Iklan Dibawah Header Navigasi Horizontal

Cara Mengetahui Apakah Sudah Pernah Ambil KPR Subsidi Atau Belum?


Portalilmu.com - KPR subsidi adalah singkatan dari Kredit Kepemilikan Rumah dengan dukungan bantuan dana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan yang di peruntukan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah dalam rangka kepemilikan rumah sejahtera yang di beli dari pengembang atau developer.

Namun tidak semua masyarakat dapat menerima KPR subsidi, ada syarat- syarat tertentu yang telah di tetapkan oleh pemerintah, seperti masyarakat yang telah memiliki rumah komersial maupun Subsidi tidak di perkenankan lagi untuk menerima perumahan subsidi.

Selain itu KPR subsidi hanya dapat di berikan kepada masyarakat yang memiliki pendapatan maksimal 4 juta setiap bulannya baik pendapatan yang jenisnya fix income maupun non fix income.

KPR subsidi

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa sahabat portal ilmu telah memiliki rumah komersial atau belum?, Berikut uraiannya.

Pertama: Untuk memastikan bahwa calon penerima telah memiliki rumah subsidi atau belum, maka di lakukan pengecekan ke kantor kelurahan calon penerima, tentu pihak kelurahan akan menginformasikan sesuai keadaan yang sebenarnya.

Kedua: Cara pertama adalah cara manual, terkadang cara tersebut masih di ragukan kebenaran informasi nya, oleh karena itu pihak Otoritas Jasa Keuangan atau OJK telah menyediakan layanan khusus bagi sahabat portal ilmu yang ingin mengetahui semua riwayat keuangan nya, baik di perbankan maupun pembiyaan lainnya. Layanan yang di maksud di kenal dengan Sistem Layanan Informasi Keuangan atau di singkat dengan SLIK.

Ketiga: Masukkan berkas permohonan pembiayaan di Bank maupun pembiyaan yang memiliki user Sistem Layanan Informasi Keuangan, biasanya setelah menerima berkas permohonan dari anda, petugas bank akan melakukan pengecekan informasi debitur di Sistem Layanan Informasi Keuangan untuk mengetahui informasi keuangan anda, salah satunya adalah bahwa anda telah memiliki KPR subsidi atau belum.

Keempat: Untuk cara ke empat , sahabat portal ilmu dapat mengeceknya dengan memanfaatkan aplikasi Sistem Informasi KPR Sejahtera FLPP atau SIKASEP, aplikasi SIKASEP adalah aplikasi yang di luncurkan oleh Pusat Pengelola Dana Pembiayaan Perumahan yang bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dengan memanfaatkan aplikasi SIKASEP sahabat portal ilmu dapat mengetahui statusnya, apakah telah memperoleh KPR subsidi atau belum, karena aplikasi SIKASEP telah di lengkapi dengan Subsidi Checking, apabila sahabat portal ilmu telah menerima KPR subsidi secara otomatis SIKASEP menampilkan status bahwa sahabat portal ilmu telah menerima KPR subsidi, oleh karena itu di aplikasi SIKASEP sahabat portal ilmu di nyatakan tidak lolos Subsidi Checking.

Dari ke empat cara di atas penulis menyarankan untuk menggunakan cara ke empat, karena penggunaannya cukup mudah, sahabat portal ilmu tinggal mengunduh aplikasi SIKASEP secara gratis di play store maupun Apple Store.

Setelah selesai mengunduh aplikasi SIKASEP, sahabat portal ilmu wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum mengaksesnya, setelah itu sahabat portal ilmu mengisi data diri seperti, mengisi Nama Lengkap Sesuai KTP, Kata Sandi, Nomor KTP, Nomor NPWP, penghasilan perbulan dan Nomor HP. Selanjutnya sahabat portal ilmu pilih Lanjut.

Data diri yang telah di input secara otomatis di rekam oleh Pusat Pengelola Dana Pembiayaan Perumahan atau PPDPP, selanjutnya melakukan foto Selfi dengan memperlihatkan KTP serta melakukan pengambilan foto KTP, klik Ok apabila telah sesuai.

Langkah selanjutnya adalah memilih lokasi perumahan subsidi yang di inginkan, misalnya sahabat portal ilmu memilih lokasi di provinsi NTB, Kabupaten Bima Kecamatan Monta, maka akan di tampilkan daftar perumahan dan klik lihat untuk informasi detail perumahan yang telah di pilih.

Setelah memilih lokasi perumahan dan memilih Bank pelaksana penyalur rumah KPR subsidi, selanjutnya adalah proses Subsidi Checking, pada proses inilah sahabat portal ilmu dapat mengetahui statusnya, apakah Anda telah memperoleh perumahan KPR subsidi atau belum. Apabila sahabat portal ilmu belum pernah memperoleh KPR subsidi maka anda dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel Persegi

Iklan Tengah Artikel 1 Persegi

Iklan Tengah Artikel 2 Persegi

Iklan Bawah Artikel Horizontal