Contoh Surat Permohonan Tambahan Modal Usaha Di Bank


Contoh Surat Permohonan Tambahan Modal Usaha Di Bank | Pagi yang cerah memberikan semangat baru bagi para pencari nafkah, beranjak dari rumah dengan tujuan yang berbeda-beda namun niat yang sama mengawali langkah kaki yaitu Bismillahi Tawakkaltu Ala Allah.

Dengan bertawakal dan mengharapkan ridho Allah, Insa Allah rezeki yang di dapatkan terasa berkah walaupun nilainya tidak sesui yang di harapkan, kata-kata tersebut terucap halus dari mulut seorang lelaki paruh baya yang kegiatan hari-harinya menjajakan sayur mayur dengan menggunakan sepeda motor buntut.

Siapapun  yang mendengar ucapan itu pasti tersentuh dan mulai menundukkan kepala untuk introspeksi diri, seketika perasaan pasrah mulai hilang, rasa bersyukur mulai tumbuh, motivasi diri menghangatkan suasana untuk mencari nafkah yang halal.
Diskusi kami berdua terasa hangat walaupun saya dengan beliau baru pertama kali bertemu, namanya Daeng Sila tukang penjual sayur mayur yang bersahaja, kegiatan menjajakan sayur mayur telah lama beliau jalani, dari hasil menjanjakan sayur mayur tersebut, beliu dapat menyekolahkan anak-anaknya hingga ke tingkat perguruan tinggi.

Perasaan bangga atas keberhasilan menyekolahkan anak-anaknya terlihat jelas di wajahnya, pahit manis mencari nafkah telah beliau lalui dengan ikhlas. Namun terlihat masih ada sepercik keinginan yang belum terpenuhi, ternyata Daeng Sila ingin mengganti sepeda motor buntutnya dengan sepeda motor yang baru agar dalam menjanjakan jualan nya tidak mengalami hambatan, selain itu Daeng Sila ingin ikut serta mengembangkan usaha toko Kelontong milik istrinya.

Namun keinginan nya tidak dapat terpenuhi, sebab untuk membeli sepeda motor secara cash membutuhkan uang belasan juta, begitu juga untuk mengembangkan usaha kelontong milik istrinya di butuhkan tambahan modal yang memadai agar ketersediaan barang yang di butuhkan oleh pelanggan terpenuhi.

Daeng Sila dan istrinya dapat menyisihkan uang sekitar 1 juta - 2 juta setiap bulan dan itu sudah di luar pengeluaran kebutuhan rumah tangga, namun untuk menabung sulit di lakukan mengingat ada saja pengeluaran yang tidak terduga.

Usaha yang di jalankan oleh Daeng Sila dan istrinya masuk kategori jenis usaha mikro kecil dan menengah yang di mana usaha tersebut merupakan salah satu usaha yang cocok untuk menerima produk kredit usaha rakyat atau yang biasa di kenal dengan KUR.

Produk KUR sangat terjangkau untuk kalangan seperti Dg Sila, margin 6 % pertahun dan plafon hingga 50 juta. Umumnya Bank penyalur KUR untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah seperti Daeng Sila adalah Bank BRI dan BRI Syariah.

Tentunya untuk mendapatkan KUR pemohon harus melengkapi dokumen tertentu seperti Foto copy KTP, foto copy kartu keluarga, fotocopy NPWP, foto copy buku nikah, Surat Keterangan Usaha dan surat permohonan tambahan modal usaha yang di tujukan ke bank penyalur KUR.

Semua dokumen yang di persyaratkan mampu di penuhi oleh Daeng Sila, kecuali satu yaitu surat permohonan tambahan modal usaha,  oleh karena itu pada artikel ini akan memberikan contoh surat permohonan tambahan modal, mudah-mudahan dapat jadikan referensi oleh orang yang membutuhkan nya.

SURAT PERMOHONAN
Kepada Yth,
Pimpinan PT. Bank..................,Tbk
Di,-
      Tempat.

Perihal: Permohonan Tambahan Modal Usaha

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Dengan Hormat,-
Dengan ini mengajukan permohonan tambahan modal usaha sebagai upaya untuk pengembangan usaha yang kami jalani saat ini, sebagai pertimbangan kami lampirkan data sebagai berikut:

Identitas diri:
✓ Nama: …....…...................................
✓ No. KTP:...........................................
✓ Tempat/Tanggal Lahir:................
✓ Alamat:.............................................
✓ Nomor Hp:.......................................

Rencana Pembiayaan:
✓ Plafond:............................................
✓ Jangka Waktu:.................................

Informasi Usaha:
✓ Jenis usaha:.....................................
✓ Inventori Usaha perbulan:…......
✓ Omzet Usaha:...................................
✓ Alamat usaha saat ini:...................

Informasi Keuangan:
✓ Pengeluaran rumah tangga: Rp,..
✓ Pengeluaran Usaha:….....................
✓ Kewajiban angsuran di tempat lain: Rp,..
✓ Kemampuan bayar saat ini: Rp,...............

Demikianlah surat permohonan ini di buat, atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

......................,.................... 2020





(........................................)
Pemohon

Surat permohonan tambahan modal di atas dapat di gunakan di berbagai jenis produk pembiayaan selain KUR, dengan membuat surat permohonan dapat memudahkan petugas Bank dalam melakukan penilaian terhadap permohonan sahabat ilmu, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel