Iklan Dibawah Header Navigasi Horizontal

2 Bentuk Transaksi Internet Banking Yang Perlu Di Ketahui


2 Bentuk Transaksi Internet Banking Yang Perlu Di Ketahui | Kini semua sektor telah memanfaatkan internet sebagai penunjang kegiatan operasional nya, sebab dengan memanfaatkan internet semuanya serba cepat dan praktis, hal ini seiring dengan gaya hidup generasi millenial  yang serba instan.

Awal kemunculannya internet hanya di gunakan oleh beberapa sektor saja dan kini semua sektor telah bergantung pada internet bahkan telah merubah kebiasaan konvensional menjadi serba digital.

Dari sisi lain internet telah meruntuhkan para pelaku usaha konvensional yang tidak mampu beradaptasi dengan pemanfaatan internet, coba perhatikan para pedagang kolonial yang jaya pada masa nya kini mengalami penurunan omzet bahkan usahanya telah tutup. Sebab mereka tidak bisa bersaing dengan pedagang millenial yang memanfaatkan internet sebagai sarana penjualan online.
Bentuk Transaksi Internet Banking
Di sektor pendidikan, awal kehadiran internet  hanya di manfaatkan untuk mencari referensi tugas yang diberikan oleh dosen lalu mengirimnya melalui email. Seiring berjalannya waktu internet di manfaatkan untuk kuliah online.

Sedangkan di sektor perbankan internet hanya di gunakan untuk transfer uang melalui mesin ATM yang biasa di kenal dengan jaringan bersama dan jaringan prima. Kini perbankan memanfaatkan internet secara langsung untuk memudahkan nasabah nya dalam melakukan transaksi ke uangan. Salah satunya adalah internet banking.

Internet banking adalah fasilitas E-chanel yang di persembahkan oleh perbankan ke pada nasabah nya untuk melakukan transaksi secara online selama 24 jam yang dapat di akses melalui, laptop, notebook, personal computer dan smartphone yang terkoneksi dengan internet, untuk memanfaatkan internet banking nasabah harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Terdapat 2 Bentuk Transaksi Internet Banking Yang Perlu Di Ketahui di antaranya Transaksi Non Finansial dan Transaksi Finansial.

Transaksi non finansial adalah transaksi yang kejadiannya tidak berkaitan dengan  perubahan saldo pada internet banking, seperti pengecekan informasi saldo tabungan, giro, deposito, ganti password, melihat rincian pembiayaan, ganti email, daftar rekening transfer, melihat mutasi rekening dan managemen pengaturan pengguna. Sedangkan,-

Transaksi finansial adalah transaksi yang kejadiannya berkaitan dengan perubahan saldo pada internet banking, seperti transfer (sesama bank, transfer antar bank), pembayaran tagihan  (tagihan listrik, tagihan telepon Telkom, tagihan telepon seluler), pembayaran TV berbayar (Big TV, indovision, Transvision), pembayaran zakat dan donasi lainnya.

Transaksi non finansial dapat dilakukan oleh pemilik user id internet banking pada tahap registrasi akun, untuk dapat melakukan transaksi finansial pemilik user id harus melakukan aktivasi, tahap registrasi akun biasanya dapat di lakukan secara online namun tahap aktivasi harus dilakukan di kantor cabang bank terkait. Kebijakan tersebut di ambil oleh perbankan demi keamanan transaksi keuangan pemilik user id internet banking.

Transaksi keuangan melalui internet banking sangatlah aman digunakan sebab rata-rata sistem pengamanan perbankan terdiri dari tiga lapis untuk melindungi transaksi finansial, di antaranya:

✓ Sistem Secure Socket Layer atau di singkat dengan SSL, sistem SSL berfungsi untuk mengacak jalur koneksi internet antar perangkat sehingga tidak mudah di baca oleh pihak lain.

✓ User Id dan password adalah akun yang di miliki oleh setiap orang yang telah mendaftarkan diri nya pada internet banking Bank tertentu. Demi keamanan pemilik User Id di sarankan untuk menjaga kerahasian password yang di miliki nya bahkan petugas bank sekalipun tidak di sarankan untuk di beritahu.

✓ MToken berfungsi untuk menghasilkan Password yang berbeda setiap kali di gunakan.
Demi keamanan transaksi melalui internet banking di sarankan Password internet banking harus di ganti secara berkala serta Password internet banking di buat berbeda dengan password untuk mengakses situs lain.

Itulah bentuk transaksi pada internet banking, yang perlu di ketahui, semoga dengan ulasan dalam artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya.


Iklan Atas Artikel Persegi

Iklan Tengah Artikel 1 Persegi

Iklan Tengah Artikel 2 Persegi

Iklan Bawah Artikel Horizontal