Iklan Dibawah Header Navigasi Horizontal

Apakah ATM termasuk dalam lembaga keuangan?


Portalilmu.com - Sebagian orang menganggap bahwa ATM termasuk dalam lembaga keuangan, padahal ATM hanyalah sebuah mesin yang terkomputerisasi berfungsi untuk mempermudah nasabah Bank dalam melakukan transaksi baik di jam operasional Bank maupun di luar jam operasional Bank. Namun tujuan utama di hadirkanya mesin ATM adalah untuk memudahkan nasabah bank dalam bertransaksi di luar jam operasional Bank.

Terkadang sebagaian orang masih menyamaratakan istilah ATM dalam penyebutan sehari-hari, padahal ATM dalam penggunaannya di makanai sebagai Kartu dan di maknai sebagai mesin.

Sebagai contoh pertanyaan yang di ucapkan oleh seseorang ketika menanyakan lokasi ATM, Dimanakah ATM terdekat bank BRI Syariah? Pertanyaan ini mempertanyakan tentang keberadaan mesin ATM bukan menanyakan kartu ATM, seandainya pertanyaan yang diucapkan seseorang tersebut berbunyi seperti, apakah anda memiliki ATM BRI Syariah? Berarti pernyataan nya mengarah ke pertanyaan tentang Kartu ATM.

ATM

Nah, sekarang mari kita sama-sama mengulas uraian tentang kartu ATM maupun mesin ATM.

Kartu ATM
Kartu ATM berfungsi sebagai alat pembayaran yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan seperti, tarik tunai, Transfer sesama bank, Transfer antar bank, pembelian dan pembayaran tagihan.

Kehadiran kartu ATM sangat memudahkan bagi nasabah bank dalam melakukan transaksi perbankan, namun di balik kemudahan ada saja resiko yang bisa terjadi, misalnya PIN kartu ATM di ketahui oleh orang lain serta terjadi pembobolan PIN kartu ATM oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, istilah tersebut biasa dikenal dengan Skimming.

Skimming adalah proses penduplikatan data yang terdapat di ATM, sehingga seseorang dapat membuat ATM baru untuk melakukan penarikan tunai atau transaksi lainnya tanpa sepengetahuan oleh pemilik sah kartu ATM tersebut.

Kasus seperti ini aneh tapi nyata, saldo tiba-tiba kosong dengan sendirinya, alhasil pemilik sah rekening melapor ke pihak bank terkait untuk mencari tahu kebenaran hilangnya saldo rekening menjadi nol. Ketika di cek mutasi rekening, di temukan adanya penarikan tunai di lokasi ATM yang berada di provinsi lain. Kalau hal ini terjadi berarati anda telah menjadi korban Skimming.

Agar tidak menjadi korban Skimming, anda di sarankan untuk tidak melakukan transaksi di mesin ATM yang lokasi penempatan nya sepi, karena para pelaku skimmers dapat leluasa melancarkan aksinya untuk melakukan scanner data yang ada di dalam kartu ATM anda, lakukan lah Transaksi pada mesin ATM yang di tempatkan pada lokasi keramaian, seperti swalayan, mall dan ATM yang ada securty-nya.

Mesin ATM
Mesin ATM merupakan mesin yang terkomputerisasi berfungsi untuk melayani nasabah bank dalam melakukan transaksi perbankan seperti, tarik tunai, setor tunai, cek saldo, transfer, pembelian dan bayar tagihan. Mesin ATM hadir sebagai pengganti Teller, dengan mesin ATM Bank dapat melayani nasabah nya hingga 24 jam.

Untuk memudahkan akses oleh nasabah Bank, maka mesin ATM di tempatkan di lokasi yang strategis, seperti di kampus, pusat perbelanjaan, pasar, perkantoran dan tempat umum lainnya.

Mesin ATM terdiri dari dua jenis perangkat yaitu perangkat keras dan perangkat lunak, berikut uraian dari kedua perangkat tersebut.
Perangkat Keras Mesin ATM
Monitor berfungsi menampilkan berbagai macam tampilan transaksi.
Tombol fungsi berada tepatnya di samping monitor yang gunakan untuk memilih  berbagai macam pilihan transaksi. Sebagian. Mesin ATM telah menggunakan layar sentuh sebagai pengganti tombol fungsi.
Central Proses Unit adalah sebagai piranti antaramuka antara pengguna dengan mesin ATM.
Pembaca magnetik adalah alat yang berfungsi sebagai pembaca PIN maupun data diri Nasabah bank sebagai pemilik sah kartu ATM.
Mesin pencetak adalah alat pencetak struktur, sebagai tanda bukti bahwa nasabah telah melakukan transaksi perbankan.
Papan Tombol adalah tombol eksekusi yang digunakan untuk menginput PIN, menginput nominal, mengeksekusi perintah dan membatalkan perintah serta perintah lainnya.

Perangkat Lunak Mesin ATM
Kebanyakan mesin ATM menggunakan sistem operasi Windows sebagai penghubung antara perangkat keras dengan penggunaan (Nasabah Bank).

Semoga pembaca dapat memahami uraian di atas dan dapat membedakan penyebutan kartu ATM dan mesin ATM, sebagai kesimpulan bahwa mesin ATM dan kartu ATM bukanlah bagian dari lembaga keuangan melainkan fasilitas yang di miliki oleh lembaga keuangan.

Sahabat Portal Ilmu agar kiranya dapat memahami istilah ATM bersama maupun ATM prima, keduanya bukan lah bagian dari mesin ATM serta kartunya, melainkan jaringan yang digunakan oleh mesin ATM dalam meneruskan informasi dari mesin ATM yang satu ke mesin ATM lainnya, tanpa jaringan ATM bersama maupun ATM prima semua proses transaksi tidak dapat dapat dilakukan.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel Persegi

Iklan Tengah Artikel 1 Persegi

Iklan Tengah Artikel 2 Persegi

Iklan Bawah Artikel Horizontal