Cara Mudah Pengajuan KPR Rumah Subsidi


Artikel kali ini membahas tentang cara mudah pengajuan KPR rumah subsidi, informasi ini sebagai gambaran awal bagi sahabat Portalilmu yang berminat memiliki rumah murah.

Menurut pengamatan penulis, rata-rata yang mengajukan KPR subsidi adalah sahabat Portalilmu yang masih baru berhubungan dengan bank.

Oleh sebab itu artikel ini bisa membantu sahabat Portalilmu yang ingin atau sedang mengajukan KPR subsidi.

KPR Rumah Subsidi

Namun sebelum memutuskan untuk mengajukan KPR subsidi, alangkah lebih baiknya sahabat Portalilmu mengetahui fitur dari KPR subsidi.

Melalui Pusat Pengelola Dana Pembiayaan Perumahan,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, merancang khusus produk KPR Subsidi dengan fitur sebagai berikut:

Uang Muka Ringan
Uang muka merupakan kendala utama bagi sahabat Portalilmu yang memiliki pendapatan pokok di bawah 4 juta, oleh karena itu dengan adanya program rumah subsidi ini, sahabat Portalilmu bisa mendapatkan rumah dengan uang muka antara 1 sampai 10 persen.

Jangka waktu bisa sampai 20 tahun
Semakin panjang jangka waktu yang di ambil, maka semakin ringan angsuran setiap bulannya, misalnya sahabat Portalilmu mengambil jangka waktu 10 tahun angsuran setiap bulannya sekitar  Rp. 1.300.000, jangka waktu 15 tahun angsurannya sekitar Rp. 1.000.000 dan jangka waktu 20 tahun angsuran setiap bulannya sekitar Rp. 800.000.

Angsuran ringan dan tetap sampai jatuh tempo pembiayaan
Angsuran KPR subsidi ringan dan tetap sampai jatuh tempo, jadi sahabat Portalilmu tidak perlu khawatir lagi tentang perubahan sukuk bunga yang menyebabkan perubahan angsuran.

Setelah sahabat Portalilmu memperhatikan fitur dari KPR subsidi, selanjutnya sahabat Portalilmu dapat melihat kondisi fisik bangunan, lingkungan dan lokasi perumahan subsidi yang sahabat Portalilmu pilih nantinya.

Berikut cara menentukan pilihan rumah subsidi idaman sahabat Portalilmu:

Lokasi strategis
Pilihlah lokasi perumahan yang di anggap strategis, misalnya akses jalan dari rumah menuju tempat kerja bukan jalur macet, dekat dengan fasilitas umum seperti, sekolah, masjid, fasilitas kesehatan dan pasar serta akses jalan angkutan umum.

Lingkungan Sekitar
Kondisi di sekitar lingkungan perumahan yang akan di pilih juga harus diperhatikan misalnya, kepadatan penduduk, keamanan  lingkungan dan   banjir yang akan mungkin terjadi.

Fasilitas Perumahan
Sebelum menentukan rumah yang akan di ambil, pastikan dulu ketersediaan fasilitas seperti, air, listrik, lebar jalan perumahan dan mushollah di dalam perumahan.

Apabila sahabat Portalilmu telah yakin dengan fitur dan fasilitas yang di tawarkan oleh pengembang perumahan, maka selanjutnya sahabat Portalilmu harus memperhatikan Cara Mudah Pengajuan KPR Rumah Subsidi sebagai berikut:

  • Siapkan uang muka yang telah di tentukan.
  • Perhatikan anda telah melengkapi dan memenuhi Syarat Pengajuan KPR Perumahan Subsidi.
  • Pilihlah bank yang terdekat, berikut Daftar Bank Penyalur KPR Subsidi.
  • Tentukan lokasi rumah yang dibeli atau datang langsung ke pengembang perumahan agar sahabat Portalilmu mengetahui secara jelas kondisi lingkungan sekitar perumahan.
  • Apabila permohonan anda telah di setujui oleh bank penyalur, lakukanlah akad sesuai dengan ketentuan, perhatikan setiap berkas yang di tandatangani.
  • Rumah idaman sahabat Portalilmu siap di huni, bayarlah angsuran sebelum jatuh tempo.
  • Selain kewajiban membayar angsuran setiap bulannya, sahabat Portalilmu harus mematuhi larangan dan sanksi yang telah  ditentukan oleh Pusat Pengelola Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Larangan dan Sanksi Penerima KPR subsidi
  • Penerima KPR subsidi dilarang berpenghasilan di atas 4 juta.
  • Penerima tidak diperbolehkan membeli rumah subsidi melebihi ketentuan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
  • Penerima di larang untuk tidak menempati rumah minimal 1 tahun setelah serah terima.
  • Penerima di larang untuk menyewakan atau mengalihkan hak ke orang lain sebelum cicilan telah berjalan 5 tahun.
  • Penerima di larang untuk merenovasi total bangunan sebelum cicilan telah berjalan 5 tahun.

Sanksi
Apabila penerima melanggar satu di antara arangan tersebut, maka penerima bersedia untuk di cabut segala kemudahan dan bantuan pembiayaan perumahan yang telah di peroleh.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel