Cara Mudah Beli Token Dan Bayar Tagihan Listrik Menggunakan Mobile Banking BRI Syariah


Portalilmu.com - PLN mengeluarkan 2 jenis meteran yaitu meteran analog dan meteran digital, meteran analog menerapkan model pembayaran dengan cara pasca bayar, sedangkan meteran digital menerapkan model pembayaran nya dengan cara prabayar.

Pasca bayar artinya pakai dulu baru bayar sedangkan pra bayar isi dulu token nya baru bisa di pakai, jadi apabila sahabat Portalilmu menggunakan meteran listrik analog, sahabat Portalilmu berhak menggunakan dulu listriknya dan pembayaran tagihan nya akan di lakukan pada akhirnya bulan, sedangkan apabila sahabat Portalilmu ilmu menggunakan meteran listrik digital, sahabat Portalilmu harus isi dulu pulsa listrik nya.

Kini masyarakat Indonesia di bebaskan untuk memilih meteran analog maupun digital namun  akhir-akhir ini tersiar kabar bahwa pihak PLN tidak mengeluarkan lagi meteran digital bahkan meteran digital akan di tarik kembali.

Mobile Banking BRI Syariah
Foto: IG BRI Syariah
Oleh karena itu sahabat Portalilmu harus tau perbedaan maupun kelebihan serta kekurangan dari meteran analog maupun meteran digital, berikut kekurangan dan kelebihan dari meteran analog maupun digital.

Kelebihan dan Kerugian Meteran Listrik Analog

Keuntungan:
Sahabat Portalilmu berhak memakai listrik tanpa putus, selama tagihannya terbayarkan. Meteran analog sangat cocok digunakan untuk rumah tinggal pribadi.

Kerugian:
Biasanya kerugian yang timbul ketika sahabat Portalilmu menggunakan meteran analog adalah rentannya terjadi penipuan yang mengatasnamakan pihak PLN, di kenakannya denda apabila telat bayar tagihan, hal ini biasanya terjadi ketika rumah sahabat Portalilmu di kontrakan, pengontrak tiba-tiba pindah tanpa kabar dan akhirnya pemilik kontrakan yang membayar semua tagihan plus denda tagihan yang di kenakan oleh PLN. Apabila tagihan Plus denda tidak segera terbayarkan maka pihak PLN berhak melakukan pencabutan listrik.

Kelebihan dan Kerugian Meteran Listrik Digital

Keuntungan:
Dengan menggunakan meteran digital sahabat Portalilmu dapat mengatur penggunaan listrik setiap bulannya, sahabat Portalilmu tidak perlu mengkhawatirkan lagi adanya pembengkakan pemakaian listrik akibat penggunaan listrik yang berlebihan, meteran digital sangat cocok digunakan pada rumah kontrakan atau kos-kosan, sehingga pemilik kontrakan tidak kwartir lagi dengan ada nya denda keterlambatan karena meteran digital menggunakan metode pengisian pulsa.

Kerugian: 
Meteran digital sensitiv dan mudah rusak, apa bila pulsa listrik mulai habis, alarm meteran digital akan berbunyi, bunyi alarm ini yang terkadang membuat tidak nyaman, apa lagi bunyinya pas tengah malam, tidur nyenyakpun pasti terganggu, selain mengganggu kenyamanan tidur, bunyi alarm juga membuat sahabat Portalilmu malu sama tetangga, karena tetangga tau bahwa pulsa listrik anda mulai habis.

Namun semua masalah itu bisa di atasi dengan ketekunan anda dalam mengontrol pemakaian listrik, anda bisa mengecek secara berkala pulsa listrik anda sebelum alarmnya berbunyi.

Terkadang hal itu bisa saja terjadi karena anda terlalu sibuk dengan pekerjaan anda yang mengakibatkan pulsa listrik tidak terkontrol dan alarmnya berbunyi pas tengah malam.

Apabila hal itu terjadi solusi nya adalah sahabat Portalilmu harus memiliki tabungan Rekening faedah iB dari BRI Syariah dan anda telah memiliki Bris Online yang siap digunakan untuk melakukan transaksi pembelian pulsa listrik.

Pada Bris Online anda bisa membeli pulsa listrik dan membayar tagihan listrik kapan saja dan dimana saja anda berada, berikut Cara Mudah Beli Token Dan Bayar Tagihan Listrik Menggunakan Mobile Banking BRI Syariah:
  • Buka aplikasi Bris Online
  • Masukkan PIN
  • Pilih fitur bayar atau beli
  • Pilih Token listrik
  • Pilih nominal token listrik yang ingin anda beli, nominal token mulai 20.000 sampai dengan 10.000.000
  • Masukkan nomor ID pelanggan atau nomor meteran anda
  • Pilih kirim
  • Kode token secara otomatis akan masuk ke fitur inbox Bris Online anda.
  • Kode tersebut silahkan anda input di meteran digital anda
  • Alarm meteran listrik digital anda tidak berbunyi lagi dan anda bisa tertidur nyenyak kembali
Untuk cara bayar tagihan listrik langkah-langkah nya hampir sama dengan cara  pembelian token listrik, cukup mudah kan beli token listrik dan bayar tagihan listrik menggunakan Bris Online.
Apabila sahabat Portalilmu belum memiliki rekening tabungan Faedah BRI Syariah iB dan mobile banking BRI Syariah anda bisa baca artikel di bawa ini.
Baca Juga:
Tabungan BRI Syariah Gratis Admin Bulanan
Cara Registrasi dan Aktifasi Mobile Banking BRI Syariah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel