pekerjaan di bank syariah mandiri melalu model perekrutan Officer Development Program, jika sahabat ilmu berminat silahkan siapkan diri anda dan selalu pantau informasi lowongan kerja dari Bank Syariah mandiri. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga:
5 Alasan Memilih Bekerja Di Bank Syariah
> Cara Melamar Kerja Di Bank BRI Syariah Melaui Program Ikatan Dinas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel