Cara Mengajukan Keringanan dan Penundaan Sebagian Cicilan Bank BRI, BNI, BTN, Mandiri


Cara Mengajukan Keringanan dan Penundaan Sebagian Cicilan Bank BRI, BNI, BTN, Mandiri | Himpunan Bank Negara atau yang biasa disebut HIMBARA mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam menanggulangi dampak covid 19, yang berhak menerima kebijakan tersebut adalah debitur UMKM yang terdampak langsung maupun tidak langsung pada sektor ekonomi, pariwisata, perhotelan, pengolahan, pertanian dan pertambangan.

Himbara  menawarkan kepada debitur untuk mengajukan keringanan dan penundaan sebagian angsuran dalam bentuk perpanjangan jangka waktu, pengaturan kembali jadwal angsuran pokok dan atau bunga serta pengurangan suku bunga sesuai dengan kondisi usaha debitur. Berikut cara mengajukan keringanan dan penundaan pembayaran cicilan pada masing-masing Bank yang tergabung dalam Himbara.

#1 Cara Mengajukan Keringanan dan Penundaan Cicilan Bank Mandiri
Bank BRI, BNI, BTN, Mandiri
Bank Mandiri akan memberikan keringanan kepada debitur yang terdampak covid 19 dalam bentuk penundaan cicilan, bentuk restrukturisasi atau keringanan dapat di sesuaikan dengan kondisi atau jenis usaha debitur.

Apabila debitur mengalami perlambatan usaha silahkan mengajukan keringanan atau penundaan cicilan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
✓ Hubungi pihak mandiri yang biasa melayani Bapak/Ibu selama ini atau hubungi Coll center Bank Mandiri ke 1400.
✓ Tanyakan format Permohonan Restrukturisasi.
✓ Isi dan tandatangani formulir Permohonan Restrukturisasi sesuai arahan dari pihak Bank mandiri.
✓ Pihak Bank Mandiri akan melakukan penilaian sesuai kondisi yang di alami oleh debitur selanjutnya pihak Bank mandiri akan menentukan bentuk Restrukturisasi sesuai kemampuan debitur.
✓ Apabila permohonan di setujui Pihak Bank Mandiri akan menghubungi Bapak/Ibu untuk melakukan tandatangan addendum pembiyaan, proses tandatangan akan berlangsung jika kedua belah pihak telah ada kesepakatan.

#2 Cara Mengajukan Keringanan dan Penundaan Cicilan Bank BRI

Bank BRI menawarkan keringanan atau Restrukturisasi dalam penundaan pembayaran cicilan, bentuk Restrukturisasi yang di maksud akan di sediakan beberapa bentuk yang di sesuaikan dengan kondisi dan jenis usaha debitur, berikut langkah-langkah mengajukan Restrukturisasi pada Bank BRI:
✓ Terlebih dahulu Bapak/Ibu menghubungi Mantri, Kepala Unit dan Account Officer yang biasa Bapak/Ibu hubungi selama ini untuk menginformasikan bahwa Bapak/Ibu ingin Mengajukan Restrukturisasi.
✓ Tanyakan format permohonan pengajuan Restrukturisasi yang sesuai dengan format dari Bank BRI.
✓ Isi dan tandatangani formulir permohonan Restrukturisasi lalu kirim ke Mantri, Kepala Unit dan Account Officer dengan media yang biasa digunakan.
✓ Mantri, Kepala Unit dan Account Officer atau yang mewakili bank BRI akan melakukan penilaian terhadap kondisi dan jenis usaha, agar mudah menentukan jenis restruk yang sesuai dengan kemampuan Bapak/Ibu.
✓ Mantri, Kepala Unit dan Account Officer akan menghubungi Bapak/Ibu untuk melakukan tandatangan adendum pembiayaan, Penandatanganan berlangsung jika kedua pihak telah ada kesepakatan.

#3 Cara Mengajukan Keringanan dan Penundaan Cicilan Bank BNI

Dengan menindak lanjuti kebijakan pemerintah,  Bank BNI telah menyiapkan kebijakan relaksasi dalam bentuk Restrukturisasi sesuai dengan kondisi kemampuan debitur yang terdampak virus Corona. Untuk mendapatkan Restrukturisasi Bank BNI Bapak/Ibu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
✓ Terlebih dahulu Bapak/Ibu menghubungi pengelola kredit yang biasa Bapak/Ibu hubungi selama ini atau menghubungi kantor cabang atau sentral kredit BNI kredit untuk menginformasikan bahwa usaha yang di jalankan oleh Bapak/Ibu mengalami penurunan omzet akibat mewabahnya virus Corona.
✓ Mintalah format permohonan pengajuan Restrukturisasi yang sesuai dengan kebijakan BNI.
✓ Isi dan tandatangi permohonan Restrukturisasi tersebut, lalu di scan atau di foto, kemudian di kirim melalui media yang telah di tentukan oleh pengelola kredit Bank BNI.
✓ Pengelola kredit Bank BNI akan melakukan penilaian terhadap jenis usaha dan kondisi usaha Bapak/Ibu untuk menentukan jenis Restrukturisasi yang cocok dengan kemampuan bayar Bapak/Ibu.
✓ Informasi persetujuan Restrukturisasi akan di informasikan oleh pengelola kredit melalui media komunikasi yang telah di tetapkan.
✓ Bapak/Ibu akan melakukan penandatanganan addendum, penandatanganan berlangsung jika kedua belah pihak telah sepakat.

#4 Cara Mengajukan Keringanan dan Penundaan Cicilan Bank BTN

Di akses dari web rumahmurahbtn.co.id bahwa Bank BTN menawarkan Restrukturisasi online khusus debitur segmen konsumer, untuk tata cara dan syarat pengajuan dapat di akses di link https://rumahmurahbtn.co.id/berita/detail/10/restrukturisasi-online-kredit-konsumer-bank-btn .

Itulah Cara Mengajukan Keringanan dan Penundaan Sebagian Cicilan Bank BRI, BNI, BTN, Mandiri, Informasi ini sebagai gambaran awal untuk Bapak/Ibu yang mengalami perlambatan usaha akibat mewabahnya virus Corona.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel